Rekomendasi 5 Wisata Alam nan Instagramable di Sumatera Selatan, Cocok untuk Libur Akhir Pekan

0
7

Pigijo.com – Sumatera Selatan merupakan provinsi yang berada di selatan Pulau Sumatera. Secara geografis, Sumatera Selatan ini berbatasan dengan Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu dan Lampung. Hal tersebut yang membuat Sumatera Selatan dianugrahi banyak objek wisata menarik nan instagramable. Bahkan beberapa diantaranya ada yang merupakan wisata unggulan ataupun favorit di Sumatera.

Buat kamu yang suka dengan alam, Sumatera Selatan ini juga menawarkan deretan objek wisata alam menawan dan begitu menyegarkan pandangan. Deretan objek wisata alam ini cocok untuk kamu yang sejenak ingin menjauh dari penatnya kehidupan perkotaaan.

Nah, berikut ini Pigijo rangkum dalam rekomendasi 5 objek wisata alam di Sumatera Selatan yang begitu instagramable dan tentunya bisa menjadi referensi destinasi liburan kamu di tahun 2019. Simak ulasannya dibawah ini ya, kawanJo!

1. Gunung Dempo, Cocok untuk Kamu yang Suka dengan Mendaki

foto dari @summit_kaosgunungindonesia

Gunung Dempo ini berada di perbatasan Provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu, tepatnya di wilayah Kabupaten Pagar Alam. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 3195 mdpl ini merupakan gunung tertinggi di Sumatera Selatan. Berada disini, kamu akan dimanjakan oleh keindahan alam dari ketinggian yang begitu mengagumkan dan juga pesona lautan kabut yang membuat kawasan ini jadi semakin terlihat puitis.

Buat kamu yang suka mendaki, Gunung Dempo ini recommended untuk kamu masukan dalam list keranjang pendakianmu. Saat melakukan pendakian, pastikan dalam kondisi sehat dan pastikan kamu perginya dengan orang yang sudah berpengalaman mendaki di gunung ini ya.

2. Bukit Jempol: Bukit Fotogenik yang Menyerupai Bentuk Jempol

jempol foto dari @ronorenee

Bukit Jempol ini sebenarnya bernama Bukit Selero, dinamakan Bukit Jempol karena bentuknya menyerupai jempol. Selain dinamakan Bukit Jempol dan Bukit Selero, bukit ini juga memiliki nama lain yaitu bukit  Tunjuk. Bukit yang memiliki ketinggian sekitar 900 mdpl ini berada di sekitar 20 kilo meter dari pusat Kota Lahat, tepatnya di Desa Perangai, Kota Lahat, Sumatera Selatan.

Bukit ini cocok untuk para pendaki pemula yang sedang ingin belajar mendaki. Namun, tetap harus berhati-hati karena pada sejumlah titik, bukit ini memilik jalur pendakian yang lumayan ekstrim dan curam. Memiliki pemandangan pagi yang menawan dengan landscape alam hijau, bukit ini cocok juga untuk camping sembari menunggu pagi.

3. Bukit Besar Lahat: Bukit Cantik yang Besebelahan dengan Bukit Jempol

foto dari @zakyymd

Bukit Besar Lahat ini berada bersebelahan dengan Bukit Jempol, tepatnya berada di Desa Perangai, Kecamatan Merapi Selatan, Kota Lahat. Bukit yang memiliki ketinggian 1700 mdpl ini menawarkan landscape alam yang indah nan ciamik. Sesampainya di puncak, kamu akan disambut oleh hamparan rumput yang luas bak permadani hijau lengkap dengan semilir angin yang sungguh menyejukan. Bukan hanya itu, dari gunung Besar ini juga kamu bisa melihat lancscape gunung Jempol yang begitu fotogenik

Saat malam hari, seperti gunung atau bukit lainnya, Bukit Besar Lahat ini juga menawarkan keindahan malam yang akan membuat kamu langsung berdecak kagum dengan taburan ribuan bintang di pipi langit, dengan catatan saat langit sedang tidak mendung ya, kawanJo.

4. Back to Nature di Air Terjun Bedegung

foto dari @ayuseptiputri

Air terjun Bedegung terletak di Desa Bedegung, Tanjung Agung, Muara Enim. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 99 meter ini menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan pemandangan alam yang masih begitu asri nan alami. Air terjun ini berada jauh dari pusat kota, jadi cocok untuk kamu yang memang sedang ingin melarikan diri dari keriuhan kota.

Meski memakan waktu yang lumayan lama dari pusat kota, tenang saja karena sepanjang perjalanan menuju air terjun, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan alam dan hamparan persawahan yang luas bak karpet hijau. Dijamin perjalanan kamu tidak akan membosankan deh, kawanJo.

5. Air Terjun Temam: Niagara Mininya Sumatera Selatan

Air terjun Temam ini bisa dikatakan Niagara mininya Sumatera Selatan. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 12 meter dan lebar 25 meter ini berada sekitar 11 kilo meter dari pusat kota Lubuklinggau, tepatnya di Kelurahan Air Temam, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, Lubuklinggau. Air terjun ini salah satu air terjun hits di Sumatera Selatan.

Saat akhir pekan atau musim liburan, objek wisata air terjun ini akan ramai dipenuhi wisatwan. Buat kamu yang di Sumatera Selatan dan masih bingung mau liburan kemana di Akhir pekan, Air terjun Temam bisa menjadi pilihan yang tepat untuk masuk list liburan kamu.

Nah, itulah rekomendasi 5 wisata alam di Sumatera Selatan yang sungguh instagramable dan cocok untuk kamu masukan dalam daftar liburan kamu di akhir pekan bersama yang tersayang. Selain objek wisata di Sumatera Selatan, ada banyak info wisata dan hal-hal menarik lainnya yang cuma bisa kamu temukan di pigijo.com. So, ikutin terus pigijo.com ya, kawanJo.

 

 

 

 

 

WordPress spam blocked by CleanTalk.