Makanan Khas Halmahera, Nomor 4 Beri Cara Unik Menikmati Pisang
Lifestyle

Makanan Khas Halmahera, Nomor 4 Beri Cara Unik Menikmati Pisang

Berwisata ke Halmahera sambil menikmati masakan lokal khas Halmahera yang lezat akan menambah sensasi berlibur. Yuk dicoba Kawanjo!

Indonesia Timur memiliki pesona tiada duanya. Tak terkecuali tanah  Halmahera di Kepulauan Maluku. Pulau terbesar di Maluku ini memang terkenal sebagai surganya pantai dan laut. Sebab keindahan alamnya tenang nan menyenangkan. Ternyata tidak hanya cocok untuk berwisata, juga ada daya tarik sederet makanan khas Halmahera yang wajib Kawanjo coba.

Kuliner khas Halmahera yang disiapkan sepenuh hati

Berwisata sambil menikmati masakan lokal yang lezat akan menambah sensasi berlibur. Karena selalu bisa menjadi pendamping ideal untuk setiap perjalanan. Saat lapar menyerang, berwisata kuliner pasti jadi pilihan. Nah, mumpung di lokasi, menyantap produk kuliner Halmahera adalah pilihan tepat.

Baca juga : Pesan Paket Wisatanya Segera, Trip Asik ke Banda Neira

Berbagai ragam kuliner yang sangat lezat dan khas. Dari popeda ke pisang mulu bebe. Seolah menjadi harta karun berharga selain komoditi utama Halmahera yaitu pala dan cengkeh.

Sederet Makanan Khas Halmahera yang Wajib Kawanjo Tahu

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ada banyak kuliner Halmahera yang wajib dicicipi saat berwisata di sana. Di antaranya adalah:

  1. Popeda
Popeda Makanan khas Halmahera

Di antara banyaknya makanan khas Halmahera, Popeda memiliki tempat yang istimewa di tengah masyarakat.

Berbahan dasar tepung sagu, bubur kental ini sangat enak. Popeda biasanya dikonsumsi dengan saus ikan segar dengan rasa asam dan pedas. Tentu saja, ada juga banyak lauk yang berbeda.

Hidangan unik ini dapat dinikmati di warung popeda bersama dengan berbagai lauk lainnya. Misalnya seafood, tahu, tempe, sagu bakar, kasbi (singkong rebus), dan pisang masak.

Pisang yang sudah direbus cocok dengan popeda. Saat ini, ada berbagai tempat di Halmahera yang menjual  popeda. Di antaranya RM Popeda Gamalama di Pasar Terminal Gamalama dan Restoran Royal Ternate.

Baca juga : 7 Kue Khas Ambon dari Sagu, Teman Bersantai Menikmati Waktu

  1. Gohu Ikan
Gohu Ikan mirip dengan sashimi dari Jepang

Gohu ikan menjadi alasan sebagian wisatawan untuk mengunjungi Halmahera.  Dikenal sebagai Sashimi-nya Ternate,  gohu ikan yang terbuat dari tuna atau cakalang mentah ini sangat kaya protein dan omega-3. 

Bagi masyarakat Halmahera dan daerah Maluku lainnya gohu ikan biasa dimakan dengan popeda.  Cara membuatnya adalah daging ikan diiris kecil-kecil kemudian dilumuri garam dan lemon cui, sejenis jeruk nipis mini, untuk menghilangkan rasa dan aroma amis. Daging ikan tersebut kemudian diberi taburan cabai rawit, kenari, dan bawang merah yang telah ditumis.

Tahap selanjutnya, minyak goreng panas digunakan untuk mencuci kombinasi ikan yang sudah dibumbui. Jangan lupa sertakan juga daun kemangi dan balakama. Setelah beberapa saat diaduk, ikan gohu akhirnya siap disantap.

  1. Ikan Fufu
Ikan fufu siap dimasak menjadi makanan khas Halmahera

Halmahera memiliki banyak ikan sebagai hasil alamnya. Masyarakat sekitar pun kemudian mengolahnya menjadi makanan lezat penggugah selera. Ikan fufu namanya, hingga akhirnya menjadi makanan khas Halmahera favorit banyak orang.

Di Maluku, kata Fufu berarti dibakar atau diasap. Sesuai namanya, pengasapan adalah cara yang digunakan untuk mengolah ikan ini. Ikan  diasapi di bawah tungku kotak yang besar. Asap panaslah yang akan mematangkan daging ikan. Proses pembuatannya bisa memakan waktu hingga 4 jam.

Meskipun pengolahannya  nampak sederhana, rasanya sama sekali tidak hambar. Apalagi jika dipadukan dengan sambal colo-colo. Dijamin, nasi bakal cepat habis!

Ikan fufu juga cocok sebagai oleh-oleh khas Halmahera. Sebab proses pengasapan sudah termasuk cara mengawetkan ikan fufu. Jadi aman bila dibawa pulang.

  1. Pisang Mulu Bebe
Keripik Pisang mulu bebe makanan khas Halmahera

Pisang merupakan kekayaan alam di bumi Maluku termasuk Halmahera. Ada beberapa varietas seperti goroho, sepatu, pisang raja, tanduk, mulu bebe, dan lain-lainnya. Namun, pisang mulu bebe adalah jenis pisang yang hanya ada di Maluku. Belum ditemukan jenis ini di daerah Indonesia lainnya.

Pisangnya berbentuk panjang, kerucut yang mirip seperti mulut bebek. Oleh masyarakat sekitar, pisang  mulu bebe diolah menjadi makanan khas Halmahera yang unik. Yaitu sejenis pisang goreng, ada pula yang berbentuk keripik, yang dimakan dengan cara dicocol ke sambal dabu-dabu atau sambal ikan. Bila belum biasa memang aneh. Namun lama kelamaan akan merasakan nikmatnya.

Baca juga : Trip Wisata ke Ambon

Selain dimakan bersama sambal, pisang mulu bebe yang sudah matang diolah menjadi pisang santan. Sedangkan yang belum terlalu matang diolah  menjadi pisang goreng. Cocok untuk dinikmati bersama teh hangat, air jahe, atau minuman hangat lainnya.  Buah pisang mulu bebe juga biasa diolah menjadi tepung untuk kemudian diolah menjadi crackers atau biskuit.

Berwisata dan kulineran menjadi hal yang erat dan saling mendukung. Begitu pula jika mengunjungi tempat wisata di Halmahera. Sembari menikmati pesona pariwisatanya, akan lebih mengesankan bila sekalian mengeksplorasi rasa dengan menyantap makanan khas Halmahera. Kawanjo bisa mencoba beberapa makanan yang unik dengan cara anti mainstream di daerah ini. 

0 comments on “Makanan Khas Halmahera, Nomor 4 Beri Cara Unik Menikmati Pisang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version