5 gunung Indonesia dengan keindahan Danau-nya

1
30

Sobat Jo,

Indonesia adalah archipelago yang terkenal dengan gunung vulkaniknya. Keadaaan ini membuat Indonesia begitu subur dan asri, begitu mempesona dan mengundang para hikers lokal maupun mancanegara untuk menyaksikan langsung keindahannya.

Dari sekian banyak pesona pegunungan yang mengagumkan, salah satunya adalah danau indah yang tersimpan diatasnya. Ketika kita melihat danau-danau ini, rasa penat saat mendaki akan terlupakan.

Yuk kita simak 5 gunung yang terkenal dengan keindahan danaunya di Indonesia.

  1. Danau Ranu Kumbolo

Disebut sebagai danau gunung terindah di Indonesia, kalau kamu mendaki Gunung Semeru, kamu akan sampai di Danau Ranu Kumbolo pada ketinggian 2400 mdpl, sekitar 9,5 km atau lima jam pendakian dari titik awal pendakian di Ranu Pane. Sepanjang perjalanan ke danau ini, kamu akan menemukan banyak bunga Edelweis.

Terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Lumajang, Jawa Timur, danau Ranu Kumbolo sangat terkenal dikalangan hikers. Ranu berarti danau, dan danau air tawar ini terletak diantara bukit-bukit yang keindahannya semakin mempesona di saat memantulkan cahaya matahari terbit dan terbenam. Lokasi ini sangat bagus bagi kamu yang senang berfoto-foto.

Buat kamu yang baru pertama kali hiking atau mendaki Gunung Semeru, disarankan untuk menginap semalam. Selain untuk beristirahat sambil mengisi persediaan air, kamu juga dapat menikmati pemandangan yang paling indah dari Gunung Semeru disini. Sebelum itu, persiapkan dirimu karena apabila malam tiba, suhu di sekitar danau dapat turun hingga 5 derajat Celcius.

Di danau ini ada tempat yang dinamakan Tanjakan Cinta. Konon, kalau kamu berjalan menaiki bukit ini sambil memikirkan pasanganmu tanpa menoleh ke belakang, kisah cintamu dengannya akan berakhir bahagia.

 

  1. Danau Segara Anak

Terletak di Gunung Rinjani, desa Sembalun, Lawang, Lombok, NTB, setelah berjalan sekitar 9 jam dari titik awal, danau Segara Anak berada di ketinggian lebih dari 2000 mdpl, dengan kedalaman 200 meter dan luas lebih dari 1000 hektar. Danau air tawar ini merupakan danau vulkanik yang berasal dari kaldera gunung berapi.

Hikers dapat beristirahat di sini, menikmati pemandangan sambil memancing ikan Mas, Nila dan Mujair yang hidup di danau ini. Kamu juga dapat merendam kaki di mata air panas yang tersebar di sekitar danau untuk menghilangkan lelah.

Yuk baca juga, Inilah 7 Summit Indonesia dan Keindahannya!

  1. Danau Gunung Tujuh

Image credit: @rangga_saputra09

Danau Gunung Tujuh merupakan salah satu danau tertinggi di Asia Tenggara dan termasuk salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Danau ini berada 3 jam dari kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, atau sekitar 4 jam dari pos jaga di Desa Pelompek, dibalik Gunung Kerinci, Jambi pada ketinggian 1950 mdpl.

Danau ini disebut Danau Tujuh Gunung karena lokasinya dikelilingi oleh tujuh gunung yaitu Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut, Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang dan Gunung Tujuh.

Penduduk disekitar banyak yang berprofesi sebagai nelayan. Selain berkemah di sisi danau, kamu juga bisa menyewa perahu untuk sekedar berkeliling atau memancing ikan.

  1. Danau Taman Hidup

Danau ini terletak di Gunung Argopuro, dengan mengambil rute jalur desa Bremi, Probolinggo, Jawa Timur. Lokasi danau bernuansa mistis dan konon, Dewi Rengganis, puteri Kerajaan Majapahit, sangat menyukai tempat ini.

Kawasan indah ini dihuni oleh babi hutan dan kancil, juga berbagai jenis ikan yang bisa dipancing oleh hikers untuk menambah perbekalan. Sebuah dermaga kayu tua menjadi spot foto yang terkenal di tempat ini.

  1. Danau Talago Dewi

Image credit: @naufal_dedi

Untuk menikmati keindahan danau Talago Dewi yang berada di ketinggian 2760 mdpl, kamu  harus mendaki Gunung Singgalang yang ada di Sumatra Barat, selama sekitar 4 – 5 jam.

Danau ini merupakan kawah berisi air yang bisa diminum dan dikellingi oleh tanaman Cantigi yang meliuk-liuk. Karena lokasinya hanya 15-30 menit dari puncak gunung, hikers dapat menginap disini sebelum berangkat menuju puncak.

Next Artikel Hutan Mati Papandayan, Misteri dibalik ke Eksotisannya

 

Writted by Dhee

1 COMMENT

WordPress spam blocked by CleanTalk.