Selain Rinjani, Ini  5 Wisata Gunung di NTB yang Recommended untuk Kamu Daki!

0
8

Pigijo.com – Dulu, sebelum liburan ke NTB (Nusa Tenggara Barat), orang mungkin akan berpikir dua kali. Selain karena masalah transporasi yang masih sulit untuk dijangkau, destinasi liburan di NTB ini juga masih terasa asing. Namun, seiring berjalannya waktu, semua itu kini telah berubah setelah NTB memiliki Bandara Internasional Lombok Praya yang berada di kawasan Lombok.

NTB ini dikenal dengan panorama alamnya yang begitu asri nan memesona. Bukan hanya itu, NTB juga memiliki pesona spot underwater atau pesona bawah laut yang sungguh eksotis, hamparan pasir putih yang menawan, kulinernya yang enak dan khas, dan sejumlah gunung yang gagah nan mengagumkan.

Bicara soal gunung, NTB dikenal dengan gunung Rinjaninya. Tahukah kamu? Selain gunung Rinjani, ada gunung di NTB lainnya yang juga recommended untuk kamu masukan dalam daftar pendakianmu. Penasaran ada gunung apa saja? Simak ulasanya di bawah ini ya, kawanJo!

1. Gunung Tambora, Gunung yang Ketinggiannya Terkikis Akibat Letusan

source: travelingyuk.com

Gunung Tambora menawarkan keindahan alam yang begitu memanjakan mata. Kemegahan dan kegagahannya yang menjulang tinggi menjadi daya magic tersendiri bagi siapa saja yang mendaki ke Gunung Tambora. Gunung yang berada di wilayah utara Dompu ini seolah tengah menanti setiap orang yang datang mendaki dan melihat pesonanya. Gunung yang dulunya memiliki ketinggian mencapai 4.200 mdpl ini kini sudah terpangkas akibat letusan dahsyat tahun 1815.

2. Bukit Merese, Cocok untuk Para Pendaki Pemula

source: travelingyuk.com

Bukit Merese atau dikenal juga dengan sebutan Merisik yang memiliki arti Bukit Gundul. Dinamakan bukit Gundul karena bukit ini tidak memiliki pepohonan di atasnya. Ada satu pohon yang tumbuh yang lokasinya di ujung barat bukit, pohon tersebut dinamakan pohon Galau karena hanya tumbuh sendirian. Bukit ini juga disebut sebagai Bukit Cinta karena banyak wisatawan yang dibuat jatuh cinta akan keeolakknya. Lokasi Bukit Merese ini berada di kawasan Lombok Selatan.

3. Bukit Malaka: Spot Terbaik untuk Menikmati Pesona TIga Gili

source: logolombok.com

Bukit Malaka salah satu destinasi pendakian selain Rinjani di NTB. Bukit ini berada di Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara. Bukit yang memiliki ketinggian 90meter ini memang cocok untuk menjadi spot pendakian para pendaki pemula atau baru pertama kali mendaki. Bukan hanya itu, Bukit Malaka ini juga menawarkan pemandangan tiga Gili yang sungguh menggoda mata, diantaranya Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.

4. Bukit Buwun Mas, Surga Savana di NTB

source: tripadvisor.com

Bukit Buwun Mas berada di Dusun Lemer, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Bukit ini bisa jadi alternative buat kamu yang ingin mendaki, namun sebelumnya belum pernah mendaki. Bukit ini menyajikan hamparan savana yang begitu indah. Untuk sampai puncak, kamu akan dibawa melewati bebatuan dan juga tanjakan yang cukup menantang. Meski memiliki jalur yang cukup menantang, nyatanya bukit ini tetap mampu memikat banyak pengunjung.

5. Pesona Sunrise di Bukit Nanggi yang Sungguh Epik

source: ngadem.com

Bukit Nanggi berada di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Bukit ini menawarkan pemandangan yang begitu puitis yang recommended dan cocok banget nih buat para pendaki pemula. Jika Gunung Rinjani terlalu ekstrim untuk kamu daki, kamu bisa mencoba mendaki ke Bukit Naggi. Sejauh mata memandang, kamu akan dimanjakan oleh harmonisasi epik antara hamparan alam hijau dan kota Sembalun. Bukit ini menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati sunsrise.

Nah, itulah daftar alternatif gunung di NTB yang bisa kamu daki selain gunung Rinjani. Daftar gunung-gunung pendek ini cocok banget buat para pendaki pemula. Bagaimana, berminat untuk mendaki? Pastikan saat mendaki di temani oleh orang yang berpengalaman mendaki ya. Ingat, keselamatan dan kesehatan itu lebih penting. Jika kamu merasa kondisi badanmu kurang fit, sangat dianjurkan untuk tidak melanjutkan pendakian.

Jika informasi ini bemanfaat, yuk bantu share ke orang-orang sekitar kamu, biar informasi ini tidak hanya berhenti di kamu. Kalau ingin tahu informasi wisata dan hal-hal seru lainnya, ikutin terus pigijo.com ya, kawanJo! See you…

WordPress spam blocked by CleanTalk.