9 Tempat Perayaan Imlek di Indonesia

0
162

Tidak lama lagi warga Indonesia keturunan Tionghoa akan merayakan Tahun baru Cina atau yang biasa kita kenal dengan hari raya Imlek. Kemeriahan hari raya tersebut sangat bisa dirasakan di tempat tempat seperti Vihara dan juga Klenteng yang ada di Indonesia. Yuk lihat beberapa daerah yang menjadi tempat perayaan Imlek di Indonesia, siapa tau Kawanjo tertarik buat kesana dan bisa beli paketnya di Pigijo lho..

1. Vihara Gayatri (Depok)

Source : megapolitan.kompas.com

Warga etnis Tionghoa yang bertempaat tinggal di Depok, memiliki cara unik dalam merayakan Imlek. Mereka akan beramai-ramai datang ke Vihara Gayatri. Selain beribadah, perayaan Imlek biasanya dimeriahkan dengan mandi bersama di sumur tujuh lubang. Sumur-sumur ini dipercaya memiliki kekuatan mendatangkan rezeki, jodoh, bahkan bisa menyembuhkan penyakit.

2. Petak Sembilan (Jakarta)

Source : pegipegi.com

Petak Sembilan merupakan bagian dari kota lama Jakarta. Kawasan pecinan ini menjadi tempat yang ramai dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Di tempat ini, banyak pedagang menjual pernak pernik perayaan Imlek seperti aksesoris, camilan, baju khas China, kue keranjang, dan lainnya.

3. Klenteng Hong Tiek Hian (Surabaya)

Source : sintiaastarina.com

Klenteng yang sudah berdiri ratusan tahun ini merupakan klenteng tertua di Surabaya. Konon, klenteng ini dibangun oleh pasukan Tar-Tar pada awal Kerajaan Majapahit berdiri. Terletak di Jalan Dukuh, Surabaya Utara, Klenteng Hong Tiek Hian ini tak jauh dari kawasan legendaris Surabaya, Jembatan Merah.

4. Vihara Dewi Kwan Im (Bangka)

Source : bangkaguide.com

Vihara ini merupakan vihara terbesar dan tertua di Bangka Belitung. Selain difungsikan untuk beribadah, vihara ini juga dikunjungi untuk wisata. Saat perayaan Imlek maupun hari raya Waisak, Vihara Dewi Kwan In pasti ramai disambangi.

5. Klenteng Tek Hay Kiong (Tegal)

Source : kelenteng300.blogspot.com

Klenteng ini berusia sekitar 315 tahun dan memiliki arti Klenteng Lautan Kebijakan. Klenteng ini begitu populer karena letaknya yang berada di pusat kota. Struktur bangunannya juga menarik dan unik.

6. Kuil Pulau Kemaro (Palembang)

Source : airport.co.id

Terletak di Pulau Kemaro, destinasi ini menjadi salah satu tempat wajib untuk dikunjungi wisatawan yang berkunjung ke Palembang. Di dekat Klenteng terdapat pohon cinta dari legenda Putri Raja Siti Fatimah dengan saudagar Tionghoa, Tan Bun An pada zaman Kerajaan Palembang.

7. Vihara Gunung Timur (Medan)

Source : tripadvisor.co.id

Vihara Tionghoa terbesar di Kota Medan ini dibangun pada 1930. Vihara ini termasuk ke dalam daftar yang wajib dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri jika singgah di Medan. Berbagai ukiran naga, patung singa, dan pagoda menambah keindahan vihara

8. Klenteng Po Hwa Kong (Lombok)

Source : situsbudaya.id

Walaupun tak banyak etnis Tionghoa rupanya Lombok memiliki kelenteng yang usianya cukup tua. Klenteng Po Hwa Kong yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso No 180, Kelurahan Ampenan, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram ini didirkan pada tahun 1840. Saat Imlek biasanya banyak warga yang sembahyang atau berdoa memohon berkat di klenteng tua ini.

9. Klenteng Sam Poo Kong (Semarang)

Source : manusialembah.com

Klenteng Sam Poo Kong di Semarang menjadi saksi bisu penjelajahan Laksmana Cheng Ho. Tempat ini awalnya merupakan tempat persinggahan sementara sang Laksamana. Di dalam kawasan ini, terdapat empat klenteng lain yang juga wajib dikunjungi jika ke Semarang.

WordPress spam blocked by CleanTalk.