eksplor dieng, bukit sikunir, candi arjuna, telaga warna, kawah sikidang,
PigiUpdate

Paket Open Trip Murah, Eksplor Dieng yang Megah

Mau eksplor Dieng dan segala kemegahannya, tapi budget pas-pasan? Tenang, Kawanjo, nggak usah bingung. Open trip ini jawabannya!

Buat Kawanjo yang masih belum bisa menentukan nanti mau liburan ke mana, sini Minjo bantu. Kalau boleh kasih rekomendasi, Minjo sih akan sebut Eksplor Dieng!

Kenapa Dieng? Kawanjo tahu kan, Indonesia adalah negara yang dilewati garis khatulistiwa, oleh karenanya, Indonesia beriklim tropis & hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim panas.

Nah.. Dieng adalah destinasi wisata yang cukup berbeda dari daerah di Indonesia lainnya. Daerah dataran tinggi Dieng berada pada 1.600 sampai 2.100 meter dari permukaan laut, dengan arah aliran permukaan ke barat daya, menuju ke lembah Sungai Serayu. Melansir dari diengplateau.com, suhu udara harian di Dieng berkisar antara 12-20 derajat celcius pada siang hari. Sementara pada malam hari, suhu udara turun hingga menyentuh angka 6-10 derajat celcius. Hal ini tentu sangat berbeda dengan suhu rata-rata daerah di Indonesia. Apalagi kalau dibandingkan dengan suhu Jakarta. Hehehe. Jadi, Dieng pas banget nih buat kamu masukin wishlist liburan kamu untuk melepas penat kesibukan duniawi di kota.

Baca juga: Wisata di Dieng, Benarkah Bisa Menghapus Dosa?

eksplor dieng, bukit sikunir, candi arjuna, telaga warna, kawah sikidang,
Dataran tinggi Dieng yang terletak pada 1.600 hingga 2.100 meter dari permukaan laut membuat suhunya menjadi sangat rendah hingga 6-10 derajat celcius.

Tenang, Minjo nggak cuma kasih rekomendasi saja, kok. Minjo juga membawakan informasi lengkap mengenai open trip Eksplor Dieng yang bisa kamu ikuti! Jadwal keberangkatannya ada sepanjang tahun. Jadi, kamu tinggal sisihkan waktu terbaikmu saja. Harganya pun nggak bikin kantong teriak, hanya Rp700.000/pax untuk trip selama 3 hari 2 malam. Nih, Minjo spill itinerary-nya ~

Hari Pertama Eksplor Dieng

Di hari pertama ini kita akan bertemu di meeting point terlebih dahulu pada pukul 19.00 WIB, yaitu di Cawang Dewi Sartika. Sekitar pukul 20.00 WIB, setelah semua dinyatakan siap berangkat, kita akan memulai perjalanan ke Dieng.

Hari Kedua Eksplor Dieng

Sesampainya di Dieng, Kawanjo akan dipersilakan sarapan terlebih dahulu sebelum check in penginapan. Kemudian kita akan bersiap-siap untuk segera memulai tour Eksplor Dieng. Destinasi pertama yang akan kita singgahi adalah Kompleks Candi Dieng yang merupakan kelompok kompleks Candi Hindu abad ke-7. Tak hanya itu, kita juga akan mampir ke Kompleks Candi Arjuna dan candi-candi lainnya. Di objek wisata ini, Kawanjo bebas mengeksplor banyak hal mulai dari struktur bangunannya, hingga sejarahnya. Kawanjo juga dipersilakan untuk mengabadikan momen-momen manis dengan hunting foto di sana. Setelah puas, kita akan kembali ke penginapan untuk makan siang.

eksplor dieng, bukit sikunir, candi arjuna, telaga warna, kawah sikidang,
Candi Arjuna pertama kali ditemukan pada 1814 oleh tentara Belanda, Thedorf Van Elf.

