30 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Canggu
Local Experiences

30 Hal Seru yang Harus Kamu Lakukan di Canggu

Bingung mau ngapain aja di Canggu? Yuk, intip 30 kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat liburan ke sana!

Ke Bali tanpa ke Canggu? Hmmmm, rasanya seperti ada yang kurang, ya. Karena selain tempat ini selalu ramai oleh wisatawan asing, Canggu juga jadi satu-satunya tempat yang masih hidup saat pandemi begini. Yup, Canggu tak pernah mati. Sinarnya masih cerah dan perekonomiannya masih berputar. Tak seperti Seminyak, Kuta, bahkan Ubud yang tampak ‘kehabisan napas’, Canggu justru tetap benderang dari pagi hingga hilang terang.

Lalu, kegiatan apa saja yang bisa kawanjo lakukan di Canggu saat memutuskan untuk kembali ke Bali setelah sekian lama ‘cuti’? Mungkin sebagian dari kawanjo sudah tahu apa yang harus dilakukan ketika berada di situ. Tapi bagi yang belum pernah atau jarang melipir ke Canggu, perlukah tahu tempat mana saja yang wajib dikunjungi? Perlukah tahu kesibukan apa saja yang bisa dijalani dari terbitnya mentari sampai malam hari?

Berikut Pigijo gelontorkan 30 jenis kegiatan yang bisa kawanjo lakukan selama di Canggu! Tak melulu menikmati panorama matahari terbenam atau berkeliling lihat sawah nan indah, Pigijo sudah buatkan to-do-list khusus untukmu agar momen liburan terasa makin penuh kesan dan tak biasa. Sudah siap jalan-jalan? Road trip atau menggunakan pesawat terbang tak masalah, yang penting selalu kencangkan protokol kesehatan, ya!

1. keliling naik motor

Shortcut Canggu
Selalu macet tapi ngangenin!

Kurang lengkap ke Bali tapi tidak sewa motor. Kenapa? Karena Bali memang lebih indah dan menyenangkan jika disusuri dengan kendaraan roda dua ini. Berkeliling-keliling lihat kota, lewati sawah, main ke Ubud, kembali lagi ke Sunset Road, lalu belok ke Jimbaran, dan berhenti makan di Sanur. Ah! Rasanya memang beda kalau pakai motor! Kalau kata orang, “belum kena angin Bali kalau cuma naik mobil!”. Ya, begitulah kiranya.

Jika baru pertama ke Bali, jangan bingung karena ada banyak tempat penyewaan motor di sekitar kawanjo. Dengan harga mulai dari Rp65.000 – 90.000/hari (matic), kawanjo sudah bisa menggunakannya jalan-jalan sampai puas. Khusus untuk di Canggu, kawanjo harus coba lewat jalan tikus legendaris di area Batu Bolong yang kecil namun selalu macet oleh motor! Pengendaranya pun beraneka. Mulai dari turis asing, turis lokal hingga warga setempat.

Di kiri-kanannya sawah dan jalanannya terbuat dari conblock. Ada tanjakan dan ada pula turunannya. Menyenangkan sekali memang motoran di sini! Apalagi menjelang sore hari. Udara mulai dingin dan hembusan angin jadi lebih kencang. Wajah pun seketika menyejuk. Tak heran jika rute ini selalu macet. Bahkan seringkali banyak turis asing sampai terguling ke sawah saking padatnya jalan tikus berpanorama ciamik ini, lho. Kawanjo harus coba!

2. makan di restoran vegan

Vegan foods
Canggu surganya makanan vegan

Khusus di Canggu, kawanjo akan banyak sekali menemukan restoran atau toko makanan vegan yang menjual kudapan nikmat tanpa produk hewani sama sekali. Why in Canggu? Sebab area ini dipadati oleh anak muda masa kini, hipster, bahkan wisatawan bergaya boho yang begitu update dengan tren hidangan modern berbasis kesehatan. Oleh sebab itu, segala cita rasa modern tumpek blek jadi satu di Canggu.

Ada kios donat vegan, tempat sarapan 100% vegan, toko roti vegan, cappuccino vegan, dan lain sebagainya yang seba vegan! Bagi kawanjo yang sedang diet atau ingin tetap menjaga asupan kalori selama liburan, maka menu-menu non-dairy ini cocok sekali untuk disantap. Eh, tapi jangan salah, ya. Sebab makanan serta minuman vegan bisa tinggi kalori juga. Smoothie Bowl misalnya. Semangkuk sajian sehat ini mengandung 460-600 kalori, lho! Wow!

