Kuliner Khas Labuan Bajo yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

0
208

Labuan Bajo merupakan salah satu daerah pariwisata yang berada di bagian timur Indonesia tepatnya di kabupaten Manggarai Barat, propinsi Nusa Tenggara Timur. Tempat ini terkenal dengan wisata Taman Nasional Komodo dan pantai – pantainya yang indah.  Bagi kamu yang baru pertama kali ke Labuan Bajo dan bingung mau makan apa, berikut ini rekomendasi makanan yang wajib kalian cicipi di Labuan Bajo.

  1. Se’i

Source: idntimes.com

Se’i atau daging asap merupakan makanan khas Labuan Bajo yang terbuat dari daging sapi. Makanan yang satu ini dimasak dengan kayu bakar yang berjarak jauh, yang mengingatkan kita akan salah satu masakan dari negeri ginseng. Daging bisa langsung dimakan dengan mengiris secara tipis dan akan lebih gurih jika dimakan dengan menggunakan sambal matang.

  1. Kolo

Source: abangnji.com

Kolo adalah merupaan sebuah nasi bakar berbumbu, kemudian cara memasaknya dengan cara dibakar selama kurang lebih 30 menit.  Biasanya nasi Kolo ini disajikan di atas piring beralaskan daun pisang dengan lauk seperti tuna bumbu kuning, udang balado, dan daun singkong rebus.

  1. Jagung Bose

Source: masakandapurku.com

Selanjutnya ada Jagung Bose, Jagung Bose adalah masakan khas di Labuan Bajo yang berbahan utama jagung dan kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kacang merah. Selain itu untuk menambah cita rasa gurih tidak lupa menambahkan santan kelapa dan bumbu penyedap rasa. Makanan yang satu ini selain sehat juga bergizi lho KawanJo, karena mengandung Karbohidrat sebagai pengganti nasi.

  1. Rumpu – Rampe

Source: otakbuntu.com

Rumpu rampe merupakan slaha satu masakan khas Labuan Bajo yang berupa tumisan daun pepaya, bunga pepaya, buah pepaya muda, jantung pisang, dan daun ubi. Selain itu untuk menambah cita rasa juga udang rebon sangrai, tomat, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan penyedap rasa, dengan bahan yang beragam dijamin akan menggoyang lidahmu KawanJo.

  1. Jagung Catemak

Source: ringkaskata.com

Terkahir ada Jagung Catemak, walaupun berbahan jagung juga namun masakan yang satu ini sama sekali berbeda dengan Jagung Bose. Jagung catemak adalah masakan yang berbahan dasar jagung dan di tambah dengan labu lilin dan kacang hijau. Walaupun tidak memiliki rasa manis sedikitpun, masakan yang satu ini patut untuk kamu coba KawanJo. Citarasa asin yang dominan ditambah dengan sepiring nasi putih depan mata dijamin akan membuat selera makanmu meningkat Jo.

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan yang wajib kamu cicipi di Labuan Bajo KawanJo. Jangan lupa klik www.pigijo.com ya buat melihat dna booking paket – paket liburan menarik!

WordPress spam blocked by CleanTalk.