5 Destinasi Hits Wajib Kunjung di Madura

0
51

Madura mungkin boleh dikatakan tidak sepopuler Bali dan Lombok dalam hal pariwisata, namun pulau yang berada di Provinsi Jawa Timur ini juga menyimpan banyak sekali potensi wisata yang bisa dikembangkan.

Masyarakat Madura memiliki ciri khas yang unik dan khas. Meskipun terletak di Jawa Timur, adat budaya suku Madura lebih mendekati adat kraton Jawa Tengah. Hanya di sinilah, kamu akan menemukan tradisi Karapan Sapi, budaya Carok dan budaya menginap di makam leluhur yang bernama tradisi Nadar. Identik dengan kulinernya yang khas, yaitu soto Madura, sate Madura hingga bebek Sinjay, pulau penghasil garam ini patut dijadikan pilihan wisata yang harus dikunjungi.

Berikut destinasi wisata Madura yang hits pilihan Pigijo Travel Planner.

Bukit Jaddih, Bangkalan

Bukit kapur yang merupakan bekas penambangan kapur sejak jaman Belanda ini, terletak di Jakan Parseh, Bangkalan. Perbukitan kapur berwarna putih ini memiliki panorama unik yang menarik. Goa-goa kecilnya, tangga kapur, hingga danau buatan yang terletak di tengah-tengah bukit kapur, adalah beberapa spot menarik yang bisa kamu jadikan latar foto instagram-mu.

Selain menjelajahi bukit kapur, kamu juga dapat berenang di kolam renang Goa Pote yang berada di sini. Atau kamu juga dapat menyewa ATV untuk berkeliling dan berlayar di Danau Biru dengan menggunakan rakit.

Pulau Gili Labak

Di sekitar Pulau Madura, ada beberapa pulau tropis yang memiliki pantai putih dan air jernih, salah satu yang paling populer adalah Gili Labak. Pulau kecil yang berada di sebelah tenggara kota Sumenep ini, dapat dicapai menggunakan kapal dengan perjalanan sekitar 2 jam. Sebuah perjalanan panjang yang worth it, karena ketika kamu sampai di sana, kamu akan menemukan sebuah surga kecil di sudut Madura.

Perairan di sekitar Gili Labak cukup tenang dan memiliki pemandangan bawah laut yang indah, sehingga cocok sekali untuk berenang dan snorkelling. Ada satu spot freedive yang indah yang disebut Taman Nemo, di sini kamu dapat memberi makan ikan dan berfoto cantik dengan terumbu karang yang berwarna-warni. Jangan lewatkan sunset dan sunrise di tempat ini, dimana kamu dapat melihatnya dari dua sisi pulau yang berlawanan.

Bukit kapur Arosbaya, Bangkalan

Terletak di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, bukit kapur Arosbaya memiliki pemandangan berbeda dengan Bukit Jaddih. Bukit kapur yang eksotis ini, didominasi oleh warna merah, sehingga disebut sebagai Brown Canyon. Di sini kamu dapat berfoto di dinding bukti yang penuh dengan pahatan yang sekilas nampak seperti ukiran, dan jangan lupa untuk mengunjungi Goa Pelalangan, sebuah goa yang terbentuk dari hasil penambangan kapur.

Untuk mendapatkan hasil foto terbaik, disarankan untuk datang pada pagi hari, saat sinar matahari tepat menyinari dinding batu bukit Jaddih ini.

Bukit Tinggi Daramista, Sumenep

Jauh dari keramaian dan memiliki udara yang sejuk, Bukit Tinggi Daramista ini menjadi tempat hits untuk melepaskan penat dan berfoto cantik bagi para Millenials. Kamu dapat menyaksikan panorama Sumenep dan melakukan berbagai aktifitas di sini.

Tempat yang juga disebut sebagai Bukit Romantis ini, memiliki beberapa spot untuk berfoto dengan nama yang unik, yaitu Hometrees, Happy Swing, Sweet Town, Home Love, Bird’s Nest, Zona Kece and Hits, serta Zona Warrior untuk kamu mencoba flying fox dan flying bike.

Air Terjun Toroan

Berlokasi di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Air Terjun Toroan merupakan satu-satunya air terjun yang dimiliki oleh pulau Madura. Dengan ketinggian sekitar 20 meter dari puncaknya, air terjun cantik ini memiliki keunikan yaitu lokasinya yang berdampingan dengan Pantai Nepa. Kamu mungkin sering menyaksikan air terjun dan pantai, tapi sebuah pemandangan yang menggabungkan keduanya, dan berenang dari kolam menuju pantai, adalah pengalaman yang sangat istimewa. Jangan lupa untuk menyaksikan matahari terbenam dari sisi air terjun ini, yang pasti akan membuatmu ingin selalu kembali lagi ke sini.

WordPress spam blocked by CleanTalk.