Keindahan Tanah Papua

0
373

Photo by @jurajpanek on Instagram

Hello…

Papua adalah salah satu tempat yang sangat ingin aku kunjungi. Entah kenapa papua mempunyai daya tarik tersendiri untukku. Di ibartkan papua itu merupakan surga tersembunyinya Indonesia. Aku besar ditanah jawa yang segala sesuatunya sudah terpenuhi, beda halnya dengan tanah papua, segala sesuatunya sangat sulit untuk dipenuhi. Hal tersebut dikarenakan infrastruktur yang sangat tidak memadai sehingga segala keperluan masyarakat papua menjadi sulit. Begitu pula untuk urusan wisata. Berwisata ke papua akan memerlukan ongkos yang lumayan besar akan tetapi sekarang pembangunan sedang dilakukan ditanah papua. Jalan-jalan sedang dibangun guna mempermudah aksesibilitas segala bidang. Tanah papua sudah tersentuh pembangunan dan askes jalan yang mudah jadi sudah tidak ada  alasan lagi untuk tidak berkunjung ke tanah papua, bukan?

Kali ini aku akan membahas keindahan alam tanah papua. Salah satu destinasi wisata yang ada dipapua yang sangat ingin aku kunjungi adalah raja ampat. siapa sih yang tidak tau raja ampat? hampir seluruh masyarakat Indonesia maupun dunia mengakui keindahan raja ampat. Raja ampat memiliki biota laut yang sangat beragam, menurut The Nature Conservancy sebanyak 75% spesies laut dunia ditemukan di perairan Raja Ampat. Pada saat kalian menyelam diperairan Raja Ampat kalian akan ditemani oleh ribuan ikan dan juga penyu laut yang hidup bahagia diperairan Raja Ampat. Sebenarnya tidak ada waktu khusus untuk dapat menikmati keindahan laut Raja Ampat, namun jika kalian ingin lebih menikmati keindahan laut Raja Ampat kalian bisa datang pada waktu terbaiknya yaitu di bulan oktober dan november. Hal ini dikarenakan pada bulan tersebut cuaca di sekitar Raja Ampat sedang bagus dan air  yang sangat jernih membuat jarak pandang yang ideal saat kalian menyelam.

Photo by @jurajpanek on Instagram

Kalian juga wajib mengunjungi Taman Nasional Teluk Cendrawasih pada saat liburan di Papua. Walaupun dikatakan sebagai Taman Nasional akan tetapi luas dari taman nasional ini 90% nya adalah perairan. Maka tidak heran Taman Nasional Teluk Cendrawasih dijadikan kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia. Di sini hidup ratusan jenis moluska dan ikan. Tak jarang wisatawan yang menyelam di Taman Nasional ini akan ditemani oleh ikan hiu, lumba-lumba, penyu dan kura-kura. Di taman nasional ini  juga terdapat gua air panas dengan kandungan belerang yang dapat kalian kunjungi, gua tersebut berada di pulau Mioswaar yang merupakan salah satu pulau yang ada didalam taman nasional teluk cendrawasih. 

Selanjutnya da Danau Sentani. Danau  ini merupakan danau terbesar di Papua yang memiliki  luas sekitar 9.360 hektar. Danau sentani ini memilki keindahan yang sangat luar biasa dengan 21 pulau yang menghiasi danau dengan ketinggian 75 meter diatas permukaan laut. Didanau ini kalian dapat menyewa perahu untuk berkeliling danau, berenang dan memancing. Disini anda akan menikmati pemandangan deretan rumah panggung dengan jaring ikan sebagai penghias. Pada pertengahan bulan juni biasanya terdapat acara tahunan yaitu Festival Danau Sentani yang menyajikan bebagai pertunjukan seni dan budaya setempat.

Photo by @jurajpanek on Instagram

Selain untuk menikmati keindahan alamnya alasanku ingin mengunjungi tanah papua adalah ingin berinteraksi langsung dengan masyarakat disana. Tempat yang pas untuk menikmati keindahan ditemani oleh keramahan warga sekitar adalah Lembah Baliem. Lembah Baliem merupakan tempat tinggal  suku Dani, Yali dan Lani yang terletak di Pegunungan Jayawijaya. Suhu dilembah ini dapat mencapai 10-15 derajat Celsius dikarenakan tempat ini  berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Disini kalian dapat berinteraksi langsung  dengan suku asli yang masih  menggunakan koteka (pria) dan rok rumbai (perempuan). Tidak hanya di Danau Sentani di Lembah Beliem juga terdapat Festival Lembah Baliem yang ada dibulan Agustus. Festival ini menyajikan Tarian tradisional dan pertunjukan seni buda yang dibuat cerita. Pada festival ini kalian juga dapat membeli kerajinan tangan suku setempat.

Segitu aja dulu cerita tentang beberapa keindahan tanah papua. Jangan lupa gunakan pigijo untuk dijadikan teman traveling mu!

See Ya!

 

WordPress spam blocked by CleanTalk.