9 Top destinasi Indonesia di Mata Mancanegara

0
96

Negara kepulauan terbesar dengan garis pantai terpanjang di dunia, Indonesia adalah salah satu negara favorit dalam pariwisata dunia. Alamnya yang alami, kota-kota budaya dengan ritualnya yang mengesankan, setiap sudut negara ini seakan tak habis untuk dijelajahi. Kamu dapat menemukan pantai yang cantik, sawah yang mengesankan dan penduduk ramah di hampir semua pulaunya. Segala yang kamu cari ketika pergi berwisata, bisa ditemukan di tempat ini.

Menentukan tujuan wisata terbaik di Indonesia sangat tidak mudah. Selalu ada atraksi baru dan kejutan menyenangkan yang ditemukan untuk menjadi wisata potensial di sini. Namun jika kamu mencari destinasi lokawisata favorit sepanjang masa, dan telah dikenal untuk mewakili pariwisata Indonesia, maka Pigijo Travel Planner menguraikannya di bawah ini.

Gunung Bromo

Tak dapat dipungkiri, Gunung Bromo yang mempesona ini adalah salah satu icon pariwisata yang paling sering terpampang pada iklan pariwisata Indonesia di mancanegara. Terletak di Jawa Timur, gunung ini diselimuti oleh tradisi unik masayarakat Tengger yang beragama Hindu dan sejarahnya. Mengamati matahari terbit dari Bukit Penanjakan dan berkuda di kawah gunung ini, adalah aktifitas paling terkenal yang dapat dilakukan di sini.

Pulau Komodo

Pulau yang termasuk dalam wilayah Taman Nasional Komodo yang berada di Nusa Tenggara Timur ini, telah menjadi situs warisan UNESCO sejak tahun 1986. Sabagai satu-satunya habitat bagi Komodo di dunia, Pulau Komodo meraih penghargaan sebagai New Seven Wonders of Nature, yang merupakan penghargaan untuk tujuh tempat wisata alam terbaik di dunia.

Selain mengamati kehidupan Komodo, pulau ini penuh dengan keindahan pantai dan ekosistem bawah lautnya yang kaya. Labuan Bajo adalah gerbang menuju ke sini melalui udara dan laut, untuk selanjutnya kamu dapat melanjutkan dengan kapal feri atau Live On Board. Banyak spot diving menarik di sini, dan jangan lewatkan Pink Beach, yang merupakan salah satu dari 7 pantai berwarna merah muda di dunia.

Candi Borobudur                   

Dibangun pada abad ke 9 Masehi, Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia. Dikunjungi jutaan orang setiap tahunnya, Candi Borobudur yang terletak di Magelang, 40 kilometer dari kota Yogyakarta, disebut UNESCO sebagai monumen dan kompleks stupa termegah serta terbesar di dunia ini, memang memukau. Saat terbaik mengunjungi Borobudur adalah saat matahari terbit, dimana kamu dapat menyaksikan sinar surya perlahan menampakan dirinya dari Bukit Manoreh, dan semburat warna jingga menyebar memenuhi pelataran candi. Hingga kini Candi Borobudur masih digunakan sebagai tempat perayaan Waisak bagi seluruh umat agama Buddha di dunia. Jika kamu berkesempatan mengunjungi Borobudur saat Waisak, kamu dapat menyaksikan tempat ini dipenuhi oleh cahaya lilin dan lentera di malam hari. Sebuah pemandangan yang menakjubkan.

Yogyakarta

Sebuah kota yang sarat dengan sejarah dan budaya, Yogyakarta adalah tempat di mana peradaban suku Jawa, yang merupakan suku mayoritas masyarakat Indonesia, dimulai. Sebagai kota yang masih melestarikan tradisi dan memegang teguh adat dari nenek moyangnya, kamu dapat menemukan banyak keunikan di kota ini.

