Menilik Warisan Budaya Tak Benda Belitung, Tarian Sapen dan Hadroh Gendang Empat

0
189

Belitung merupakan salah satu kota yang kaya akan budaya dan tradisi, tak hanya seputar tentang laskar pelangi namun dikota ini banyak destinais wisata yang perlu dikunjungi. Salah satunya wisata seni dan budaya KawanJo, yang sudah banyak dikenal masyarakat dan menarik untuk ditilik.

Source: kebudayaan.kemdikbud.co.id

Salah satu destinasi budaya yang wajib kamu tilik yaitu Tari Sepen, tarian ini sendiri merupakan tarian tradisional masyarakat kepulauan Belitung yang di terdapat unsur gerakan pencak silat. Tarian ini merupakan tari tradisional yang kental dengan budaya melayu, baik dari segi kostum, pengiring dan beberapa gerakan di dalamnya

Tarian Sapen ini merupakan salah satu tarian tradisional yang cukup terkenal di daerah asalnya yaitu khususnya daerah kepulauan Belitung. Tarian ini sering ditampilkan dalam festival budaya maupun penyambutan tamu besar dan para rombongan wisatawan yang datang kesana. Selain sebagai tarian hiburan, juga untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas akan kekayaan seni dan budaya yang ada di daerah Bangka Belitung.

Selain itu juga ada seni lain yang perlu kamu tilik dan ketahui KawanJo, yiatu Hadrah Gendang Empat. Kesenian dari Belitung ini juga sering disebut sebagai Gedunggu’ atau Gedunggut, Tari Hadrah Gendang Empat ini sendiri biasanya ditampilkan pada upacara adat pernikahan, pertunjukkan , dan acara – acara lainnya.

Nah itulah beberapa seni dan budaya Belitung yang wajib kamu saksikan, tidak hanya wisata alamnya saja yang bisa kamu nikmati tapi budaya dan seni yang tak kalah menarik untuk disaksikan!

WordPress spam blocked by CleanTalk.