Tapi tak cuma olahan vegan, restoran lain yang mengusung tema kekinian pun tumbuh subur di Canggu. Cita rasa masa kini yang disokong oleh kreativitas para chef kelas dunia pun tersedia. Inilah yang menjadikan Canggu tetap bernapas tanpa seutuhnya terlibas keadaan. Karena Canggu merupakan pusatnya Millenials dan Gen Z, maka sifat lokusnya cenderung lebih adaptif, kreatif, dan cepat tanggap terhadap perubahan situasi. Loveable sekali!

3. Mampir ke restoran bercita rasa tinggi

Menu lezat di Mason
Cita rasa kelas dunia yang wajib dicoba

Kalau tadi ada sajian vegan, kini kawanjo harus masuk ke salah satu atau beberapa restoran kasual yang menyajikan menu-menu spesial dengan cita rasa luar biasa. Disusun oleh juru masak kelas internasional, menu-menu yang ditawarkan beraneka macam mulai dari olahan daging, mie, hingga seafood yang akan membahagiakan lidah dan hatimu dalam waktu yang bersamaan.

Biasanya para chef ini memang didatangkan langsung dari Australia, Thailand, bahkan Inggris dan juga New York. Ragam tipe masakan mereka hidangkan, mulai dari autentik hingga modernfusion, segalanya disajikan dengan rasa yang nyaris sempurna. Jika bingung ingin mulai dari mana, Pigijo punya rekomendasinya. Datanglah ke Mason atau Sensorium. Dua restoran ini bakal menawarkan pengalaman makan yang sulit kawanjo lupakan.

Why those two? Karena dua tempat inilah yang paling sering disematkan sebagai restoran terbaik di Canggu. Selalu penuh dan kerap waiting list, menandakan bahwa apa yang terhidang memanglah enak. Membanderol dengan harga yang tak murah namun juga tak semahal restoran bintang lima, menjadikan Mason dan Sensorium jadi destinasi wajib bagi para foodies. Dulu ada namanya Billy Ho, tapi selama pandemi mereka tak beroperasi lagi.

4. Menyambangi tempat makan lezat

Restoran lezat di Canggu
Tak perlu pusing cari makanan enak di Canggu. Semuanya lezat!

And yes, Canggu is a food heaven! Belum cukup dengan kedai vegan dan restoran bercita rasa tinggi, kini kawanjo juga harus datangi tempat makan lain yang tersebar di area Canggu. Mulai dari restoran dengan konsep industrial, Western, oldies, Mediterranian, Asian, hingga Japanese ramen bar, semua bisa dengan mudah kawanjo temukan sambil berputar-putar naik motor. Tak hanya itu, dessert shops pun bertebaran!

Tidak sulit mengisi perut di area ini. Tak hanya itu, mengisi feed Instagram pun tak perlu usaha besar karena hampir semua tempat makan di Canggu Instagenik! Makanan-makanannya pun worth to post! Baik di IG Stories atau di feed, tampilan piring yang datang ke meja kawanjo pun sudah sangat esetetik sehingga bisa langsung difoto untuk di post di media sosial mana pun.

Tak hanya tampilannya yang worth to post, rasanya pun worth to enjoy. Malah, biasanya porsinya juga sangat besar karena menyesuaikan porsi wisatawan asing. Jadi tak hanya amat enak dimakan, tapi juga sungguh kenyang di perut. Nah, harga per porsinya juga relatif murah dibanding makanan sejenis di Jakarta. Satu porsi besar makanan yang sangat enak dan mengenyangkan ini rata-rata dibanderol dengan harga Rp45.000-95.000. Lumayan, kan!

Jadi jangan coba-coba stay di Canggu tanpa mengicip makanan di restoran sekitarnya, ya. Sebab Kawanjo akan rugi besar. Selain enak, makan di Canggu juga terkenal MURAH karena turis di sana kebanyakan anak kuliahan dan youngster yang baru mulai bekerja. Jadi harga-harganya pun menyesuaikan dengan kantong mereka. Enak di mulut, pas di perut, nyaman di dompet. Hehehe!

5. Cari kedai breakfast Instagenik

Breakfast instagenik
Mau sarapan seestetik ini? Di Canggu banyak!

Lagi-lagi untuk keperluan konten. Ya, habis bagaimana tidak, Canggu sungguh terlalu atraktif untuk disaksikan sendiri saja. Maka hal-hal yang berurusan dengan konten media sosial pun pasti jadi penting untuk dipikirkan. Oleh sebab itu, kini Pigijo sarankan untuk cari tempat unik untukmu makan pagi. lho kok, makan pagi? Kenapa tak makan siang atau malam hari? Karena Canggu terkenal dengan menu big breakfast mereka yang colourful dan fotgenik!

Sebut saja tempat yang selalu dipadati pengunjung saking Instagrammable-nya. The Shady Shack, Tiga Canggu, hingga The Avocado Factory, semua punya tampilan sajian yang tampak siap untuk dipotret. Sangat menggugah selera dan berwarna-warni rupanya. Kawanjo pasti langsung gemas dan tak mungkin tak ingin mengabadikannya dengan kamera hp entah akan diunggah atau tidak. So, jangan sampai kelewatan makan pagi di Canggu, ya!