Komplek Keraton, Candi Prambanan, kampung-kampung pengerajin batik, adalah beberapa tempat yang terkenal di Yogyakarta. Mengamati dan berinteraksi langsung dengan penduduknya yang ramah, kamu dapat merasakan “rumah” di setiap sudut kotanya.

Danau Toba

Danau Toba adalah keajaiban alam yang luar biasa. Danau kawah yang sangat besar ini terdiri dari sebuah pulau yang hampir seukuran Singapura di tengahnya. Dengan luas lebih dari 1.145 kilometer persegi, dan kedalaman 450 meter, Danau Toba terlihat lebih seperti lautan. Ini adalah danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu danau terdalam di dunia.

Sebagai icon pariwisata di Sumatera Utara, banyak tempat dan kegiatan di sekitar Danau Toba yang dapat kamu lakukan. Mengamati budaya megalitik suku Batak, bersantai di pinggir danau dan hiking ke air terjun Sipiso, adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di sini. Udaranya yang sejuk dan potensi alamnya yang menakjubkan, membuat Danau Toba dicanangkan sebagai salah satu Bali baru.

Bali

Bali mungkin terkenal lebih dahulu dibandingkan Indonesia sendiri. Pulau Dewata ini memiliki keindahan yang magnetis, dan kultur masyarakatnya yang kental telah menarik wisatawan dari mancanegara sejak puluhan tahun yang lalu. Bukan hanya pantainya yang indah dan kehidupan hingar bingar turisme yang bisa kamu dapatkan di sini, tapi Bali juga merupakan sebuah surga bagi mereka yang mendambakan ketenangan dan pencarian diri.

Sekarang ini Bali dikenal sebagai tempat tujuan para vegetarian dan naturalis, yang datang ke sini untuk wisata back to nature. Para digital nomad pun menjadikan kota Ubud Bali sebagai tujuan utama kegiatan mereka, karena menurut mereka Bali merupakan tempat yang aman dan ramah bagi turis. Sebagai tempat wisata paling favorit di Indonesia, Bali terus berkembang dan berinovasi untuk menjadikan dirinya sebagai tujuan wisata terbaik di dunia.

Kepulauan Gili

Terletak tak jauh dari Pulau Lombok, tiga pulau Gili ini terkenal oleh pantai jernih dan pasir putihnya yang menarik banyak wisatawan. Masing-masing pulau Gili memiliki karakteristik pengunjungnya tersendiri, namun Gili adalah tempat yang paling sempurna jika kamu menginginkan suasana pantai yang masih asri.

Gili Trawangan adalah pulau yang terbesar, dilengkapi dengan fasilitas yang lebih maju, adalah tempat berpesta. Gili Meno sebagai pulau yang terkecil, sedang dikembangkan untuk tempat honeymoon yang eksklusif, sedangakan Gili Air dikunjungi oleh para wisatawan backpacker yang ingin mencari ketenangan.

Raja Ampat

Surganya para penyelam, Raja Ampat memiliki bio-diversity bawah laut terkaya di dunia. Rumah bagi lebih dari 530 jenis koral, 700 spesies moluska dan 1.300 lebih jenis ikan, keindahan tempat ini telah memukau traveller dari seluruh dunia. Tidak hanya kemolekan pantai dan laut, kekayaan hutan dan keunikan budaya penduduk lokalnya, adalah magnet bagi para penjelajah dan pencari petualangan.

Tana Toraja

Dikenal dengan budaya prasejarah dan ritual penguburannya, banyak hal yang belum sepenuhnya dikembangkan dari tempat di Pulau Sulawesi ini. Terisolir selama beberapa abad di pegunungan yang tinggi, membuat masyarakat Toraja masih memegang erat budaya dan tradisi kuno mereka sampai sekarang.

Kamu dapat mengikuti prosesi pemakaman mereka yang unik, dan trekking ke situs megalitik yang memikat. Desa-desa alami dengan rumah tradisional, bukit hijau, kebun kopi dan hutan bambu adalah tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi di sana.

 

Written by Melisa Oktavia

WordPress spam blocked by CleanTalk.