Dari Bilenthango Hingga Binte Biluhuta, Inilah Rekomendasi Makanan di Gorontalo yang Wajib Kamu Cicipi!

0
23

Gorontalo merupakan sebuah provinsi di utara pulau Sulawesi yang memiliki berbagai makanan yang menarik, tak hanya makanan berat namun juga makanan ringan atau makanan dan minuman penutup. Nah inilah beberapa makanan yang wajib kamu cicipi di Gorontalo!

  1. Bilenthango

Source: cookpad.com

Bilenthango merupakan makanan khas Gorontalo yang berasal dari olahan ikan. Makanan yang satu ini dibuat dari ikan mujaer dengan bumbu khas dan khusus makanan yang satu ini. untuk mengolah makanan yang satu inipun cukup mudah yaitu dengan cara di goreng atau dipanggang, hasil olahan ini memiliki cita rasa yang unik dan bakal menggoyang lidah KawanJo.

  1. Lalampa

Source: merdeka.com

Selanjutnya ada Lalampa, Lalampa merupakan cemilan khas Gorontalo yang terbuat dari beras ketan. Makanan yang satu ini cukup mirip dengan lemper di Jawa, namun perbedaannya makanan yang satu ini dimasak dengan cara dibakar. Isiannya pun berbeda, apabila lemper berisi ayam kalau lalampa berisi ikan cakalang dan sebelum dibakar lalampa dioles minyak sayur terlebih dahulu. Nah maka dari itu lalampa mempunyai aroma yang unik dan menembus hingga ke dalam lalampa.

  1. Sate Tuna Gorontalo

Source: tripadvisor.ie

Indonesia memiliki makanan sate yang telah dikenal dunia, namun apabila sate biasanya terbuat dari daging ayam dan kambing namun sate yang satu ini berbahan dasar ikan tuna. Walaupun biasanya tua dimasak dengan cara digorng atau dibakar, namun kamu perlu mencoba olahan tuna yang satu ini karena rasanya gurih dalam bumbu sate dan rasa tuna bakar yang akan menggoyang lidahmu.

  1. Es Brenebon

Source: daerahkita.com

Tak hanya makanan dan camilan aja KawanJo, namun di Gorontalo kamu bisa menikmati minuman segar khas Gorontalo yaitu Es Brenebon. Brenebon sendiri merupakan jenis minuman yang terbuat dari kacang merah, es serut, dan sirup yang cocok banget diminum saat siang hari KawanJo. Tak hanya menyegarkan namun minuman yang satu ini juga menyehatkan lho KawanJo, karena dalam kacang merah terdapat khasiat untuk mencegah kolesterol, mencegah resiko diabetes, dan juga membantu proses pembekuan darah.

  1. Binte Biluhuta

Source: travelingyuk.com

Terakhir ada Binte Biluhuta, makanan yang satu ini terbuat dari jagung mengingat Gorontalo terkenal dengan hasil jagungnya yang subur. Binte biluhuta sendiri berasal dari kata Binte yang berarti jagung dan Biluhuta yang berarti disiram, sehingga bisa diartikan sebagai jagung yang disiram. Selain berbahan utama jagung, makanan yang satu ini juga memiliki campuran bahan yaitu ketan, parutan kelapa, udang, dan ikan cakalang. Untuk menambah cita rasa kamu bisa menambahkan perasan jeruk lemon KawanJo, tertarik untuk mencoba?

Nah itulah beberapa makanan yang wajib kamu kunjungi di Gorontalo, namun tak hanya itu KawanJo di Gorontalo juga memiliki makanan lain yang wajib kamu cicipi seperti tili aya, ayam iloni, ilabulo, dna masih banyak lagi. Jangan lupa buat klik www.pigijo.com untuk booking pakter favoritmu!

WordPress spam blocked by CleanTalk.