6. Menginap di hotel murah tapi bagus

Hotel murah Canggu
Hotel murah namun sangat nyaman

Satu hal lain yang menarik dari Canggu adalah, tempat ini punya banyak hotel murah yang well designed dan nyaman untuk ditempati. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa yang datang ke sini kebanyakan adalah anak kuliahan dan para pekerja muda bergaya hidup modern namun dengan budget pelesiran yang tak seperti para penghuni Nusa dua, maka tersedialah banyak akomodasi keren nan comfortable dengan harga di bawah Rp500.000.

Rajin-rajinlah membuka situs penyedia jasa booking hotel. Kalau lebih rajin lagi, coba ikut memburu potongan harga yang biasanya diberikan di jam-jam tertentu atau tanggal-tanggal tertentu. Nanti kawanjo akan dapat lebih murah lagi dari harga normal yang sebenarnya saja sudah murah! Mau tahu akomodasi apa saja itu? Tunggu artikel selanjutnya hanya di Pigi Blog, ya!

7. Nongkrong di beach club

30 Hal Seru yang Harus Kamu Lakukan di Canggu
Seru disambangi saat senja dan malam tiba

Tak ke Canggu namanya kalau tak menghabiskan waktu di beach club bersama teman atau orang-orang tersayang. Menikmati koktail segar, bir, atau liquor berkelas sambil ngobrol dan bersenda gurau tentu merupakan kegiatan yang tak boleh dilewatkan kala liburan. Melepas penat sambil bersosialisasi, kangen-kangenan, bahkan menari atau bersenandung sambil ditemani alunan lagu boleh dibilang merupakan bucket list yang layak kawanjo checklist.

Pilih yang sesuai dengan anggaranmu. Sebab di Canggu terdapat beberapa tipe beach club yang harus kawanjo ketahui sebelumnya. Ada yang ramah di kantong dan ada pula bahkan yang sebelum datang harus reservasi terlebih dahulu dengan minimum purchase sebesar Rp1.000.000. Cara mengetahuinya mudah! Tinggal cari nama beach club yang ingin kawanjo datangi lalu hubungilah. Nanti mereka akan memberi tahu persyaratannya.

8. Habiskan malam di beach bar

Beach Bar
Murah tapi tetap menyenangkan

Bedanya dengan beach club, harga beach bar jauh lebih terjangkau. Ketika beach club menawarkan pengalaman menikmati pantai yang lebih luks disertai dengan deret minuman premium, beach bar lebih membumi dengan menyediakan rangkaian bir lokal, koktail segar yang tak semewah di beach club, dan bisa dikunjungi siapa saja tanpa terkecuali. Kalau beach club pengunjungnya lebih tersegmentasi karena biasanya ada area VIP khusus untuk private party.

Main-mainlah ke area Batu Belig, Batu Bolong, atau Pantai Berawa. Di sana akan banyak kawanjo temukan beach bar yang meski harganya terjangkau namun bentuk bangunannya keren dan lucu-lucu! Bagaimana cara membedakan beach club dan beach bar agar tak tertukar? Tentu tak sulit. Beach bar biasanya langsung terlihat di pinggir pantai. Sedangkan beach club harus masuk melalui gerbang utama layaknya masuk ke hotel bintang lima.

Oh iya, menghabiskan malam di beach bar juga salah satu hal yang wajib kawanjo lakukan di Canggu. Menggengam minuman sambil ditemani lagu, angin laut yang berdesir, dan kaki yang menapaki pasir tentu merupakan self healing yang tak bakal kawanjo temukan di kota-kota besar. Belum lagi tebaran bintang di langit Dewata yang kadang ikut terlihat. Tentu menjadikan segalanya terasa berbeda!

9. Menikmati matahari terbenam di Batu Belig atau Berawa

Sunset di Berawa
Rona keemasan yang selalu layak untuk ditunggu dan disaksikan

Lupakan segala penat dan rutinitas dengan duduk manis menunggu sunset di pantai Batu Balig atau Berawa. Di sini, kawanjo akan lihat langit memerah dan berubah jadi jingga sebelum akhirnya pudar dan menggelap saat matahari terbenam sepenuhnya di batas cakrawala. Indah sekali! Romantis bagi sebagian besar orang dan ‘fulfilling‘ bagi sebagian orang lagi. Sebuah fenomena alam yang selalu dikejar oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara karena memang heartfelt dan layak untuk diresapi keanggunannya.

Sunset di langit Bali. Siapa yang rela mengabaikannya? Apalagi di Canggu. Tentu tak satu orang pun termasuk kawanjo, kan?

