Edisi Temukan Jalan Pulang

0
40

Sungguh hati jadi tak karuan bila jalan bersama teman melakukan pendakian gunung kamu mengalami hal yang tidak asik seperti berseteru dengan teman perjalanan atau yang lebih parah lagi tersesat saat pendakian yang padahal ini pendakian gunung perdana kamu. 

Mengingat tidak sedikit insiden pendaki tersesat bahkan hilang dan statusnya belum ditemukan menjadi catatan negatif bagi dunia pendakian.

Nah kali ini penulis akan berbagi tips bila kamu mengalami kejadian tersesat di gunung, semoga bisa menjadi acuan untuk kamu persiapkan setiap kali mau melakukan pendakian. Jangan lupa siapkan secangkir kopi hitam untuk menemani kamu menyimak artikel ini ya Sahabat IM! Let’s Go..

1. Tetap tenang dan berpikir positif

Bila terpisah dari rombongan sehingga kamu tersesat sebaiknya kamu Stop lalu biasakan diri untuk tetap tenang dan berpikir positif, saat beristirahat sambil mengingat – ingat lokasi terpisah dari rombongan.

Patut diingat, ketika seorang pendaki tersesat dan panik makin memperparah keadaan sehingga sulit berfikir positif malah berujung maut.

2. Tinggalkan Jejak lalu ke puncak atau kembali ke titik awal

Buatlah tanda dari ranting – ranting atau tumpukan daun sehingga dapat diidentifikasi oleh tim yang melakukan SAR, observasi lokasi sekitar dan perkirakan mana yang terdekat ke puncak atau ke titik awal lokasi kamu terpisah dari rombongan. Bila ke puncak relatif bisa ketemu jalur sebenarnya pendakian.

3. Berhemat logistik perbekalan

Saat kamu sudah memutuskan untuk ke puncak atau kembali ke titik awal, sesampainya disana atur dengan bijak lalu perkirakan dapat bertahan untuk berapa hari makanan minuman yang kamu miliki.

4. Hindari perjalanan malam

Saat menjelang matahari terbenam sebaiknya untuk beristirahat dan cari lokasi yang kamu rasa aman untuk bermalam, agar besok pagi fit kamu lanjutkan perjalanan mencari rombongan pendaki.

5. Perhatikan tanda Alam

Lumut yang hidup di batang pohon dapat digunakan sebagai penunjuk arah. Lumut adalah tanaman yang tumbuh di media yang cenderung lembab, menghindari matahari secara langsung, sedangkan matahari terbit di timur dan terbenam di barat.  Bila Sahabat IM menemukan batang pohon yang satu sisinya ditumbuhi banyak lumut sedangkan sisi lainnya lumut yg tumbuh cenderung sedikit atau bahkan tidak ada lumut yg tumbuh, dapat diambil kesimpulan bahwa sisi batang pohon yang ditumbuhi lumut menunjukan ke arah barat.

Jadi, ketika Sahabat IM tersesat jangan langsung panik ya, tetap diawali dengan berdoa sehingga perjalanan bisa lebih lancar serta terhindar dari marabahaya.

Sumber :

Penulis Medion Suryo Wibowo – Founder Indonesian Mountains

Berbagai sumber

WordPress spam blocked by CleanTalk.