5 Wisata Alam di Riau yang Epik Banget, Tag Partner Trip Kamu!

0
6

Pigijo.com – Riau merupakan satu dari sekian provinsi yang ada di Indonesia, tepatnya di bagian tengah Pulau Sumatera. Nah, Riau ini ternyata memiliki banyak sekali surga wisata yang sayang banget kalau dilewatkan begitu saja, kawanJo. Beberapa jenis wisata di Riau yang bisa kamu jadikan referensi destinasi liburan kamu seperti, wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, dan lain sebagainya.

Nah, buat kamu yang suka dengan alam, Riau adalah pilihan destinasi wisata yang tepat. Sebab, selain wisata budaya, Riau juga didominasi oleh wisata alamnya yang sungguh memanjakan mata. Yup, pemandangan alam yang begitu eksotis yang pastinya akan membuat jenuh dan stressmu memudar. Berlibur dan menikmati keindahan wisata alam di Riau bisa memberikan pengalaman yang seru dan terlupakan.

So, berikut ini Pigijo kasih rekomendasi 5 objek wisata alam di Riau yang epik banget yang akan membuat moment liburan kamu makin seru dan berkesan. Simak ulasannya baik-baik ya, kawanJo!

1. Ulu Kasok: Raja Ampat Mini di Riau

foto dari @winasariwinata

Belum ada kesempatan untuk menyambangi Raja Ampat di Papua? Kamu bisa mensiasatinya dengan menyambangi Raja Ampat mini yang ada di Riau, namanya Ulu Kasok. Disebut sebagai Raja Ampat mini di Riau karena ada beberapa spot disini yang hampir menyerupai dengan sejumlah spot ikonik yang ada di Raja Ampat.

Buat kamu yang tertarik untuk berkunjung kesini, lokasinya ada di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau. Untuk sampai lokasi, memakan jarak tempuh sekitar 90 Km atau 2,5 jam perjalanan dari Pekanbaru. Buat kamu yang ingin berkunjung kesini dikenakan biaya tiket masuk Rp10.000/orang.

2. Air Terjun Lubuk Bigau: Air Terjun Teringgi di Pulau Sumatera

foto dari @febriyan0226

Air Terjun Lubuk Bigau berada di Desa Lubuk Bigau, Kenegerian Pangkalan Kapas, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Air terjun eksotis ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Sumaetara dimana ketinggiannya mencapai 150 m. Ditambah lagi pesona alam sekitar yang masih begitu alami, membuat objek wisata satu ini cocok untuk kamu yang memang menyukai wisata alam.

Selain itu, lokasinya yang berada jauh dari pusat kota dan berada di tengah hutan yang rindang, membuat tempat ini cocok untuk kamu yang sejenak ingin menenangkan diri dari keriuhan kota juga deadline pekerjaan yang kerap membuat panas kepala.

3. Air Terjun Guruh Gemurai, Keindahannya Bikin Betah Berlama-lama

foto dari @erick_tigan

Air terjun Guruh Gemurai berada 30 kilo meter dari pusat kota, tepatnya di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Buat kamu yang tidak suka keramaian atau penikmat sunyi, air terjun ini cocok untuk kamu kunjungi karena memang pengunjung air terjun ini masih cenderung sepi.

Sejauh mata memandang, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan air terjun dengan landscape alam hijau yang sungguh menyegarkan mata. Buat kamu yang ingin menikamti keindahan air terjun Guruh Gemurai, kamu akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 4.000/orang, parkir Rp 2.000/motor dan Rp4.000/mobil.

4. Sungai Kampar: Sensasi Berselancar di Sungai

foto dari @rian.is.robot

Buat kamu yang punya hobby surfing atau berselancar, kamu bisa menyambangi sungai Kampar. Kalau biasanya orang-orang berselencar itu di laut, di Sungai Kampar ini kamu juga bisa berselancar lho. Di sungai ini memang terdapat gelombang pasang surut atau yang dikenal dengan ombak Bono dengan kecepatan 40 kilo meter per jam. Banyak peselancar dalam negeri bahkan luar negeri yang ingin merasakan sensasi berselancar di Sungai Kampar.

5. Menyapa Penyu-penyu Lucu di Pulau Jemur

foto dari @mashurilkhomis

Objek wisata alam di Riau lainnya yang recommended untuk dikunjungi yaitu Pulau Jemur. Pulau Jemur ini berseberangan langsung dengan Selat Malaka dan berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Di Pulau ini, kamu bisa menjumpai ribuan penyu lucu. Sebab tepatnya ini memang menjdai tempat konservasi penyu.

Selain ada konserbasi penyu, disini juga terdapat berbagai jenis ikan, situs peninggalan sejarah, hutan pantai, dan hal-hal menarik lainnya. Pulau yang disebut sebagai jamrudnya Selat Malakan berada di Pasir Limau Kapas, Rokan Hilir, Riau. Buat kamu yang lagi di Riau, bisa sempatkan untuk mampir kesini ya.

Itulah rekomendasi 5 objek wisata alam di Riau yang epik banget yang akan membuat moment liburan kamu makin seru dan berkesan. Mau tahu informasi objek wisata dan hal-hal menyenangkan lainnya? Makanya, pantau terus pigijo.com ya. Btw, Selamat liburan.

 

WordPress spam blocked by CleanTalk.