5 Kegiatan Selama Karantina

0
92

Terkadang sulit untuk berusaha berpikir positif di tengah sebuah kemelut. Di saat menjalani self- quarantine dan social distancing yang mencekam ini, banyak pemberitaan buruk dari media tentang Covid-19 yang seakan tak pernah berhenti, menambah kesulitan bagi kita untuk mengambil sisi positif dari semua yang sedang terjadi sekarang.

Tapi cobalah untuk melihat berita-berita baik tentang bagaimana alam mulai memulihkan diri, tentang bagaimana manusia berlomba berbuat kebaikan, dan harapan-harapan mulia bahwa Corona Virus akan segera menjadi sebuah penyakit yang dapat disembuhkan. Dengan berdiam diri di rumah, kita telah memberikan sumbangsih yang besar untuk kemanusiaan, dan juga yang tak kalah penting, membuat kita berkesempatan untuk berpikir kembali tentang prioritas penting di hidup ini.

Jika selama ini kita sibuk bekerja atau bersekolah, seakan tidak punya cukup waktu untuk memperhatikan orang-orang tersayang di sekeliling, bahkan untuk memperhatikan kebutuhan diri kita sendiri, di masa sekarang inilah saat yang tepat untuk berpikir ulang tentang hal apa yang perlu dicapai. Apakah ada tempat yang ingin dikunjungi, apakah ada sebuah jenjang karir yang ingin dicapai, apakah ada cita-cita tertunda yang harus segera dilaksanakan, tuliskan dalam jurnal dan buat menjadi sebuah rencana masa depan yang akan kita mulai wujudkan sekarang.

Mengapa kita tidak memanfaatkan saat ini untuk melakukan hal yang selama ini tak sempat kita lakukan? Meng-upgrade ilmu, belajar hal baru, atau bahkan berpartisipasi dalam kegiatan sosial adalah beberapa hal yang dapat dilakukan selama masa karantina ini untuk memberikan semangat positif. Pigijo Peduli Covid-19, mempunyai beberapa ide yang bisa dicoba.

Berlatih menulis

Menulis adalah sebuah skill yang esensial dalam pekerjaan maupun pembelajaran kita. Dengan kemampuan menulis yang baik, kita dapat dengan tepat menjelaskan pendapat dan membuat pembaca lebih memahami tujuan penulisan kita. Berlatih menulis tidak hanya untuk para penulis, karyawan dan pelajar pun sebaiknya punya kemampuan literasi yang terus ditingkatkan untuk menunjang karirnya.

Banyak cara untuk berlatih menulis, bagi pemula ataupun yang hobi menulis, diantaranya dengan mengikuti kelas online dan ikut kompetisi menulis. Di kelas menulis ini, ada beberapa materi yang bisa dipilih, seperti kelas penulisan novel, kelas copywriting, kelas menulis puisi, dan semuanya bisa kita pelajari dari rumah. Sedangkan untuk kompetisi menulis, banyak sekali terdapat lomba menulis cerpen ataupun puisi untuk berbagai golongan umur dan terdiri dari berbagai tema. Semua dapat dengan mudah kita cari di internet, dan dengan sering mengikut kompetisi seperti ini, kemampuan menulis akan terlatih menjadi lebih baik.

Belajar fotografi dan video

Di dunia yang serba visual ini, sebuah foto dapat berbicara banyak meski tanpa kata-kata. Instagram dan YouTube tidak hanya menjadi sebuah hiburan, tapi juga menjadi sumber informasi. Kedua portal tersebut selain bertujuan sebagai media sosial, juga banyak digunakan untuk media komersial, dan sebuah foto atau video yang berkualitas menjadi sangat penting oleh karenanya.

Selain membaca dari buku tentang fotografi dan videografi, kita juga dapat memperoleh informasi tentang kedua hal ini secara online. Sekarang sudah banyak website dan kelas online yang bisa dijumpai, tutorial di YouTube tentang dasar-dasar fotografi juga banyak tersedia, tinggal kita pilih mana yang paling cocok. Untuk belajar tentang fotografi dan videografi, tidak perlu langsung menggunakan kamera canggih dan mahal, cukup manfaatkan handphone atau camera pocket dan dengan sedikt trik dan editing, kita bisa mendapatkan hasil foto bak fotografer profesional. Tentu, untuk mencapainya diperlukan latihan terus menerus.