10. Jalan kaki menuju pertokoan

Strolling around Canggu
Window shopping sambil sesekali berhenti untuk belanja? Why not!

Selain naik motor keliling Canggu, jalan kaki menuju pusat pertokoan Canggu juga merupakan kegiatan yang patut dilakukan. Window shopping sambil berhenti di kedai es krim lalu lanjut lagi untuk membeli apa yang diinginkan merupakan aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan sendiri, bareng teman, pasangan, atau bahkan keluarga. Ada banyak toko di sini! Mulai dari toko hobi hingga pasar pernak-pernik pun ada.

Langkahkan saja kaki ke arah Old Mans maka kawanjo akan mendapati deretan toko mungil yang unik dan memanjakan mata. Jika sudah, kini belokkan langkah kakimu ke jalan-jalan kecil di sekitar Deus Cafe. Banyak tempat kecil di sana yang menjual ragam pakaian, dekorasi rumah tangga, studio tato, dan masih banyak lagi. Nikmatilah Canggu dengan cara begitu. Maka Kawanjo akan mudah rindu untuk kembali dan kembali lagi ke situ.

11. Jalan-jalan di area sawah

Melihat-lihat sawah
Lepas penat dengan jalan-jalan di area sawah

Kalau sudah bosan lihat pertokoan, alihkan pandangan kawanjo pada bentangan sawah Canggu yang meluas di berbagai area. Hijaunya amat khas dan begitu manis tertanam di sudut-sudut dekat hotel, restoran, atau bahkan beach club yang amat mewah. Canggu memang terkenal dengan sawahnya yang subur dan rapat. Saran Pigijo, naiklah motor berkeliling, baru setelah itu temukan petak sawah yang luas, berhenti, dan berjalan-jalanlah.

Tapi ingat, jangan sampai dirusak, ya sawahnya. Dilihat dan dinikmati saja kemolekannya. Bukan untuk foto-foto sampai harus merusak apa yang sudah indah. Nanti jadi hilang esensi jalan-jalan di area sawahnya.

12. Mampir ke tempat spa

Spa di Canggu
Tempat terbaik untuk relaksasi

Setelah lelah jalan-jalan, kini waktunya nikmati spa di sekitaran Canggu. Ada banyak yang bisa kawanjo pilih. Mulai dari yang mewah di hotel bintang lima, yang biasa-biasa saja di tempat khusus spa, sampai yang murah meriah di sepanjang jalan semua bisa jadi pertimbangan. Tentu ketiganya sama-sama akan membuat otot-otot yang tegang jadi rileks. Apalagi betis dan telapak kaki yang sudah sering dipakai jalan. Mereka juga butuh dimanja!

Paket yang ditawarkannya pun beragam mulai dari wellness spa, spa tradisional atau Balinese Spa, hingga spa tradisional-modern layaknya Thai Massage, Indian Massage, atau Shiatsu, semua bisa kawanjo pilih sesuai dengan kondisi dompet. Semakin mewah dan mahal, akan semakin unik tekniknya serta semakin lama durasi pijatnya. Sedangkan semakin murah maka akan semakin standar jenis massage yang akan didapat. Fair enough!

13. Menengok pasar gypsy

Gypsy market La Laguna
Belanja printilan memang selalu bikin ketagihan

Bukan di Canggu namanya kalau tak dipenuhi dengan pernik Boho. Oleh sebab itu, main-mainlah ke pasar gypsy di La Laguna yang digelar sejak jam 4 sore hingga 10 malam. Di sini kawanjo akan temukan banyak pernik menarik seperti aksesoris, pakaian, kopi lokal, produk organik, produk ramah lingkungan, kerajinan tangan, hingga makanan dan rempah herbal yang bisa dibeli sebagai tanda mata. Ada lebih dari 150 kios. Masuknya pun gratis, lho!

That’s why, banyak wisatawan yang bilang, pasar ini adalah pasar terbaik di Canggu yang WAJIB dikunjungi. Tak hanya menjual barang-barang gemas, kawanjo juga bisa menikmati live music yang dihiasi oleh gemerlap lampu di seluruh area bar dan juga pantai. Suasananya jadi sangat dreamy! Cocok bagi kawanjo yang ingin bersantai bersama teman atau bersama pasangan. Bisa duduk di area bean bags, bar, atau juga restoran. Back to your choice!

14. Belajar surfing

Belajar surfing
Coba hal baru yang belum pernah kawanjo lakukan sebelumnya

Tak bisa dipungkiri, Canggu adalah salah satu tempat terbaik untuk surfing di Bali. Oleh karena itu beach bar pinggir pantai mereka sering dipadati oleh para surfer yang baru selesai berselancar. Sebut saja Old Mans. Awalnya bar ini memang menyasar para surfer yang ingin bersantai setelah main ombak. Beach bar lain seperti 707 dan sejenisnya pun demikian. Semua pasti pernah dikunjungi oleh peselancar bertubuh basah sambil membawa surf board.

