Minimalisir Tersesat Saat Mendaki Gunung

0
31

Halo Sahabat IM..

Mendaki gunung kekinian menjadi trend yang sangat masif di kalangan milenial jaman now, merebaknya foto – foto menarik dan luar biasa yang hanya bisa di dapat saat mendaki gunung sehingga banyak milenial yang berburu konten untuk akun pribadi Instagram. Namun apa jadinya bila niat mendaki gunung tidak sesuai harapan karena tersesat sehingga harus terpisah dengan rombongan, nah berikut ini tips meminimalisir tersesat saaat mendaki gunung. Eeiiitss jangan lupa siapin camilan.

1.Persiapan yang Matang

Pada dasarnya mendaki gunung merupakan olahraga yang menguras tenaga, pikiran dan tentunya uang. sebelum kamu melakukan pendakian sebaiknya kamu persiapkan fisik dengan rutin berolahraga selama tiga minggu berturut – turut, mencari informasi selengkap – lengkapnya tentang karakter gunung yang akan menjadi pendakian kamu.

2. Jalur Resmi

Mendaki di jalur resmi salah satu meminimalisir tersesat di gunung, setiap gunung yang khususnya sudah berlabel Taman Nasional mengandung pengertian kawasan yang telah dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi. Jadi untuk jalurnya jelas terlihat, banyak dilewati pendaki, bukan jalur hewan lalu selain itu kamu sama juga berkontribusi dari uang yang kamu bayarkan untuk pengelolaan pengembangan Taman Nasional yang lebih baik.

3. Waktu pendakian 

Rencana perjalanan sangat penting disusun dengan tepat sehingga saat perjalanan dilakukan tidak keluar dari apa yang sudah ditetapkan. Ketika pendakian waktu yang ideal dilaksanakan diluar musim penghujan, lalu hindari pendakian di malam hari karena pendakian malam hari dapat membuat pendaki disorientasi dari jalur umum pendakian. Energi yang dibutuhkan pendaki pun relatif lebih besar, mengingat malam hari tumbuhan menghasilkan Karbondioksida (CO2)  dan menghirup Oksigen (O2) dilematis berebut oksigen dengan pendaki. Jadi mendakilah dari pagi hingga sore hari, jadikan malam untuk istirahat yang cukup.

4. Jasa Pemandu

Pendakian yang ideal dengan menggunakan jasa Pemandu yang pastinya tersertifikasi dimana Pemandu bersertifikasi standarnya memiliki kemampuan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), mengenal medan pendakian dengan baik, mengetahui spot foto terbaik bahkan tidak jarang Pemandu tersebut akan memberikan pengetahuan seputar survival.

Produk yang ada di Indonesian Mountains Pemandunya tentu tersertifikasi jadi Sahabat IM lebih nyaman ketika mendaki bersama Indonesian Mountains. Kini Sahabat IM bisa mengakses ke situs Pigijo.com atau download aplikasi Pigijo di Playstore untuk mengetahui produk apa saja yang tersedia dari Indonesian Mountains.

Sumber :

Penulis Medion Suryo Wibowo – Founder Indonesian Mountains

Berbagai sumber

WordPress spam blocked by CleanTalk.