Pantangan Warga Tionghoa Sebelum dan Saat Perayaan Imlek

0
117

Imlek merupakan perayaan bagi seluruh warga Tionghoa di Indonesia. Dalam perayaan Imlek, ada beberapa pantangan yang sebagian besar di percayai sampai saat ini. Jika mereka melakukan hal tersebut, akan mengurangi peruntungan bagi mereka di tahun ini. Apa aja ya pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh masyarakat Tionghoa sebelum dan saat perayaan Imlek? Cek this out!!

  1. Pantang Makanan Bubur

Pantangan pertama adalah bubur nih Kawanjo. Jadi yang terbiasa sarapan pake bubur, lebih baik dijauhin dulu deh yaa pas Imlek hehehe. Katanya sih bubur menjadi makanan yang pantang disajikan ketika Imlek. Bubur dianggap sebagai simbol kemiskinan. Emang Kawanjo mau abis perayaan Imlek, besoknya langsung ga bisa beli makan gara gara ga punya uang

  1. Dilarang Membalik Ikan Saat Menyantapnya

Ada ga sih yang bisa makan ikan tapi ga boleh dibalik, hmm pasti ribet tuh ya? Menyantap ikan mungkin menjadi hal yang biasa saat perayaan. Tapi berbeda jika dilakukan saat Imlek. Dalam tradisi Imlek Anda dilarang mengambil daging ikan pada bagian bawah, tidak hanya itu Anda juga diharuskan menyisakan ikan yang Anda santap untuk dinikmati keesokan harinya. Masyarakat Tionghoa percaya kalau kebiasaan ini merupakan lambang dari nilai surplus untuk tahun yang akan datang.

  1. Jangan mencuci pakaian dan rambut.

Siapa yang disini paling ga suka sama rambut lepek? Kalo gw sih suka banget sama yang namanya keramas atu cuci rambut. apa lagi kalo mau ada acara pasti rambut harus tetep on point kan hahaha? Tapi kalau Kawanjo ngerayain Imlek, pasti Kawanjo tau deh kalau ada pantangan untuk tidak boleh mencuci rambut dan juga pakaian saat perayaan Imlek. Orang tidak mencuci pakaian pada hari pertama dan kedua, karena dua hari ini dirayakan sebagai hari ulang tahun Shuishen (Dewa Air). Rambut tidak boleh di cuci pada hari pertama tahun baru. Dalam bahasa Cina, rambut memiliki pengucapan yang sama (dan memang memiliki karakter yang sama) dengan fa in facai, yang berarti ‘menjadi kaya’. Oleh karena itu, dipandang bukan hal yang baik untuk ‘menghanyutkan kekayaan seseorang’ pada awal Tahun Baru.

  1. Hindari minum obat

Pantang bagi seseorang untuk menyeduh jamu atau minum obat pada hari pertama tahun ini, jika tidak diyakini ia akan sakit selama setahun penuh. Di beberapa tempat di negaranya, setelah bel pengumumaan Tahun Baru di tengah malam Hari Tahun Baru, orang sakit memecah gallipots mereka (pot obat) dengan keyakinan bahwa kebiasaan ini akan mengusir penyakit di tahun mendatang.

  1. Hindari meminjam uang 

Duhh duh untuk yang satu ini rentan banget Kawanjo. Imlek Tahun 2020 jatuh di tanggal tua ya, jadi gw mau ingetin nih untuk jangan ngutang deh. Hidup secukupnya sebelum hari raya Imlek supaya nanti pas Tahun baru bisa keluar bersama keluarga. Dipercaya uang tidak boleh dipinjamkan pada Hari Tahun Baru, dan semua hutang harus dibayar pada Malam Tahun Baru. Jika ada seseorang yang berutang uang kepada Anda, jangan pergi ke rumahnya untuk menuntutnya.  Siapa pun yang melakukannya dikatakan akan beruntung sepanjang tahun.

WordPress spam blocked by CleanTalk.