Nah, karena merupakan salah satu surfing spot ter-oke di Bali, maka tak ada salahnya kawanjo yang belum bisa, mulai coba belajar di sini. Ada Canggu Surf School Bali, Nengah Private School Guiding, Bali Mermaid Surfing School, Surf Bali Adventure, dan masih banyak lagi jasa les surfing yang bisa kawanjo coba. Harganya pun beragam. Mulai dari Rp450.000 per pertemuan, kawanjo sudah bisa langsung coba main-main di atas air. Yeay!

15. Menginap di hotel terbaik

Bermalam di hotel terbaik
Manjakan diri dengan bermalam di tempat terbaik

Jika kawanjo punya uang lebih, tak ada salahnya untuk coba menginap di hotel terbaik di sekitaran Canggu. Ada Como Uma Canggu, Tugu Hotel Bali, hingga Plataran Canggu yang bisa kawanjo pesan untuk habiskan liburan penuh kesan. Memang kadang sesekali kawanjo harus coba menginap di hotel bintang lima. Servis, interior, dan suasananya betul-betul lain. Lebih zen dan menenangkan jiwa.

Di Como Uma Canggu kawanjo bisa temukan program wellness yang didukung oleh Como Shambala. Mulai dari makanan dan minuman yang tersaji hingga paket spa yang ditawarkan, semua akan mengedepankan kesehatan dan bahan-bahan organik pilihan yang takkan didapat di penginapan lain. Berpusat di Italia, Como Uma Canggu tentu akan membawa kawanjo pada pengalaman liburan yang lain dari biasanya,

Berbeda dengan Plataran Canggu, kawanjo akan meresapi indahnya alam asli Indonesia di akomodasi berbasis tradisi Nusantara ini. Semua serba Indonesia namun dengan level yang berbeda. Makanannya tradisional, jejamuannya segar dan autentik, bentuk kamarnya bak rumah khas Bali, bahkan sekelilingnya terdapat hutan, sawah, dan sungai kecil yang bisa dinikmati sembari bersantai. Sungguh seperti sedang main ke alam tapi bintang lima.

Sedangkan di Tugu Hotel Bali, kawanjo bakal lihat ragam koleksi unik dari sang empunya hotel yang dipajang di berbagai sudut. Sering dianggap seram oleh sebagian orang karena koleksi tersebut betulan berusia ratusan tahun! Mulai dari lukisan, patung, guci tua, dan lain sebagainya, semua menghias hotel ini dan menjadikannya signature style dari Tugu Group layaknya Tugu Kunstkring Paleis di Jakarta. Berani menginap di hotel bintang 5 ini?

Baca juga: Kemenparekraf Jadikan Bali Destinasi Medical Tourism Kelas Dunia

16. Main ke Tanah Lot

Tanah Lot
Menyaksikan keindahan pura di atas batu hanya di Tanah Lot

Yup, main-mainlah ke tourist attraction yang amat terkenal ini. Bukan apa-apa, tapi kalau ke Canggu tapi tak ke Tanah Lot itu rasanya sayang sekali sebab tempat ini memang manis terutama menjelang matahari terbenam. Terdapat Pura Tanah Lot yang megah terbagun di atas batu, panorama sunset akan terlihat melatarbelakangi pura yang menjadikan segalanya terasa magis dan sungguh rupawan. Kawanjo pasti suka.

17. Mungunjungi Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun
Komplek pura bersejarah nan cantik yang harus sempat didatangi saking indahnya

Selain Tanah Lot, ada juga Pura Taman Ayun yang layak disambangi. Meski letaknya bukan di Canggu, namun lokasinya amat dekat dengan Canggu. Jika naik motor, waktu yang ditempuh untuk mencapainya kurang lebih sekitar 30 menit. Kenapa harus ke sini? Karena pura ini amat indah dan bersejarah. Jadi Kawanjo harus menyempatkan diri untuk mampir. Saking indahnya, banyak turis yang rela jauh-jauh datang hanya untuk melihatnya, lho.

18. Belanja

Deus Canggu
Di sini, kawanjo tak hanya bisa belanja melainkan turut meyesap kopi nikmat di Deus Cafe

Seperti yang sudah disinggung di atas, ke Canggu tanpa belanja itu layaknya sayur tanpa garam. Tak mungkin dan tak lengkap! Baru sampai di Berawa saja, kawanjo pasti sudah gatal ingin membeli ini dan itu. Untuk pria, pasti sulit melawan godaan untuk tak melirik toko Deus Ex Machina yang ada di dekat Old Mans. Perempuan apalagi. Segala jenis toko swimsuit, aksesoris lucu, body care, sampai essential oils pun berderet-deret siap untuk dikunjungi.

