Jelajahi Gerbang Eksotisme Indonesia Timur, Flores!

0
26

Sudah siap menjelajahi eksotisme Indonesia timur? Yuk siapkan koper dan tas carrier untuk menjelajahi Flores. Destinasi ini cocok bagi kamu yang bosan dengan destinasi umum seperti di Bali. Berkembang pesat, sekarang Flores menawarkan pelayanan kelas mewah dengan harga yang bersahabat loh. Yuk kita mulai petualangan kita sekarang.

Hari 1

Kampung Ujung
Tiba dari Bandara Udara Komodo, kamu bisa langsung berburu sunset di Kawasan Kampung Ujung. Kampung Ujung adalah salah satu sudut di Labuan Bajo yang ramai setiap malamnya. Kenapa bisa begitu? Jawabannya sudah jelas karena kulinernya. Namun hal itu bukan satu-satunya alasan lho karena kebanyakan orang yang datang ke sini ingin menyantap makanan sambil menikmati keindahan tepi pantai ala kota pelabuhan.  Lampu-lampu yang menyala dari aktivitas pelabuhan menampilkan sebuah atraksi tersendiri.

Kuliner

Sea Food
Karena lokasinya berada di pinggir laut, maka menu-menu andalan di sini juga menyesuaikan. Jangan heran jika kamu bakal banyak menemukan penjual makanan laut. Beruntung deh jika kamu adalah salah satu pencinta seafood. Ada cumi-cumi, kerang, udang, kepiting dan berbagai olahan ikan laut. Tinggal pilijh saja yang sesuai dengan seleramu. Mau digoreng atau dibakar, semua bisa disajikan dengan rasa yang mantap, uhlalaa! Baiknya, ikan-ikan yang akan diolah akan dipajang di depan gerobak penjual.

Se’i
Selain sea food, Flores memiliki kekayaan kuliner yang otentik. Se’i merupakan salah satu kliner khas Flores. Se’i adalah daging sapi atau ayam asap. Ada juga daging asap babi untuk kamu yang non muslim. Daging asap ini nantinya disajikan dengan cara digoreng atau ditumis. Ada juga sambal segar khas Flores yang bisa kamu coba. Kamu bisa menemukan restoran yang menjadikan hidangan Se’I di sekitar pusat kota. Harganya bisa berkisar Rp 30.000 sampai Rp 50.000 untuk satu porsi.

Kue Rambut dan jagung Titi.
Selesai makan berat, yuk saatnya ngemil. Kamu bisa mencicipi kue rambut di toko oleh-oleh terdekat di Flores. Tekstur gurih dan renyahnya pasti bikin kamu kenyang. Selain kue rambut, ada juga camilan lezat bernama jagung titi. Camilan ini biasanya dinikmati bareng teh atau kopi sambil santai. Harga camilan ini bervariasi antara Rp 5.000 sampai Rp 10.000 per porsi.

Hari 2

Trekking ke desa Wae Rebo.
Tak main-main, kamu butuh fisik yang kuat untuk menuju Desa Wae Rebo. Butuh waktu sehari untuk menikmati desa di atas awan ini. Terletak di ketinggian 1.200 mdpl, desa ini sangat kental dengan budaya lokal yang menarik.

Kamu akan terpana dengan hijaunya pemandangan dari ketinggian. Di sini, kamu juga bisa belajar budayanya. Kehidupan masyarakat lokal seperti menenun, bertani, dan berkebun kopi bakal jadi pembuka mata yang hebat.

Untuk ke sini, pertama kamu harus menuju Desa Denge. Dari sana, kamu harus menempuh jalur trekking selama empat jam dengan medan bervariasi dari yang mulus hingga berbatu. Jangan menyerah, kamu pasti bisa! Untuk biaya akomodasi, semalam kamu bisa menginap dengan biaya  Rp 250.00 hingga Rp 350.000an.

Hari 3

Island Hopping –Labuan Bajo
Dari desa Wae Rebo, kamu bisa istirahat sebentar di pusat kota Flores. Setelah selesai, yuk kita jejalahi indahnya Labuan Bajo. Kamu bisa menumpang kapal wisata di sekitar pelabuhan atau agen wisata. Untuk island hopping, kamu bisa merogoh kocek sebesar Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 tergantung fasilitas.

Pulau Rinca 
Kamu bisa memulai perjalanan dengan mengunjungi pulau Rinca. Jika beruntung, kamu bisa bertemu dengan Komodo yang menakjubkan. Jangan dekat-dekat, hewan eksotis ini sangat beracun loh. Di pulau Rinca, kamu bisa menemukan aneka diving spot yang bisa kamu gunakan untuk snorkelling atau sekadar menikmati birunya lautan Labuan Bajo.
Terakhir, kamu bisa menginap di  pulau Padar jika kapalmu bersandar di dermaga pulau tersebut. Fantastis, pemandangan di sini sangat luar biasa dan sangat saying jika kamu lewatkan. Sunset di sini seperti lukisan mahakarya yang pantas dipajang di museum kelas dunia.

Hari 4

Pulau Padar
Di sini, kamu bisa eksplor salah satu pulau paling menarik di Flores. Pulau Padar mempunyai aneka hiking point dengan pemandangan yang menakjubkan. Kamu bisa melihat deretan pulau-pulau berjejeran dari atas pulau Padar. Jangan lupa untuk berselfie di belakang dua pulau kembar khas pulau Padar ini ya! Setelah dari pulau ini, yuk kembali ke pusat kota dan mencari souvenir untuk dibawa pulang!

Souvenir

Madu hutan flores
Selain rasanya yang manis, madu mempunyai khasiat penyembuh dan penambah tenaga. Beda dari yang lain, madu Flores terkenal dengan kehigenisannya dan kelezatannya. Satu botol bisa berkisar Rp 75.000 dengan ukuran 350 ml.

Anyaman
Flores terkenal dengan sentra kerajinannya yang menghasilkan produk berkualitas. Anyaman Flores menggunakan pucuk daun lontar yang kuat dan memiliki nilai seni yang tinggi. Kamu bisa membeli produk ini dalam bentuk tas, lembaran, atau goodie bag. Banyak sekali deh pilihannya.

Nah, dari sini, kamu bisa melanjutkan perjalanan pulang ke kota Flores untuk  menuju Bandara Komodo. Penuh petualangan, kamu pasti tak bisa melupakan perjalananmu menjelajahi eksotisme Indonesia Timur ini. Masih Ingin terinspirasi  dengan berbagai lokasi menarik lainnya? Kamu  bisa mengunjungi Pigijo untuk journey inspiration berikutnya.

WordPress spam blocked by CleanTalk.