Negeri Laskar Pelangi!

0
70

Selamat datang di Kepulauan Bangka Belitung! KawanJo, tau kan kalau Bangka dan Belitung adalah 2 pulau yang berbeda? Kali ini kita akan memulai perjalanan dari Belitung. Di hari ke 4, kita akan pindah berpetualang di Pulau Bangka. Sebagai informasi, untuk mencapai Bangka, kita bisa menggunakan dua alternatif transportasi, yaitu dengan pesawat yang membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam atau menggunakan kapal ferry dari pelabuhan Sadai di Bangka selatan menuju Pelabuhan Tanjung Rhu dengan waktu tempuh mencapai 12 jam. Tiket pesawat biasanya di kisaran harga Rp 500.000.Sedangkan ferry lebih terjangkau dengan harga Rp 95.000 untuk penumpang dewasa.

 

HARI 1  – Tiba di Belitung

Udara segar akan menyapa begitu kita menjejakkan kaki di Belitung ketika landing di Bandar Udara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin.

Danau Kaolin Biru

Dari bandara, destinasi pertama kita adalah Danau Kaolin Biru hanya berjarak 20 menit saja. Belitung adalah sentra pertambangan penghasil timah. Jangan geleng-geleng kepala dulu. Bekas galian timah ternyata disulap menjadi wisata alam yang sangat menarik loh. Sesuai namanya, danau yang satu ini berwarna biru dengan pantulan langit angkasa yang indah. Selain itu, kamu juga akan menemukan danau warna hijau tepat di sampingnya.

Danau Kaolin Biru cocok banget dikunjungi saat siang menjelang sore. Di siang hari, pantulan cahaya matahari membuat warna birunya terlihat jelas dan kontras dengan bebatuan putih di sekitarnya. Menjelang sore hari ke sunset, pemandangan yang ada tak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Gratis, kamu bebas mengunjungi lokasi ini kapanpun.Tapi tetap jaga kebersihan ya!

Pantai Tanjung Tinggi

Lokasi ini bisa kamu tempuh kurang dari satu jam dari Danau kaolin Biru. Di pantai ini, film legendaris Laskar Pelangi di buat. Kamu bisa merasakan backdrop mimpi anak-anak Belitung yang ingin mencapai cita-cita seperti di film tersebut. Pasir putih dan bebatuan granit yang unik akan menyambutmu begitu menjejakan kaki di sini. Cocok banget deh untuk relaksasi di waktu sore atau menjelang malam. Kamu tidak perlu membayar tiket masuk, cukup parkir saja.

Lokasi kuliner pilihan

Kamu bisa menemukan aneka seafood dan makanan khas di dekat bandara dan pusat kota. banyak juga pilihan chinese food yang bisa kamu nikmati di sini. Rekomendasi meliputi olahan ikan seperti Tenggiri bakar atau otak-otak tenggiri. Selain itu, kamu juga bisa mencoba pempek Bangka. Sekilas mirip pempek Palembang tapi penyajiannya berbeda.

Butuh istirahat? Kamu bisa bersantai di Kedai Kopi Tung Tau. Buka 24 jam, kamu tak perlu khawatir kedai kopi terkenal ini tutup. Harganya juga cocok bange tdi kantong. Kamu juga bisa membeli oleh-oleh berupa kopi khas dengan harga yang ramah di kantong. Kedai Kopi Tung Tau ini memang terkenal seantero Bangka Belitung.

 

HARI 2 – Island Hopping

Pantai Tanjung Kelayang

Destinasi ini terkenal di antara wisatawan domestik maupun mancanegara. Jika beruntung, kamu bisa melihat perahu yacht mewah yang datang dari berbagai negara. Sesampainya di sini, jangan lupa berfoto di depan formasi bebatuan yang mirip kepala burung Garuda. Perhatikan juga jadwal even internasional ya, biasanya pantai indah ini jadi venue untuk berbagai kegiatan internasional seperti Sail Wakatobi-Belitung.

Pulau Kepayang

Pulau ini terkenal dengan restoran seafood yang lezat. Setelah bermain menikmati terik matahari, lokasi ini cocok untuk rileksasi. Lunch sambil menikmati semilir angin pantai ditemani minuman air kelapa muda pasti bikin siapapun ngiler. Pulau Kepayang cocok jadi pitstop sebelum melanjutkan island hopping ke lokasi berikutnya.

Pulau Lengkuas

Perjalanan dari Pulau Kepayang menuju Pulau Lengkuas berkisar 30 menit sampai 1 jam tergantung cuaca. Di sini, kamu akan menemukan mercusuar besar yang Instagramable banget. Cocok banget deh jadi backdrop untuk selfie. Ssst, jangan lupa untuk menikmati Telaga Bidadari. Lokasi ini adalah danau kecil yang terbentuk ketika pasang. Nah, ketika surut, kamu bisa melihat deretan hewan reptil sedang berjemur loh!

Pulau Batu Berlayar

Butuh stok foto untuk media sosial? Kamu harus datang ke Pulau Batu Berlayar. Konon, pulau ini mendapat namanya dari formasi bebatuan yang menjulang tinggi di angkasa. Berasa di dunia lain deh kalau datang ke sini. Pulau ini cocok banget jadi penutup setelah seharian island hopping berkeliling Bangka Belitung.

Deretan pulau di atas bisa kamu jelajahi seharian. Harga island hopping tergantung dengan provider kapal yang kamu sewa. Tapi rata-rata untuk menyewa kapal dan menjelajahi 4-5 kapal memerlukan biaya sekitar Rp 500.000 sampai Rp 700.000-an tergantung kemampuan negomu.

