Demi Menikmati Pantai-Pantai Indah, aku #BeraniTraveling Keliling Indonesia

0
551
Lagoi Bay
Lagoi Bay

Tinggal di negara kepulauan, rasanya sayang jika melewatkan keindahan pantai-pantai yang terbentang dari ujung ke ujung nusantara. Apalagi alam bawah lautnya juga menawan dan rata-rata berpasir putih bersih dengan air laut sebening kristal. Hal itulah yang membuatku menabung untuk mewujudkan mimpi terbesarku: menikmati indahnya pantai-pantai di tanah air.

Lagoi Bay
Lagoi Bay

Tapi jangan dibayangkan semuanya mudah diakses seperti ke Bali ya! Banyak yang letaknya di pulau-pulau atau provinsi yang jauh dari pulau Jawa, tempat tinggalku. Namun hal tersebut tidak menyurutkan keinginan yang telah tumbuh sejak aku masih kuliah. Syukurnya, pekerjaanku sebagai travel and hotel consultant mendukung untuk bisa liburan ke pelosok Indonesia.

pulo cinta
pulo cinta

Dua tempat dengan pantai yang memesona dan butuh kesabaran untuk bisa ke sana adalah pantai yang terletak di pulau Bintan dan di Provinsi Gorontalo. Di sini aku akan menceritakan bagaimana keluar dari zona nyaman dan #beranitraveling keliling Indonesia demi mantai!

Bintan, Permata Sumatra

Awalnya aku tidak familiar dengan pulau satu ini sampai suatu ketika ada sebuah tawaran untuk review hotel di sana. Begitu mencari informasi, langsung terpana. Bintan dikelilingi oleh pantai-pantai berpasir putih dan masih jarang dikunjungi. Jadi bersih dan terjaga keasriannya, hal itulah yang membuatku tidak berpikir dua kali untuk berkata iya.

Bintan termasuk ke dalam provinsi Kepulauan Riau. Kamu bisa naik penerbangan langsung dari Jakarta ke Tanjung Pinang, nama kota di pulau Bintan yang juga merupakan ibukota Kepri. Harga tiketnya tidak begitu mahal, selisih sedikit saja dari Jakarta-Bali kok. Aku naik penerbangan pagi dan senang sekali selama perjalanan.

Bandara Tanjung Pinang
Bandara Tanjung Pinang

Dari jendela pesawat, terlihat pulau-pulau kecil yang tersebar di timur Pulau Sumatera. Mulai dari Bangka-Belitung sampai ke Bintan. Aku kagum bagaimana masyarakat Indonesia bisa tinggal di pulau-pulau tadi padahal tidak semuanya memiliki bandara atau pelabuhan besar. Inilah salah satu pelajaran yang kudapatkan dari liburan keliling Indonesia: melihat banyak perspektif dan hal baru.

Kawasan Lagoi Bay
Kawasan Lagoi Bay

Sampai di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang, pihak hotel menjemput menggunakan bus soalnya aku datang rombongan dengan beberapa orang lainnya. Jarak antara Tanjung Pinang dengan Lagoi Bay (tempatku menginap selama di Bintan) sekitar 1,5 jam perjalanan dan petualangankupun dimulai.

Sepanjang jalan dari Bandara menuju Lagoi Bay, sepii dan jarang ada rumah penduduk. Jalan yang lebar juga masih baru, mungkin sebelumnya tidak sebagus ini. Melewati hutan dan sungai, jarang ada papasan dengan kendaraan lain. Pun saat memasuki kawasan Lagoi Bay, akses dari jalan utama juga masih masuk beberapa kilometer.

Tapi Bintan aman dan tidak ada begal atau perampok. Jalannya bagus, resort-resort mewah banyak berdiri di sana. Begitu sampai di Lagoi Bay, terjawab sudah kenapa banyak wisatawan dari Singapura dan China Mainland liburan ke pulau kecil dekat Singapura ini. Bintan memang indah luar biasa!

Garis Pantai yang Panjang
Garis Pantai yang Panjang

Garis pantai panjang, ombak tenang dan pohon kelapa dengan nyiurnya yang melambai sungguh bikin gagal move on. Sore-sore berjalan di pesisir pantai, Lagoi Bay punya taman dan juga danau buatan yang ditata rapi. Banyak hal yang bisa kamu lakukan, dijamin tidak bosan.

