4 Hari Tak Terlupakan di Pulau Derawan, Indahnya Surgawi!

0
16

Sudah sejak lama Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur digadang-gadang punya keindahan pantai yang tak kalah dengan destinasi pantai tersohor dunia seperti Maladewa.

Tak salah agaknya karena ada banyak wisata bahari dan pantai yang benar-benar memanjakan mata selama di Kepulauan Derawan yang masuk dalam Kabupaten Berau itu.

Wisatawan umumnya akan menggunakan pesawat dan turun di bandara Kalimarau, Berau sebelum melakukan perjalana darat selama kurang lebih 3 jam menuju Pelabuhan Tanjung Ratu. Dari sana kemudian kita kan menyeberang ke Derawan pakai speedboat. Cukuplah sekitar 30 menit berada di atas lautan sebelum sampai ke Derawan yang memesona itu.

Tak hanya pantainya, Derawan ini cocok banget buat kamu pecinta snorkling dan makanan laut. Lalu apa saja yang bisa dilakukan di sana? Berikut kira-kira itinerary kalau kamu di Derawan selama 4 hari 3 malam.

 

HARI  1

Biasanya waktu akan habis diperjalanan, jadi kemungkinan kamu akan sampai di Derawan sore hari. Langsung aja check in di penginapan yang banyak ragamnya di sana. Istirahat sejenak dan mandi, kemudian kamu bisa berjalan-jalan di Derawan menikmati seafood sebagai makanan khas di kepulauan. Istirahat jangan terlalu larut untuk persiapan wisata esok hari.

 

HARI 2

Hari kedua tuh akan banyak diisi dengan Island Hopping dan snorkling di beberapa pulau yang ada kepulauan Derawan. Pokoknya bangun pagi, segera cari sarapan,lalu jelajahi pulau dengan private boat. Saran aja sih, tujuan pertama ke Pulau Maratua. Berjarak 16 km menyeberangi laut dari Derawan, Pulau Maratua punya pemandangan yang indah.

Lanjut deh ke ke Goa Haji Mangku yang di sana kamu bisa melakukan Cliff Jumping dan menikmati pemandangan yang khas. Puas dari situ, kamu bisa lanjut ke Palung kakaban dan snorkling di Danau Kakaban. Jika belum puas snorkling, kamu bisa melanjutkannya di Coral Garden di mana terdapat pemandangan bawah laut yang memukau.

Dari Pulau Maratua, perjalanan bisa menuju Pulau Sangalaki selama sekitar 1 jam perjalanan. Pulau tersebut terkenal dengan penangkaran penyunya. Kamu bisa bermain dengan hewan jinak tersebut sambil menunggu senja dan mengabadikan penampakan Ikan Pari yang jadi primadona di daerah itu.

Setelah matahari tenggelam, baiknya sih kamu sudah kembali ke penginapan, karena tentu gelap banget di tengah laut.

 

HARI 3

Tak beda dengan hari sebelumnya, di Derawan kamu harus naik private boat untuk Island Hopping. Kali ini kamu bisa menuju Jetti untuk menikmati pemandangan bawah laut. Selanjutnya bisa lanjut menyelami indahnya rangkaian karang dan ikan ke Turtle Inn, Mangkalasa dan Spot Bintang.

Tips and trik

Selalu perhatian arus saat menyelam di lokasi ini. Perhatikan warning atau himbauan dari pengelola atau pemerintah. Jika perlu, sewa jasa guide penyelam yang berpengalaman dan tersertifikasi. Kamu juga bisa membeli asuransi agar bisa tertangani dengan cepat jika terjadi kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan. Informasi lebih lanjut bisa kamu temukan di pusat informasi turis di Derawan.

Menjelang sore, menjelajahi Gusung Pasir Sanggalau untuk menikmati keindahan pulau tersebut dan berburu foto sunset sebelum balik ke penginapan. Pastikan memori masih banyak karena pemandangan sunset di lokasi ini tak ada duanya.

 

HARI 4

Hari terakhir di Derawan kamu bisa siap-siap check out penginapan dan berburu cinderamata di sana. Lalu bersiap menuju pelabuhan Tanjung Batu dan menuju Berau kembali. Cinderamata seperti apa yang harus kamu bawa sebagai oleh-oleh, yuk simak ulasannya.

Gelang sisik penyu

Berlibur di pantai tropis tak bisa lepas dari kehadiran pernyu. Warga lokal mengubah sisik penyu yang biasanya terbuang menjadi aksesoris yang menarik untuk dilihat. Harganya juga murah di kisaran Rp 30.000 sampai Rp 50.000 untuk satu gelang.

Asbak penyu

Asbak penyu ini bukan berasal dari hewannya melainkan sebuah wadah yang terbentuk dari kaca. Menariknya, ukiran yang ada di asbak ini sangat menyerupai penyu. Cinderamata ini sangat memperlihatkan kepiawaian masyarakat lokal dalam membuat ukiran rumit yang pas dijadikan oleh-oleh. Murah, satu asbak biasanya dibanderol seharga Rp 25.000an.

Ikan Asin Derawan

Namanya kota dekat laut pasti tak bisa dipisahkan dari ikan asin. Beda dari tempat lain, ikan di sini bebas polusi dan ditangkap saat sedang segar-segarnya. Ikan asin Derawan sangat nikmat dijadikan lauk saat santap siang. Kamu bisa menemukan aneka ikan asin di dermaga atau toko souvenir di Derawan.

Oh iya, harga sewa private boat sekitar Rp 2 juta dan bisa dibagi rata ke penumpang yang biasanya 8 orang. Cukup menguras kantung bukan? Nah, biar nggak rogoh kocek terlalu dalam kamu bisa ikut trip 4 hari 3 malam di Pigijo.

Hanya dengan Rp 2,190 juta per orang, kamu tinggal menikmati indahnya Derawan tanpa harus mikirin transportasi darat, sewa private boat, makan hingga penginapan.

WordPress spam blocked by CleanTalk.