Siapkan uang lebih khusus untuk belanja. Karena biar bagaimana pun, kawanjo pasti tergiur. Apalagi di area pasar gipsi dan Love Anchor Market. Pasti susah untuk tak mengeluakan dompet. Baik pria maupun perempuan pasti suka!

19. Bergabung dalam aksi bersih pantai

Trash Hero Canggu
Yuk, jadi bagian dari aksi kebaikan

Nah, ini yang seru. Tak seperti liburan-liburan sebelumnya, kali ini kawanjo bisa ikutan aksi bersih pantai yang diselenggarakan oleh komunitas setempat. Trash Hero namanya. Sudah banyak tersebar di seluruh Indonesia, Trash Hero juga membuka komunitas khusus di area Canggu bagi siapa saja yang ingin jadi bagian darinya. Caranya mudah. Tinggal hubungi via DM Instagram pada akun @trashhero_canggu dan mulailah bergerak untuk perubahan.

Tak dipungut biaya, tak perlu mendaftar, dan sudah dapat makanan dan minuman, siapa pun bisa langsung ikutan aksi bersih pantai ini. Dilakukan setiap hari Minggu pada pukul 4.30 sore, kawanjo juga bisa langsung lakukan kopi darat di titik pertemuan mereka dekat Warung Alus Bali. Cari saja kumpulan orang berbaju kuning bertuliskan ‘I’m A Trash Hero’ dan datangi untuk langsung ikutan. Seru, terkenang, dan penuh manfaat bagi lingkungan.

20. Main-main ke pasar organik

Belanja di pasar organik
Bantu perekonomian lokal dengan belanja di pasar organik hasil dari kebun warga

Siapa yang sedang ingin hidup sehat dan tak henti-hentinya hunting bahan makanan organik? Nah, pasar ini cocok untuk kawanjo kunjungi karena dipenuhi dengan segala jenis produk lokal berbasis organik yang tak hanya baik untuk kesehatan tapi juga ramah bagi lingkungan (eco-friendly). Salah satunya bernama Samadi. Di sini, kawanjo akan temukan ragam kue hingga buah-buahan hasil olahan warga setempat yang segar dan baru diolah.

21. Ikut kelas yoga atau CrossFit

Kelas yoga
Ikuti kelas olahraga agar tubuh tetap fit selama liburan

Bagi pencinta olahraga atau baru akan mencoba mengolah tubuh agar tetap fit, cobalah untuk lakukan yoga atau CrossFit di studio mereka di sekitaran Canggu. Banyak kelas bagus yang bahkan diajar langsung oleh yogi bersertifikat internasional. Sebut saja yoga studio seperti The Practice, Desa Seni, Samadi, Nataraja Bali Yoga Shala, Pranava Yoga, True Love Unity, hingga Serenity Yoga, semua menawarkan pelatihan yang fun sekaligus menyehatkan.

Sedangkan untuk CrossFit, kawanjo bisa coba CrossFit Wanderlust Canggu yang disebut-sebut sebagai ‘the largest CrossFit in Bali‘. Di sini, siapapun bisa berolahraga sambil bersosialisasi dengan para CrossFiters dari berbagai penjuru dunia. Buka sejak jam 7 pagi hingga pukul 7 malam, kawanjo bisa datang sesaat sebelum makan siang atau bahkan sore sebelum petang menjelang. Sambil rehat selama liburan, badan pun tetap sehat.

22. Bertandang ke beauty lounge

Beauty lounge
Wajah harus tetap cerah meski setiap hari kena sinar matahari

Giliran untuk para perempuan atau para pendamba tampilan cerah nan cemerlang, Canggu juga dipenuhi oleh beauty lounge yang bisa dicoba. Tak hanya melakukan perawatan wajah yang begitu-begitu saja, sejumlah beauty lounge di sini juga menawarkan perawatan eksklusif seperti misalnya gold face-mask yang disinyalir akan membuat wajah tampak lebih muda dan bercahaya! Salah satu yang terbaik yaitu Goldust Beauty Lounge.

Di sini kawanjo tak hanya bisa maskeran tapi juga merawat seluruh komponen kecantikan from head-to-toe. Mulai dari paket massage yang merelaksasi, facial, manicure-pedicure, waxing, mempercantik tampilan mata dengan perawatan bulu mata, alis, dan juga rambut, body treatments, hingga spa party yang bisa dilakukan bareng para sahabat atau saudara. Seru, kan! Yakin tak ingin coba?

