Mengenal Alat Scuba Diving

5
148

Kali ini kita akan mengulas mengenai alat menyelam yang standar wajib digunakan untuk penyelaman, Scuba Diving merupakan kegiatan penyelaman dengan menggunakan alat bantu yang dapat membantu kita bernafas di bawah permukaan air. Alat-alat SCUBA (Self Contained Underwater Breathing Apparatus)  diciptakan agar manusia dapat lebih lama dan lebih dalam berada di bawah permukaan air. Yuk kita kenalan apa saja alat scuba diving yang dibutuhkan seorang penyelam.

(Sumber : Cintalaut.com)
  • Masker

Penglihatan di dalam air sangat buruk, maka diperlukan alat yaitu masker, dimana alat tersebut memberikan rongga udara antara mata dan air, sehingga penglihatan akan lebih jelas dan dapat melindungi terhadap iritasi air pada mata.

Sewaktu menyelam, masker akan mendapat tekanan hidrostatis, pemakaian masker tidak boleh terlalu ketat dan selalu melakukan equalisasi (penyesuaian tekanan) dengan menghembuskan udara ke dalam masker melalui hidung, maka hidung harus diikutsertakan ke dalam masker. Dengan alasan inilah kenapa goggle (kacamata renang) tidak dapat digunakan untuk menyelam, dilihat dari keragaman Kaca masker ada yang single, double, serta full face.

   

 

 (Wetsuit – Sumber : Google)

                         (Drysuit – Sumber : Google)
  • Wetsuit/Drysuit

Wetsuit atau drysuit adalah pakaian yang digunakan untuk menyelam, penggunaannya tergantung pada lokasi penyelamannya apakah cold water atau warm water. Pada warm water, wetsuit yang digunakan menggunakan bahan yang berlapis neoprene rubber. Bahan ini tidak waterproof atau anti air sehingga air dapat tembus. Drysuit digunakan pada cold water bahan yang digunakan adalah waterproof sehingga tubuh terlindungi dari dinginnya air saat menyelam. Adapun fungsinya memperlambat kehilangan panas tubuh karena adanya air hangat antara pakaian selam dan kulit serta melindungi tubuh dari goresan karang maupun sengatan biota laut.

 (Sumber : Google)
  • Bouyancy Compensator Device (BCD)

Saat melakukaan penyelaman, tubuh yang sebelumnya memiliki daya apung netral menjadi negatif, maka dari itu fungsi dari Rompi Apung atau yang disebut BCD adalah mengatur udara yang masuk kedalam rompi dan meningkatkan daya apung seseorang, begitu juga sebaliknya jika seorang penyelam ingin menyelam ke kedalaman maka hanya perlu mengurangi udara yang masuk di dalam rompi dengan cara mengeluarkannya.

(Sumber : Google)
  • Regulator

Regulator scuba adalah perangkat penyalur aliran udara yang dapat merubah udara bertekanan tinggi yang ada di tabung selam menjadi udara bertekanan sesuai dengan kebutuhan penyelam.

Regulator dibedakan menjadi 2 yaitu Open Circuit dan Closed Circuit. Open Circuit adalah regulator yang memiliki sistem dimana sisa udara dibuang keluar semuanya sedangkan Closed Circuit sisa udara disaring dan disirkulasikan kembali. Regulator jenis open circuit dipisahkan lagi berdasarkan kategori perubahan tekanannya pada model single hose dan double hose. Nanti kita ulas di artikel berikutnya ya Jo!

 (Sumber : Google)
  • Dive Computer

Dive Computer berfungsi untuk menunjukan tekanan udara, kedalaman air, dan suhu udara. Alat ini menjadi petunjuk berapa lama seorang penyelam dapat bertahan di dalam air.

 (Sumber : Google)
  • Tank

Tabung udara ini digunakan untuk bernafas di dalam air, tabung ini mempunyai berbagai jenis ukuran tergantung berapa lama seorang penyelam akan menyelam. Isi tabung adalah campuran udara yang dibutuhkan oleh paru-paru untuk bernafas. Umumnya tabung terbuat dari bahan baja dan alumunium Alloys, sedangkan volume dan tekanan dari tabung terdiri dari berbagai ukuran antara lain dengan volume 50, 71, 80, 100 cuft (cubic feet).

(Sumber : Google)
  • Pemberat (weight belt)

Sebenarnya saat seseorang masuk atau berenang di laut, berat jenis air laut lebih besar dibandingkan berat jenis tubuh manusia sehingga daya apung penyelam ketika memakai BCD akan berkurang maka dibutuhkan alat untuk tetap menjaga tubuh di bawah air, umumnya sistem pemberat menggunakan sabuk pemberat maka bagian gesper harus bekerja secara quick release atau mudah dilepaskan. Untuk berat dari weight belt sendiri bervariasi ada yang 2 pound (sekitar 1 kg) dan ada yang 3 pound.

(Sumber : Google)
  • Gauge Instrument (Pressure, deep)

Gauges Selam adalah indikator yang menunjukan jumlah udara oksigen yang ada di dalam tabung selam, selain itu juga berfungsi menunjukan kedalaman dibawah permukaan air, sebagai kompas, penunjuk tekanan udara, dan suhu udara saat menyelam.

(Sumber : Google)
  • Fins/Kaki Katak

Fins digunakan untuk menambah daya kayuh penyelam sehingga menambah laju pergerakan dalam air, bukan untuk kecepatan, teknik pemakaian ayunan kaki perlahan namun kuat serta santai.

Fins yang diindonesiakan dengan istilah “sirip selam” atau “kaki katak” diciptakan untuk memberi kekuatan pada kaki dan merupakan piranti penggerak. Fins bukan dibuat demi menambah kecepatan berenang namun menambah daya kayuh, jadi dengan bantuan fins kemampuan renang kita bertambah 10 kali lebih besar dibanding tanpa menggunakan fins.

(Sumber : Google)
  • Surface Marker Buoy
Surface marker buoy atau kerap disebut sosis yang bentuknya silinder panjang digembungkan lalu dilepaskan penyelam tujuannya memberitahu crew kapal bahwa penyelaman sedang persiapan akan naik ke permukaan sekaligus menandakan posisi kita berada dimana.  Sedangkan teknis pemakaian Surface marker buoy harus dikaitkan terlebih dahulu pada alat dive reel yang diikat tali nilon yang dapat digulung kembali.
Bagaimana Jo setelah dapat informasi mengenal alat scuba diving, jadi semakin tertarik untuk mencoba olahraga menyelam?
Untuk menambah ketertarikan dan wawasan Kawan Jo, kita ada artikel yang membahas tips pertama kali scuba diving atau kamu bisa mencoba diving langsung keindahan bawah laut di Amed Bali, kalau untuk detil produknya kamu cek di Pigijo.com  ya Jo.

Sumber :

http://www.pusatdiving.com/mengenal-alat-selam-dan-fungsinya/

https://mdcundip.com/scuba/

http://paradiseunpad.blogspot.com/p/peralatan-selam.html

Baca juga artikel terkait :

5 COMMENTS

WordPress spam blocked by CleanTalk.