4 Tempat Wisata yang Pantang Terlewat saat Imlek di Singkawang
Local Experiences

4 Tempat Wisata yang Pantang Terlewat saat Imlek di Singkawang

Singkawang merupakan salah satu tempat paling meriah di Indonesia saat perayaan Imlek.

Perayaan Imlek tinggal sebentar lagi. Pada 1 Februari 2022 warga keturunan Tionghoa di Indonesia akan merayakan pergantian tahun di kalender Tionghoa. Sama seperti hari besar lainnya, perayaan Imlek dirayakan dengan meriah di Indonesia.

Di Indonesia ada satu daerah yang paling meriah saat perayaan hari Imlek tiba. Tak lain dan tak bukan tempat itu adalah Kota Singkawang di Provinsi Kalimantan Barat. Kota ini dikenal begitu lekat dengan kebudayaan Tionghoa. Bahkan Singkawang memiliki julukan Kota Seribu Wihara dan Hong Kong di Indonesia.

BACA JUGA: Hobi Memancing? Wajib Kunjungi 5 Lokasi di Bogor Ini!

Julukan itu tidak sembarang datang. Pada sensus terakhir yang digelar tahun 2010 sebanyak 71.15 persen warga Singkawang merupakan keturunan Tionghoa. Hal tersebut pastinya membuat setiap perayaan Imlek tiba, kota Singkawang akan makin meriah dan keren. Bagi Kawanjo yang berencana mengunjungi Singkawang saat Imlek, kita punya empat tempat rekomendasi yang wajib banget disinggahi di hari besar itu.

Mau tahu di mana saja? sama-sama kita lihat daftarnya:

  1. Pusat Kota Singkawang
4 Tempat Wisata yang Pantang Terlewat saat Imlek di Singkawang
Imlek Singkawang

Mau melihat kemeriahan Imlek di Singkawang, Kawnajo harus datang ke pusat kota ini. Menjelang dan saat Imlek pusat kota Singkawang sudah dipenuhi pernak-pernak bernuansa tahun baru Tionghoa, seperti lampion berwarna merah sampai hiasan-hiasan lainnya. Ada beberapa tempat di pusat kota yang menjadi pusat tempat kemeriahan di hari raya Imlek di Singkawang.

Mereka di antaranya Stadion Kridasana, Jl Pangeran Dipenegoro sampai Gerbang Cap Go Meh. Bahkan Jika Kawanjo berkesempatan datang di saat Cap Go Meh, Kawanjo akan melihat pawai atau atraksi di pusat kota Singkawang. Kemeriahan Imlek di Singkawang bahkan disebut-sebut sama meriahnya dengan di China atau Hong Kong.

  1. Rumah Keluarga Tjhia
4 Tempat Wisata yang Pantang Terlewat saat Imlek di Singkawang
Rumah keluarga Tjhia

Tempat selanjutnya yang patut disinggahi ialah Rumah Tua Keluarga Tjhia (Xie). Bangunan ini merupakan salah satu yang paling bersejarah di kota Singkawang. Berlokasi di Jl Budi Utomo, bangunan ini diperkirakan dibangun pada 1901 sampai 1902. Seperti namanya, rumah tersebut milik keluarga Thjia yang merupakan warga China yang jadi salah satu pendatang awal Singkawang.

BACA JUGA: Tips Ngetrip Akhir Pekan ke Puncak Bogor

Sejarah menulis, keluarga Thjia berasal dari Fujian, China. Yang menarik dari bangunan ini adalah rancangan rumah yang tak cuma kental nuansa Tionghoa. Jika dilihat dengan seksama maka Kawanjo akan melihat perpaduan budaya China dan Eropa di bangunan ini. Rumah keluarga Thjia pun menjadi saksi bisu perjalanan warga Tionghoa di Singkawang.

  1. Kelenteng Bumi Raya
4 Tempat Wisata yang Pantang Terlewat saat Imlek di Singkawang
Kelenteng Bumi Raya

Julukan Kota Seribu Wihara atau Kota Seribu Kelenteng tak salah disematkan ke Singkawang. Di sini Kawanjo akan terpesona melihat keindahan tempat ibadah umat Buddha atau Kong Hu Chu. Salah satu klenteng yang patut dikunjungi Kawanjo saat Imlek ialah Kelenteng Bumi Raya. Berdiri sejak 1878 Kelenteng Bumi Raya merupakan salah satu bangunan bersejarah di Singkawang.

Kelenteng tersebut juga sudah menjadi ikon Singkawang. Selain sebagai tempat ibadah Kelenteng Bumi Raya adalah magnet wisata budaya di Singkawang. Kelenteng ini menjadi tambah spesial setiap Imlek sampai Cap Go Meh. Sebab, warga Tionghoa dari dalam dan luar Singkawang akan ramai-ramai berdoa di Kelenteng Bumi Raya.

  1. Tanjung Bajau
4 Tempat Wisata yang Pantang Terlewat saat Imlek di Singkawang
Tanjung Balau

Bagi Kawanjo yang sedang ngetrip di Singkawang saat Imlek pantang untuk melewatkan Pantai Tanjung Bajau. Di hari besar itu, pantai akan ramai dikunjungi wisatawan untuk menghabiskan libur Imlek. Pantai ini memang menjadi salah satu pilihan utama ngetrip di Singkawang. Hal tersebut lantaran Tanjung Bajau menawarkan keindahan pantai dan bukit yang berdampingan yang sekilas terlihat seperti menyatu.

Di Pantai Tanjung Balau terdapat pula taman bermain bernama Fantasy Island. Ada puluhan wahana di Fantasy Island. Kehadiran Fantasy Island tentunya membuat ngetrip Kawanjo di Pantai Tanjung Bajau saat Imlek semakin menarik. Itulah empat tempat wisata yang kalian harus kunjungi saat ngetrip ke Singkawang di liburan Imlek. Pasti Kawanjo sudah enggak sabar kan untuk cepat-cepat ngetrip ke sana, apalagi Imlek sudah semakin dekat nih.

Nah setelah Kawanjo melihat pesona Singkawang saat Imlek, kini giliran Kawanjo intip paket wisata menarik dari kami di sini. Yuk segera dilirik.

Baca Juga : Tahun Baru Imlek Enaknya Trip Kemana? Cek Destinasi Wisata Menarik Ini

0 comments on “4 Tempat Wisata yang Pantang Terlewat saat Imlek di Singkawang

Leave a Reply

Your email address will not be published.