23. Bermalam di tempat unik

Hotel unik di Canggu
The Slow. Membuat waktu seakan berjalan begitu pelan

Menyewa penginapan murah atau bintang lima tentu akan selalu jadi pertimbangan. Namun bagaimana jika memutuskan untuk booking hotel atau villa yang tak biasa dari segi konsep serta tampilan bangunan? Tentu belum banyak yang tahu, kan? Ya! Canggu punya beberapa tempat seperti ini yang bisa segera diinapi. Selain akan memberi pengalaman berbeda, tentu tempat ini juga one of a kind karena otomatis jadi instagenik tanpa perlu dicari-cari spot nya.

Dua diantaranya adalah The Slow dan Dreamsea Surf Camp Canggu. Keduanya memiliki kamar yang tak banyak tapi sangat homey untuk bermalam. Khusus The Slow, harga per-malamnya memang cukup mahal. Tapi di sini kawanjo akan menikmati interior industrial-minimalis berbalut suasana tropis yang memanjakan mata. Didominasi aksen kayu dan warna abu-abu pada lantai dan juga dinding, kawanjo pasti betah dan tak ingin lekas pulang.

Kalau di Dreamsea Surf Camp Canggu, kawanjo akan merasa seperti sedang di rumah. Kamarnya manis dan berselimut warna putih bersih yang dibarengi dengan permainan warna kayu dan furnitur-furnitur rotan. Memang tema utamanya dalah Bohemian. Oleh sebab itu, hotel ini akan sangat hangat terasa di hati. Mereka juga ada di Uluwatu. Ini lebih indah lagi karena langsung menghadap laut dan kamarnya terletak pada lantai mezazine.

Uniknya lagi, dua hotel ini selalu penuh! Karena kamarnya tak banyak, maka kawanjo harus sering cek ke situsnya untuk melakukan pemesanan. Karena biasanya, bahkan hotel ini sudah penuh sampai setahun ke depan. Luar biasa, kan pamornya! Meski mungil, namun banyak orang tahu bawa hotel unik ini worth to book.

24. Masuk ke bar tersembunyi

Black Cat Mini Mart
Letaknya yang ada di balik pintu kulkas membuat siapa saja tertarik untuk datang

Pernah dengar Black Cat Mini Mart? Kalau belum, masuklah ke sana dan temukan sebuah pintu pendingan yang jika dibuka, kawanjo akan masuk ke dalam bar tersembunyi yang ada di balik pintu tersebut. Seperti main petak umpet dan pencarian harta karun, bar ini selalu ramai karena para pengunjung senang pada gimmick tersebut. Hidden bar mereka menyebutnya. Awalnya masuk ke convenience store tapi berakhir di dalam bar. Interesting!

25. Hunting tempat instagenik

Cafe Del Mar
Dibuat layaknya Ibiza, tampilan Cafe Del Mar memang cocok untuk masuk media sosial

Again and again, Instagrammable stuff! Kawanjo bisa datangi tempat-tempat hits di Canggu yang banyak terunggah di media sosial khusus untuk foto-foto. Eits, tapi jangan lupa beli makanan dan minumannya, ya. Sebab menunya juga lezat-lezat. Mau di mana? Pennylane, La Brissa, The Lawn, atau bahkan Cafe Del Mar, semua punya deret menu yang nikmat dan lokasi yang mantap untuk foto-foto.

Oh iya, kalau sedang penuh, ada baiknya untuk tidak terlalu lama menghabiskan waktu untuk berfoto tanpa memesan banyak makanan dan minuman, ya. Karena jika begitu, artinya kawanjo merugikan tempat tersebut dan orang lain yang menunggu. Be kind even you’re in a holiday and already spent some money. Karena segalanya bukan hanya tentang uang dan egoisme diri tapi juga tentang orang lain.

26. Berburu Nasi Bali dan Nasi Campur

Nasi Bali
Sangat khas dan wajib disantap saat liburan ke Bali

Ada banyak Nasi Bali dan Nasi Campur enak yang harus kamu coba di Canggu. Sebab tak melulu makanan Barat dan Asian Fusion yang wajib dinikmati, Nasi Bali dan Nasi Campur pun tak kalah enaknya dan sangat lezat jika dimakan langsung di sana. Ada yang halal ada yang non-halal. Kawanjo tinggal pilih saja. Biasanya sih yang halal pasti menyertakan tulisan ‘nasi ayam’ misalnya. Atau kalau bingung, langsung tanya saja ke penjualnya.

27. Main skateboard

Pretty Poison
Nongkrong di bar sambil main skateboard atau sembari menyaksikan para jagoan berseluncur di skate park? Hanya di Pretty Poison kawanjo bisa begini.

Sedang gandrung main skateboard, maka Canggu punya skate park seru untuk kawanjo coba. Pretty Poison salah satunya. Menyediakan tempat main skateboard di mana kawanjo juga bisa bersosialisasi dengan sesama peseluncur, Pretty Poison juga menyediakan bar di mana siapa pun bisa memesan minuman saat sudah letih bermain atau hanya ingin menonton aksi para skater saja.

