Kenali Hipotermia

0
32

Ciri-ciri dan Gejala Hipotermia

Inilah tingkatan gejala Hypothermia :

► 37°C :Suhu Normal

► 36 – 35°C : Menggigil sampai bulu roma berdiri, tetapi masih terkendali. Gerak langkah menjadi lamban. Koordinasi tubuh mulai terganggu.

► 35°C : Apabila mencapai titik gawat, menggigil tidak terkendali lagi.

► 35 – 33°C : Pengambilan keputusan dan koordinasi tubuh kabur. Langkah kaki sering tersandung. Berbicara kasar.

► 33°C : Semakin menggigil. Denyut nadi dan tekanan darah mulai menurun.

► 32 – 29°C : Menggigil berhenti. Kebingungan meningkat. Meracau. Ingatan hilang. Gerakan tersentak-sentak. Pupil (bagian hitam mata) mulai membesar.

► 29 – 28°C : Otot menjadi kaku. Pupil membesar. Denyut nadi melemah atau tidak teratur. Tarikan nafas Melemah. Warna kulit kebiru-biruan. Tingkah laku kacau. Mengarah ke tidak sadar.

► 27°C : Pingsan. Pupil tidak lagi menjawab gerakan cahaya. Kehilangan gerakan gerakan spontan. Penderita kelihatan sudah meninggal.

► 26°C : Koma. Gawat. Suhu tubuh menurun dengan cepat.

► 20°C : Denyut jantung berhenti.

► 18°C : Dalam suhu tubuh ini korban masih bisa ditolong dengan penanganan yang segera dan intensif (rawat rumah sakit secepat mungkin). Bagi pendaki gunung hal ini agak sulit. Kenali gejalanya ya sobat IM.

Saran untuk sahabat IM, agar merasa lebih tenang dalam mendaki gunung ada baiknya menggunakan pemandu yang sudah berpengalaman dan memiliki sertifikasi sehingga dapat dengan mudah mengenali gejala hipotermia bila terjadi di rombongan pendakian. Kabar baik untuk sahabat IM, produk-produk Indonesian Mountains dapat di cek ke situs Pigijo.com atau download aplikasi Pigijo di Playstore. Stay Safe sahabat IM.

Sumber :

Penulis Nurman Saputra 

Berbagai Sumber

WordPress spam blocked by CleanTalk.