 

HARI 3 – Snorkeling time!

Pulau Burung

Tak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang, hari ini kita main ke Pulau Burung. Pantai di sini airnya bening bak kaca. Berasa di Hawaii atau pulau tropis lainnya ketika di sini. Nah, spot snorkeling di sini menawarkan pemandangan indah yang tiada dua. Cocok deh bagi pemula.

Pulau Ketawai

Kamu akan menemukan arti dari Indonesia Negara Maritim di sini. Fauna bawah laut yang mengaggumkan bakal jadi hadiah yang manis untukmu. Keindahannya diklaim sebagai yang terbaik. Penyelam dengan segala keahlian bisa snorkeling dengan aman. Nah, makanya buktikan sendiri dengan mengunjungi pulau indah yang satu ini.

Pantai Parai Tenggiri

Kamu akan disuguhkan dengan keindahan laut Cina Selatan ketika snorkeling di sini. Selain itu, kamu juga bisa mencoba aktivitas bahari asyik lainnya seperti banana boat dan parasailing loh. Ada juga fasilitas memancing untuk kamu yang suka. Cocok banget jadi penutup setelah seharian snorkeling di Bangka Belitung.

Things to know.

Kamu bisa menghabiskan waktu seharian menjelajahi pulau-pulau di atas. Besaran tarif snorkeling berkisar antara IDR 25.000 hingga IDR 50.000 tergantung lokasi. Kamu bisa meminjam peralatan menyelam di sekitar pantai atau pulau destinasimu. Lebih baik lagi, sebelum merencanakan ini semua kamu sudah menyiapkan semua peralatan. Untuk kamu yang belum berpengalaman, sangat disarankan untuk menyewa jasa guide agar momen snorkeling makin asyik dan tak beresiko.  Jangan lupa untuk nego harga kapal yang biasanya di kisaran Rp 500.000 ya!

 

HARI 4 – Island Hopping Number Two

Hari ke 4 kita akan menjelajah Pulau Bangka. Yeeayy! Pilihan transportasi untuk menyeberang ke Pulau Bangka bisa disesuaikan dengan budgetmu.

Pantai Tongaci

Kamu bisa berkenalan dengan penyu di sini. Ya, Pantai Tongaci adalah lokasi penangkaran hewan langka ini. Selain itu, kamu juga bisa belajar banyak tentang habitat dan siklus hidup penyu di sini. Usai itu semua, kamu bisa menikmati hamparan pasir putih luas yang bikin pikiran jadi tenang.

Di sekitar pantai ini kamu bisa menemukan aneka seafood yang cocok sebagai santapan siang. Selain itu, kamu bisa main ke area De Locomotief untuk berfoto dengan dekorasi artistik di sini. Tepat di area Museum Garuda, kamu bisa sekalian melihat aneka buku dan dokumentasi yang berumur lebih dari 500 tahun lalu.

Pantai Tikus

Di Pantai Tikus kamu bisa menemukan tempat beribadah Vihara di atas bukit. Harus santun ya ketika memasuki area ini. Vihara Puri Agung ini menawarkan pemandangan indah karena letaknya yang tinggi. Jaga sopan  Nah, cocok juga nih bagi kamu pemburu foto senja yang menawan.

Tips & trik

Kamu bisa menghabiskan waktu seharian untuk menjelajahi dua pulau di atas. Untuk harga tentative karena menyesuaikan peak season turis. Biasanya, kamu bisa jalan-jalan dengan puas dengan menyewa kapal dengan biaya Rp 500.000-an.

 

Day 5 – Melihat eksotisme wisata bekas tambang

Danau Ampar Red Hill

Dari pusat kota Pangkal Pinang, Danau Ampar Red Hill bisa kamu tempuh dengan waktu kurang dari satu jam. Pertama menjejakkan kaki di sini, kamu akan berasa ada di Grand Canyon, Amerika Serikat. Bebatuan merah bekas tambang timah ini. Dengan pencahayaan yang pas, kamu bahkan bisa berasa seperti di permukaan planet Mars loh! Cocok banget bagi kamu yang ingin koleksi foto Instagram yang berbeda dari lainnya. Kamu tak perlu membayar biaya masuk jika ke lokasi ini.

Museum Timah Muntok

Selesai dari Danau Ampar Red Hill, museum keren ini bisa kamu capai dengan waktu kurang dari dua setengah jam. Di sini, Kamu bisa belajar sejarah peleburan material tambang di museum timah terbesar di Indonesia ini. Gedung ini juga sangat bersejarah dari 1915 dulu. Pas banget deh sebagai lokasi terakhir menikmati indahnya Bangka Belitung. Identitas Bangka Belitung sebagai kota tambang hadir dengan adanya Museum Timah Muntok. Tidak ada tiket masuk, kamu bebas mengunjungi museum ini.

 

See you on your next adventure!

Nah, bagi kamu yang ingin planning jelajahi Bangka Belitung, kamu bisa mencapi inspirasi dari Pigijo di laman Places. Ada banyak destinasi gratis yang bisa kamu kunjungi dari bangunan religi sampai air terjun tersembunyi yang indah.

Destinasinya  juga beragam seperti Vihara Dewi kwan Im, Kuil Dharma Suci, Air Terjun Jurak Insum Kepala Kawai, dan masih banyak lagi. Yuk wujudkan impianmu jelajahi bumi Laskar Pelangi!

WordPress spam blocked by CleanTalk.