Hobi main papan seluncur memang sedang naik daun lagi. Namun Pretty Poison sudah ada sejak tren ini belum mencuat kembali. Konsep sesungguhnya yaitu skate bar. Jadi arena main skate hanya tambahan yang bisa digunakan oleh pengunjung yang senang dan bisa mein skateboard. Bertemu dengan orang-orang sehobi memang selalu asyik. Apalagi eksistensi tempat seperti ini tak banyak. Inilah yang membuat Canggu jadi makin menarik.

28. Berburu makanan sehat

Healthy Canggu
Tak sulit menemukan restoran dengan menu makanan sehat di sekitar Canggu

Kalau tadi sudah ada restoran vegan, kini kawanjo yang sedang coba hidup sehat harus coba makan di restoran-restoran penyedia makanan sehat di area Canggu. Apa bedanya dengan vegan? Di restoran makanan sehat, kawanjo masih bisa temukan dairy products dalam olahan makanannya. Sebut saja susu, telur, keju, daging ayam, daging sapi, seafood, dan sejenisnya. Atau, kawanjo juga bisa pilih menu vegetarian jika sudah menghindari dairy.

Tak usah kuatir dengan rasanya sebab menu makanan sehat di Canggu hampir semuanya enak! Seperti tak sedang makan makanan sehat, kawanjo pasti puas dengan sepiring sajian yang diolah sedemikian rupa tanpa lupa untuk menerapkan protokol healthy foods yang mereka usung. Porsinya pun besar-besar. Dijamin kenyang seharian karena serat dari makanan sehat jauh lebih banyak sehingga akan bikin perut terasa penuh lebih lama.

29. Sewa mobil atap terbuka

Mobil atap terbuka
Kapan lagi keliling sawah, kota, dan pantai pakai mobil model begini

Setelah keliling dengan motor, cobalah untuk keliling dengan mobil beratap terbuka yang bisa kawanjo sewa. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, jalanan cenderung lebih sepi sehingga kawanjo bisa makin menikmati deru angin yang menerpa wajah. Saran Pigijo, berkendaralah saat mulai menjelang sore. Sebab kalau siang, pasti akan panas sekali dan matahari Bali sedang galak-galaknya. Nanti kawanjo malah sakit kepala akibat heat stroke!

Lalu alih-alih memilih jalan besar yang selalu macet terutama arah ke Canggu, baiknya kawanjo pilih berkendara di perkampungan sekitar dan di area sawah yang memang bisa dilewati mobil. Serunya lagi, kawanjo bisa arahkan mobil ke area laut pada waktu matahari akan terbenam. Jadi tanpa perlu duduk ramai di beach bar, kawanjo bisa menikmatinya cukup dari mobil beratap terbuka. Ide yang bagus sekali, bukan? Social distancing is a must!

Baca juga: 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan di Kintamani Bali

30. Menginap untuk waktu lama di canggu

Canggu stay
Menginap selama satu sampai dua bulan? Kenapa tidak?

Last but not least, jika kawanjo sudah kepalang jatuh cinta dengan Canggu, coba deh untuk sewa penginapan selama satu atau dua bulan lamanya. Pasti rutinitas WFH kawanjo akan makin menyenangkan dan produktif ketimbang tetap stay di kota tempat tinggalmu. Sekali-sekali ganti suasana tentu sangat disarankan. Untuk mendinginkan otak dan merangsang lagi kreativitas. Bagi para freelancer pun ide ini amat menarik untuk dilakukan.

Biasanya, sejumlah hotel dan villa memang menyediakan paket menginap untuk waktu lama. Kalau di Canggu, untuk satu bulan ada yang start dari harga Rp5.000.000 bahkan lebih. Ada juga yang lebih murah. Tergantung tipe akomodasi yang kawanjo pilih dan strategis atau tidaknya tempat tersebut. Enaknya lagi, kawanjo tak harus memikirkan beres-beres. Karena kalau memilih hotel, artinya setiap hari tetap akan ada room service yang bebenah kamar.

So, sudah tahu kan akan melakukan apa saja kalau kawanjo pergi ke Canggu. Daftar yang Pigijo buat ini komplet sekali, lho! Karena khusus Pigijo persembahkan untuk kawanjo yang rindu ke Bali tapi bingung ingin menghabiskan waktu di mana karena banyak area yang tampak ‘mati’ dan tempat-tempat komersil yang tutup dan belum buka kembali. Canggu merupakan pilihan paling tepat! Tak akan rugi dan tetap bisa happy-happy. Bon voyage!

Oh, iya. Kalau mau lanjutkan liburan ke Nusa Penida atau Lovina, bisa langsung intip paket perjalanan seru di sini, ya!

0 comments on “30 Hal Seru yang Harus Kamu Lakukan di Canggu

Leave a Reply

Your email address will not be published.