Gak Melulu Tentang Laut, Di Kepulauan Seribu Kamu Bisa Menilik Jejak Sejarah Kekuasaan Belanda

0
148

Bagi sebagian banyak orang ketika mendengar Kepulauan Seribu yang akan mereka ingat Pulau Tidung atau pulau – pulau besar lainnya. Namun, di antara banyak pulau yang ada di Kepulauan Seribu ada beberapa yang menyimpan jejak sejarah kepemimpinan Belanda lho Kawan Jo.

source : eramuslim.com

Diantara pulau yang menyimpan sejarah ini salah satunya Pulau Onrust, pada jaman penjajahan belanda pulau ini dijadikan sebagai pelabuhan sebelum pndah ke Tanjung Priok. Tidak hanya itu saja, pada jaman belanda hingga tahun 1911 pulau ini juga dijadikan Barak Haji bagi masyarakat Indonesia yang berangkat dan pulang haji. Di pulau ini juga terdapat Museum Arkeologi yang berisi barang peninggalan Belanda.

source : bripoin.com

Selanjutnya ada pulau Kelor, pulau ini dulunya bernama pulau Kherkof, di tengah pulau ini terdapat benteng yang dibangun pada abad 17 untuk menghadapi bangsa Portugis, benteng ini bernama Benteng Martello. Walaupun tidak terlalu besar namun pulau kelor memiliki pantai yang lebih luas dibandingkan Pulau Onrust dan Pulau Cipir, selain itu di pulau ini juga terdapat makam awak kapal dan Kapal Tujuh yang memberontak dan berakhir gugur di tangan Belanda.

source : phinemo.com

Dan yang terakhir ada Pulau Cipir, pulau yang letaknya hanya  berjarak 5 menit dari pulau Onrust ini merupakan Rumah Sakit Haji pada jaman Belanda dan sampai sekarang puing – puing bangunan masih bisa kita lihat keberadaanya. Tidak hanya berisi puing – puing bangunan bersejarah ditempat ini kamu bisa menikmati pemandangan dan beristirahat di saung – saung yang ada di Pulau Cipir ini.

Nah buat kamu yang kepo dan pengen tahu gimana sejarahnya ketiga Pulau ini kamu bisa  click www.pigijo.com untuk merencanakan perjalananmu Kawan Jo.

WordPress spam blocked by CleanTalk.