Ngetrip ke Belitung? Ini 5 Destinasi Wajib Kamu Kunjungi

0
18

Satu lagi rising star dalam pariwisata Indonesia, Pulau Belitung, yang terkenal dengan keindahan lautnya, sedang bersolek untuk menyambut para traveller dari seluruh dunia. Selain kemolekan pantainya yang jernih, pasir putih halus dan susunan batuan indah di sepanjang pesisirnya, Belitung juga memiliki banyak keunikan lain yang pantas untuk dicermati. Keseharian penduduknya yang santai dan tenang, jauh dari hiruk pikuk kota besar dengan segala kemacetan dan kehidupan malamnya, dan masih mempertahankan kesederhanaan di setiap sudutnya, membuatmu dapat merasakan kehidupan masyarakat Melayu dan Peranakan yang otentik di sini.

Sebelum dijadikan latar belakang dalam novel dan film Laskar Pelangi, potensi wisata Belitung nyaris tidak terdengar dan kalah jauh dari tetangganya, Pulau Bangka. Meskipun sekarang masih memiliki keterbatasan fasilitas,  namun dapat dipastikan dalam beberapa tahun lagi Belitung akan menjadi salah satu tujuan wisata utama di Indonesia bagian barat.

Apapun jenis gaya travelling kamu, Pigijo Travel Planner siap membantunmu mewujudkan perjalanan impianmu dengan berbagai paket perjalanan menarik. Berikut beberapa trip referensi di lokawisata ini.

Berkeliling di Pulau Belitung

Bandar Udara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin, adalah gerbang masuk melalui udara ke Pulau Belitung. Selain penerbangan lokal dari Jakarta, bandara ini juga melayani penerbangan direct dari Kuala Lumpur dan Malaysia. Airport menyediakan free shuttle untuk menuju ke pusat kota Tanjung Pandan, sebagai alternatif yang lebih murah dibandingkan taxi bandara. Penyewaan mobil harian dan taxi online sudah dapat banyak dijumpai sekarang, untuk membantumu menjelajahi Pulau Belitung.

Island Hopping

Miniatur Raja Ampat adalah gambaran tentang keindahan dari pantai di kepulauan Belitung ini. Menurut banyak orang, kehalusan pasir pantainya  adalah yang terbaik di seluruh Indonesia. Lautan jernih dan dangkal dengan ombak yang relatif bersahabat, membuat snorkeling di perairannya terasa menenangkan dan aman. Ada beberapa pulau dan pantai yang terkenal di sini, salah satunya adalah Pulau Lengkuas yang terkenal dengan icon mercu suar tua yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1883. Pulau lain yang unik adalah Pulau Batu Berlayar yang berbentuk seperti sebuah kapal dari kejauhan dengan  batu-batu granit besar bersusun yang menyerupai bentuk layar kapal yang mengembang. Pulau Batu Garuda dan Pulau Pasir adalah pulau-pulau lain yang dapat kamu kunjungi juga, masing-masing memiliki ciri khas dan keindahannya sendiri.

Pulau-pulau ini dapat dicapai dengan perahu sewa yang bisa kamu temukan di Pantai Tanjung Kelayang dan Tanjung Binga. Atau kamu dapat menggunakan day tour yang sudah Pigijo persiapkan untuk membantumu mendapatkan ittinerary island hopping terbaik di Pulau Belitung.

Berpetualang di Pulau

Pulau Belitung yang kecil ini menyimpan banyak kekayaan alam dan tambang yang sayangnya tidak dipulihkan kembali setelah dieksplorasi. Salah satu sisa pertambangan yang menyebabkan “cacat” yang indah, adalah Danau Kaolin yang terbentuk dari sisa penggalian kaolin. Danau berwarna biru terang yang kontras dengan warna putih di sekitarnya, menghasilkan pemandangan spektakuler yang sekarang dapat kamu nikmati dari kapal-kapal kecil yang tersedia di danau,  dengan biaya Rp. 25.000 untuk sekali perjalanan.

Bukit Pangkuan di Belitung Timur adalah salah satu tempat agrowisata keluarga di Pulau Belitung. Tempat ini cocok untuk wisata keluarga, namun untuk pengalaman yang lebih menantang, kamu dapat melakukan trekking dari tempat ini ke beberapa spot menarik. Open Pit atau cekungan tambang hasil eksplorasi tambang timah berjarak sekitar 20 menit dari Bukit Pangkuan, membentuk sebuah danau indah berwarna kehijauan yang dikelilingi bukit tanah merah, menjanjikan pemandangan yang berbeda dengan Danau Kaolin. Di sekitar danau ini bisa ditemukan goa bekas tambang timah yang menuju ke pusat bumi, namun kamu dilarang untuk memasukinya untuk alasan keselamatan. Perjalanan menanjak dan melelahkan ke tempat ini akan terbayar oleh keindahannya, begitu kamu sampai di sana.

Kuliner yang harus dicoba

Dengan semakin terkenalnya Belitung, makanan khasnya pun mulai banyak dikenal oleh masyarakat, dan selama di sini kamu wajib merasakan makanan Belitung yang asli di tempat asalnya, rasanya berbeda dengan yang pernah kamu rasakan. Gangan, sup ikan dengan kuah kuning yang segar, dilengkapi sambal terasi pedas yang otentik dapat kamu temui di Rumah Makan Timpok Dulu di Kota Tanjung Pandan. Selain makanannya yang khas, dekorasi dan peralatan makannya juga masih mempertahankan tradisi. Tak hanya seafood-nya yang lezat, Belitung juga terkenal akan kedai kopinya. Jika kamu sering mendapati Kopi Kong Djie di tempatmu, cobalah kopi ini di kedai aslinya ditemani oleh cemilan khas yang sulit ditemui di luar Belitung. Dan satu lagi yang terkenal adalah Mie Atep, mie kuning dengan kuah udang manis yang segar, yang disajikan dengan es jeruk kunci, dijamin akan membuatmu ketagihan.

Indah, tenang dan family friendly, membuat Belitung menjadi tempat wisata yang cocok untuk keluarga, berpetualang bersama teman atau bersantai bersama pasangan. Berani travelling dan maknai perjalananmu bersama Pigijo Travel Planner, serta dapatkan pengalaman yang mengesankan.

 

Written by Melisa Oktavia

WordPress spam blocked by CleanTalk.