Oleh-oleh makanan khas Manokwari
Lifestyle

Pantang Pulang Sebelum Beli Oleh-oleh khas Manokwari 

Oleh-oleh makanan khas Manokwari ibukota provinsi Papua Barat ini memiliki banyak jenis makanan yang bisa dibeli untuk oleh-oleh. Simak dalam artikel ini Kawanjo!

Jalan-jalan sambil bernyanyi, jangan lupa senyum bahagia. Jalan-jalan ke Manokwari, jangan lupa beli bagea. Dari pantun barusan kita mau kasih tau tentang oleh-oleh khas Manokwari yang bisa kamu beli saat berwisata ke Papua.

Selesai cuci mata di kota Manokwari, Papua, tak akan terasa lengkap bila belum membeli buah tangan. Terdapat berbagai oleh-oleh makan khas Manokwari yang bisa dibeli di sana untuk dibawa pulang ke tempat masing-masing.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Manokwari yang Unik

Jangan khawatir bingung membeli apa, sebab di ibukota provinsi Papua Barat ini terdapat banyak jenis makanan khas Manokwari yang bisa dibeli untuk oleh-oleh. Di antaranya adalah:

  1. Roti Abon Gulung
roti abon Manokwari

Oleh-oleh makanan khas Manokwari seperti roti abon rol dapat dibeli sebagai buah tangan. Hidangan ini adalah jenis roti gulung yang diisi dengan abon. Rasanya enak, teksturnya lembut.

Baca juga : makanan khas Papua udang selingkuh

Roti abon gulung ini ditaburi biji wijen, daun bawang, dan potongan kecil daging di bagian luarnya. Abon roti gulung banyak tersedia di toko roti Papua.  

  1. Martabak Sagu
Martabak sagu jadi oleh-oleh khas Manokwari

Papua adalah penghasil sagu terbanyak. Karena itu masyarakat berlomba mengolahnya menjadi berbagai bentuk produk kuliner. Yang satu ini adalah jenis gorengan berasa manis. Martabak sagu namanya. 

Sagu dihaluskan dengan air kemudian digoreng. Setelah matang diberi gula merah atau gula aren. Di Papua, kue ini digunakan untuk menjamu tamu yang datang.

Kue khas Manokwari

  1. Sagu Lempeng
Sagu lempeng salah satu oleh-oleh khas Manokwari

Satu lagi olahan dari sagu. Kali ini adalah jenis kue kering yang menjadi oleh oleh khas Manokwari. Namanya adalah sagu lempeng.

Bila martabak sagu diolah dengan cara digoreng, sagu lempeng dibuat dengan cara tepung sagu dipanggang. Sebelumnya adonan dibentuk menjadi lempengan kecil berbentu persegi panjang. Kemudian ditaburi dengan kelapa parut. 

  1. Kopi Papua
kopi khas Manokwari

Oleh-oleh kuliner khas Manokwari selanjutnya adalah kopi Papua. Karena rasa dan aromanya yang luar biasa, hasil alam Papua ini terkenal di kalangan penikmat minuman hitam ini. Kopi Papua adalah kopi organik berjenis arabika dengan kualitas terbaik. Hasil dari perkebunan di dataran tinggi Papua dapat diproduksi di daerah dataran tinggi dengan tanah yang sangat subur.

  1. Kue Bagea
Bagea khas Manokwati Papua

Selanjutnya ada kue bagea yang dapat dibawa pulang dari Papua. Yaitu satu lagi kue kering dengan bahan dasar tepung sagu.

Perpaduan tepung kenari dan tepung sagu yang digunakan pada kue bagea memberikan tekstur yang sangat padat namun gurih. Setelah jadi, kue bagea enak dinikmati sambil menyeruput minuman hangat.

Oleh-oleh makanan khas Manokwari

  1. Sarang Semut
sarang semut khas Manokwari

Bukan arti sebenarnya, ya. Bukan sarang semut berupa tanah berongga yang bisa dikonsumsi. Namun makanan ini adalah sejenis tumbuhan benalu yang memiliki umbi mirip penampakan sarang semut. Tumbuhan ini banyak ditemukan di Manokwari Papua. Penduduk biasanya mengonsumsi untuk campuran bubur.

Baca juga : danau tertinggi di Papua

Ternyata tumbuhan sarang semut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.  Jenis buah tangan ini termasuk obat tradisional untuk sejumlah penyakit, mulai dari kolesterol hingga rheumatoid arthritis dan kanker.

Adapun cara menikmati sarang semut adalah dengan merebusnya. Kemudian air rebusannya diambil untuk diminum.

  1. Kue Lontar
kue lontar Manokwari

Oleh-oleh khas Manokwari selanjutnya adalah kue lontar. Kue lontar sebanding dengan pie susu terkenal di Bali. Disebut kue lontar karena wadah yang digunakan untuk mengolahnya terbuat dari daun lontar.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue lontar adalah telur, gula, tepung, dan susu memberikan rasa yang manis dan otentik. Kue lontar sangat cocok dinikmati sambil bersantai menikmati secangkir teh atau kopi.

Buah khas Manokwari

  1. Buah Merah
buah merah khas Manokwari

Karena manfaatnya juga banyak bagi kesehatan, buah merah menjadi salah satu oleh-oleh yang dicari wisatawan. Di sejumlah besar daerah Papua, buah merah adalah tanaman yang banyak tumbuhnya. Penduduk di sekitar mengonsumsi buah ini dengan memakan langsung atau merebusnya terlebih dahulu.

Selain membeli buahnya, pengunjung bisa mencoba olahannya. Yaitu berupa sirup atau madu.

Baca juga : wisata di Papua danau Sentani

Sudah tahu, kan  oleh oleh makanan khas Manokwari apa sih yang akan dibeli. Karena sekali pergi ke Manokwari, pantang pulang tanpa oleh-oleh.

0 comments on “Pantang Pulang Sebelum Beli Oleh-oleh khas Manokwari 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version