Catat! 6 Wisata di Kaliamantan Barat yang Anti Mainstream

0
9

Pigijo.com – Kalimantan Barat merupakan provinsi terluas ke-4 di Indonesia dengan karakter alam yang begitu beragam. Kondisi geografis wilayah Kalimantan Barat yang dianugrahi banyak sungai membuatnya dijuluki sebagai provinsi 1000 sungai. Tidak banyak wisatawan yang menjadikan Kalimantan Barat sebagai destinasi objek wisata.

Padahal lokasinya yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia ini mempunyai beragam objek wisata yang begitu cantik nan instagramable dan tentunya rekomended untuk dikunjungi. Nah, berikut ini Pigijo rangkum dalam 6 wisata di Kalimantan Barat yang anti mainstream dan instagramable. Simak ulasannya di bawah ini ya, kawanJo!

1. Pulau Randayan: Menawarkan Pesona Bahari yang Begitu Khas

foto dari @_mungiil

Pulau Randayan ini menawarkan pemandangan hamparan pasir putih, air laut yang biru jenih dan alam hijau yang begitu eksotis. Selain itu, tempat ini juga menawarkan pemandangan spot underwater yang masih begitu asri, cocok untuk para pecinta diving maupun snorkelling. Pulau ini memang memiliki pesona bahari yang begitu khas.

Lokasinya berada di kawasan Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Untuk sampai lokasi, pengunjung akan dibawa melewati Teluk Suak menggunakan perahu motor yang memakan waktu sekitar 30 menit.

2. Pulau Lemukutan: Menawarkan Pesona Bawah Laut yang Begitu Cantik

foto dari @pulaulemukutan

Pulau Lemukutan ini memiliki daya tarik yang tak terbantah lagi. Suasana alam yang begitu asri, ditambah pemandangan bawah lautnya yang sungguh cantik menjadi salah satu daya magic tersendiri bagi tempat ini. Buat kamu yang ingin berkunjung kesini, lokasinya berada di Karimunting, Bengkayang, Kalimantan Barat. Untuk sampai lokasi, kamu akan dibawa melewati Teluk Suak menggunakan perahu motor.

Selama perjalanan menuju lokasi, kamu akan dimanjakan oleh hamparan laut biru yang terkadang warnanya berubah-ubah menjadi hijau tua, hijau, cokelat dan kembali biru. Tentunya hal ini juga menjadi salah satu daya magic dari tempat ini juga. Kalau ke Bengkayang, jangan lupa mampir kesini ya.

3. Air Terjun Mananggar: Niagara Mininya Kalimantan Barat

foto dari @ochanurulaisyah

Buat kamu yang sedang berada di Kalimantan Barat, Air terjun Mananggar ini salah satu objek wisata yang recommended untuk kamu kunjungi nih, kawanJo. Air terjun ini disebut Niagara mininya Kalimantan Barat karena karakternya hampir mirip dengan air terjun Niagara, yang membedakannya hanyalah ukuran dan ketinggiannya.

Keunikan dari air terjun ini yaitu adanya danau atau kolam alami yang berada di bawah air terjun. Kolam alami tersebut biasanya dimanfaatkan untuk mandi atau berenang oleh para wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini. Buat kamu yang tertarik berkunjung kesini, lokasinya ada di Dusun Perbuah, Desa Merayuh, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak. Untuk tiket masuknya sejauh ini masih gratis.

4. Manjakan Diri di Pantai Tanjung Bajau

foto dari @tanjungbajausingkawang

Pantai Tanjung Bajau atau yang juga dikenal dengan Rindu Alam ini berada diantara Gunung Bajau, Gunung Pelipis dan Gunung Kota, tepatnya di Desa Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, kota Singkawang atau sekitar 18 kilo meter dari Pantai Palm dan Pasir Panjang.

Pantai yang berada di kaki bukit Rindu Alam ini menawarkan pesona hamparan pantai dan alam hijau yang begitu ciamik. Ditambah lagi dengan pemandangan bukit Rindu Alam dan bebatuan besar di kawasan pantai, membuat pantai ini semakin terlihat ciamik juga instagenik. Benar-benar rekomended untuk dikunjungi.

5. Menikmati Hamparan Lautan Awan di Bukit Jamur Bangkayang

foto dari @arth.muttys

Bukit Jamur Bangkayang disebut sebagai negeri di atas awan. Bagaimana tidak? Sebab, bukit yang memiliki ketinggian sekitar 500 mdpl ini memang menawarkan pemandangan lautan awan yang sungguh epik. Tempat ini cocok untuk kamu para pecandu kabut atau penikmat pagi. Tempat ini juga kerap dimanfaatkan untuk camping.

So, buat kamu yang tertarik berkunjung kesini, lokasinya berada di Desa Belangko, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Buat kamu yang ingin camping di sini atau sekedar ingin menikmati kabut tipis nan syahdu di bukit ini, sejauh ini belum ada tarif khusus alias gratis.

6. Bukit Temenong: Menawarkan Pesona Sunrise dan Sunset dengan Landscape Lautan

foto dari @faddylaaldino

Bukit Temenong ini salah satu wisata anti mainstream yang berada di Kalimantan Barat, tepatnya di Dusun Tanjung Gundul, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya. Bukit ini menawarkan pesona sunrise dengan landscape hamparan laut biru yang sungguh memanjakan mata.

Jadi, buat para pecandu sunsrise, Bukit Temenong ini recommended untuk kamu masukan dalam list tempat berburu sunrise-mu. Selain menawarkan pesona sunsrise, Bukit Temenong ini juga menjadi salah satu spot terbaik di Kalimantan untuk menikmati indahnya panorama matahari terbenam atau sunset.

Banyaknya objek wisata di Kalimantan Barat membuktikan bahwa di Borneo ini tak hanya mempunyai sungai atau hutan saja. So, pastikan Kalimantan Barat masuk dalam daftar liburan kamu ya. Jangan lupa ajak juga partner terbaik kamu ya, kawanJo.

Selain wisata Kalimantan Barat, ada banyak informasi wisata dan hal-hal menarik lainnya yang hanya bisa kamu temukan di Pigijo.com. Makanya, ikutin terus pigijo.com ya.

WordPress spam blocked by CleanTalk.