Mencoba resep makanan baru

Jika sebelumnya kita tidak punya cukup waktu untuk memasak di rumah, inilah saat yang tepat untuk mencoba resep baru dan menyajikan makanan bergizi bagi keluarga. Memasak dan membuat kue adalah kegiatan yang menenangkan, menyenangkan, dan dapat dilakukan bersama-sama sebagai cara untuk menciptakan bonding yang lebih akrab dengan orang-orang tersayang.

Hal pertama yang penting sebelum terjun ke dapur, adalah menentukan makanan apa yang akan dibuat dan resepnya. Banyak resep dapat dijumpai di internet berikut cara pembuatannya di YouTube, tapi tidak semuanya bagus, lho! Carilah resep yang sudah teruji dan telah dibuktikan oleh banyak orang, agar kita tidak kecewa dengan hasilnya. Kemudian pastikan untuk mengikuti takaran bahan dan cara masak sesuai dengan resep, untuk mendapatkan tekstur, rasa, dan tampilan makanan yang terbaik. Resep-resep ini bisa didapatkan di aplikasi Cookpad, atau follow cooking selebgram di Instagram yang sudah mengeluarkan buku dengan resep-resep memasak andalannya.

Bereksperimen dengan hobby

Setelah beraktifitas Working From Home atau E-Learning, saatnya untuk kita melakukan hal yang kita sukai. Hobby adalah sebuah kegiatan rekreasi untuk mendapatkan kesenangan, yang biasanya terdiri dari mengumpulkan sebuah koleksi, membuat sesuatu, merakit atau memperbaiki, bermain dan mempelajari sesuatu. Setiap orang pasti memiliki hobby-nya masing-masing, dan di saat karantina ini adalah waktu yang tepat untuk menggali kembali hobby kita dan mencoba bereksperimen dengannya.

Bagi kolektor action figure dan mobil die cast, bisa membersihkan koleksinya, menata kembali, melakukan barter di sesama kolektor di portal online, atau mendokumentasikan koleksinya untuk dipajang di Instagram. Bagi penggemar buku, saatnya membaca buku-buku yang selama ini hanya menjadi penghias di rak buku. Untuk yang suka menyanyi, bisa meluangkan waktu berlatih menggunakan aplikasi Smule atau WeSing. Bagi yang suka belajar berbagai macam hal, selalu ada kelas-kelas online yang siap mendukungmu, seperti kelas online belajar trading, belajar membuat animasi, seluk beluk digital marketing, belajar bahasa asing, kelas parenting, dan lain-lain yang semuanya bermanfaat untuk pengembangan diri dan meng-upgrade skill kita.

Berolah raga

Selama masa karantina ini, kegiatan fisik kita menjadi terbatas dan mungkin membuat suasana hati menjadi ikut tertekan. Sebaiknya, meski sehari-hari kita menghabiskan waktu hanya di rumah, lakukan aktivitas olah raga rutin agar badan tetap sehat, dan kuat menangkal virus yang jahat ini. Tidak perlu menggunakan peralatan olah raga seperti di gym, cukup pakai apa yang ada di rumah saja. Kita bisa menggunakan botol berisi air sebagai pengganti barbel, dan handuk kecil untuk membantu melakukan peregangan.

Usahakan untuk selalu menjaga rutinitas sehari-hari seperti sebelum masa karantina, misalnya saat pagi kita harus berjalan kaki ke kantor selama 10 menit, lakukan olah raga ringan selama 10 menit di waktu yang sama, untuk selanjutnya memulai pekerjaan kantor dari rumah. Dan ketika sore hari, lakukan olah raga yang lebih berat seperti cardio dan pembentukan otot.

Banyak video tentang fitness yang bisa didapati di YouTube, berikut tentang panduan makanan sehat yang dapat kamu ikuti. Buatlah jadwal olahraga rutin selama masa karantina ini, konsumsi makanan bergizi dan saat nanti kembali beraktifitas normal, kita bahkan mungkin telah dapat menurunkan berat badan sebanyak beberapa kilogram dan terlihat lebih segar dari sebelumnya.

Teruslah bersikap dan berpikir positif, ya. Pigijo Travel Planner bersamamu selalu dalam masa karantina ini.

WordPress spam blocked by CleanTalk.