Setelah makan siang, kegiatan akan kembali dilanjutkan. Destinasi selanjutnya adalah Dieng Volcanic Theatre. Lalu, kita akan menuju Telaga Warna, yaitu telaga yang warna airnya sering berubah-ubah. Terkadang telaga ini berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni seperti pelangi. Fenomena ini terjadi karena air telaga mengandung sulfur yang cukup tinggi, sehingga saat sinar Matahari mengenainya, maka warna air telaga tampak berwarna warni. Tak hanya sampai situ, kita akan melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya, yaitu Goa Semar, Goa Jaran, dan Batu Ratapan Angin. Di tempat-tempat tersebut, Kawanjo dipersilakan untuk eksplor sepuasnya dan hunting foto-foto menarik untuk kamu bagikan di media sosialmu!

eksplor dieng, bukit sikunir, candi arjuna, telaga warna, kawah sikidang,
Telaga Warna berukuran cukup luas dan dikelilingi pepohonan hijau nan rimbun disekitarnya. Tak hanya memancarkan pesona keindahan, Telaga Warna ini juga memanjakan wisatawan dengan berbagai spot dan aktivitas menarik.

Destinasi terakhir dalam rangka eksplor Dieng hari ini adalah Kawah Sikidang. Kawah Sikidang terbentuk dari letusan gunung berapi di kawasan Dataran Tinggi Dieng bertahun-tahun lalu dan berada di tanah yang datar. Di sana, Kawanjo bisa leluasa melihat lumpur panas meletup-letup dan gas atau asap yang berwarna putih pekat mengepul di udara. Cocok banget jadi background foto buat kamu share di Instagram kamu!

Setelah dari Kawah Sikidang, kegiatan eksplor Dieng hari ini telah selesai. Kawanjo dipersilakan untuk kembali ke penginapan, beristirahat dan makan malam. Kemudian Kawanjo akan kami berikan free time.

Hari Ketiga Eksplor Dieng

Sejak dini hari, Kawanjo sudah akan memulai kegiatan hari ini, karena destinasi pertama kita adalah Bukit Sikunir! Setibanya di sana, kita akan mendengarkan terlebih dahulu pengarahan untuk menanjak Bukit Sikunir. Sesampainya di atas nanti, Kawanjo akan disuguhkan indahnya sunrise Dieng. Inilah saatnya kamu buka ponsel atau kamera dan abadikan momen. Setelah puas, kita akan turun kembali ke bawah dan Kawanjo dipersilakan untuk menikmati jajanan Dieng. Sudah kenyang jajan, kita akan kembali ke penginapan untuk check out. Sebelum pulang, Kawanjo akan dipersilakan terlebih daulu untuk berbelanja oleh-oleh khas Dieng.

eksplor dieng, bukit sikunir, candi arjuna, telaga warna, kawah sikidang,
Bukit Sikunir adalah “primadona”-nya Dieng. Bukit ini adalah tempat berkumpulnya para sunrise chaser.

Perjalanan pulang akan segera dimulai. Di tengah perjalanan, Kawanjo akan dipersilakan untuk makan siang terlebih dahulu, sebelum perjalanan dilanjut kembali hingga tiba di Jakarta, dan trip dinyatakan selesai.

Baca juga: Senang dan Kenyang, Makanan Khas Dieng Enak Disantap Sambil Berwisata

Nah, itu dia itinerary perjalanan eksplor Dieng selama 3 hari 2 malam bersama Pigijo. Gimana menurutmu, Kawanjo? Asyik, kan? Dengan harga yang nggak sampai sejuta, kamu bisa mendapatkan experience Negeri di Atas Awan, Dieng.

Harga tersebut juga termasuk:

  1. Transportasi AC PP
  2. Driver
  3. Tol
  4. Parking Homestay
  5. Makan
  6. Air mineral
  7. Kopi dan teh
  8. Retribusi wisata
  9. Perijinan wisata
  10. Dokumentasi
  11. Tour Leader
trekking gunung batur

Well, masih banyak banget lho paket wisata menarik lainnya yang menanti Kawanjo. Mulai dari wisata DSP (Destinasi Super Prioritas) seperti Bali, Danau Toba, Borobudur, Gunung Prau, dan Labuan Bajo, hingga menggali kekayaan budaya dan merasakan pengalaman unik di desa wisata. Semuanya ada di Pigijo!

0 comments on “Paket Open Trip Murah, Eksplor Dieng yang Megah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.