Danau Lagoi
Danau Lagoi

Selama empat hari di sana, aku menikmati tenangnya bermain di pantai dari pagi sampai sore, makan makanan yang enak dan seafood segar hasil tangkapan nelayan di Bintan, serta istirahat yang berkualitas. Tidak rugi berkunjung ke perbatasan Indonesia satu ini meski harus #beranitraveling ke tempat yang jauh dan tidak kenal dengan siapapun.

Gorontalo, Surga Pantai di Utara Indonesia

Satu tahun setelah liburan ke Bintan, aku mendapat kesempatan untuk menjelajahi Gorontalo selama satu mingguan. Wuiiihhh, pertama denger langsung gembira kayak soda hehe. Soalnya tau kan kalau Pulo Cinta, above water resort yang kayak di Maldives itu letaknya di Gorontalo? Lagi-lagi modal nekat, aku berangkat ke sana.

Bermain di Pantai Pulau Saronde
Bermain di Pantai Pulau Saronde

Perjalanan dimulai dari Yogyakarta-Makasar dan main-main dulu di Ibu kota Sulawesi Selatan ini selama empat hari. Mengunjungi benteng, makan coto, lumayan untuk penyegaran. Setelah itu lanjut penerbangan Makasar-Gorontalo dan sampai di sana siang hari.

Bandaranya terletak di tengah lahan yang terhampar luassss, tidak ada bangunan lain di sana. Sekitarnya masih kebun dan dikelilingi pemandangan pegunungan, segar dipandang mata. Oh iya, dari bandara Jalaluddin untuk menuju kota bisa naik travel gitu, diisi bareng-bareng. Kalau turun di Limboto biayanya 50 ribu kalau di Gorontalo kota 70 ribu nanti diantar sampai ke hotel.

Bandara Jalaluddin
Bandara Jalaluddin

Karena di sana ada proyek, jadi bertemu dengan banyak orang dan kenalan baru. Menyenangkan, mereka sangat ramah dan menyambutku dengan baik. Di utara Indonesia yang lagi-lagi tidak kenal dengan siapapun, aku dipertemukan dengan orang-orang baik. Ini salah satu alasanku #beranitraveling meski ke tempat yang tidak terbayang jauhnya.

Pulo Cinta
Pulo Cinta

Akhirnya kesampaian juga keinginan untuk ke Pulo Cinta, beneran sebagus di foto-foto yang kuliat di sosial media! Naik kapal selama sekitar 40menitan dari Dermaga Pulo Cinta dan nyampai di resort paling keren di Indonesia ini. Air laut kebiruan, pasir putih, sinar matahari, rasanya seperti tidak ingin pulang. Tidak sia-sia perjalanan jauh ke sana, Gorontalo punya pecahan surga di setiap sudutnya.

pulo cinta
pulo cinta

Tidak hanya ke Pulo Cinta, aku juga mengunjungi Pulau Saronde, di sana bisa bermain di pantai seharian dan ada pasir timbulnya. Terombang-ambing di kapal selama satu jam terbayar lunas begitu sampai di Saronde. Pulau kecil ini memanjakan pengunjungnya dengan lautan yang bersih, air laut berwarna bening dan pasir putih. Aku saja sampai gosong lho tapi bahagia.

Untuk ke Saronde, perjalanan dari kota Gorontalo juga cukup jauh sekitar dua jam menuju dermaganya. Lalu menyeberangnya sekitar satu jam. Jika Saronde ke arah utara maka Pulo Cinta ke arah selatan. Bersyukur bisa menjelajahi Gorontalo dari ujung ke ujung.

Tanah air kita memiliki potensi wisata yang melimpah. Dari Sumatra hingga Papua, dari Manado hingga Pulau Komodo. Sayang jika kita tidak #beranitraveling untuk mengeksplornya. Jangan kalah dengan wisatawan asing yang sudah bermain ombak di Rote dan mendaki ke puncak Cartenz. Jika mereka bisa, kita juga bisa menjelajah Indonesia hingga ke pelosoknya. Yuk kapan jalan-jalan?

WordPress spam blocked by CleanTalk.