Pasar Terapung: Destinasi Wajib yang Harus Kamu Kunjungi di Kalimantan Selatan!

0
177

Ke Kalimantan ga seru kalo gak dateng ke Pasar Apung KawanJo, nah Pasar Apung sendiri itu apa sih? Pasar apung  merupakan sebutan untuk sarana jual beli yang terletak di atas perairan seperti sungai atau juga danau. Untuk proses transaksi sendiri para penjual dan pembeli berada di atas perahu-perahu.

Nah di Kalimantan Selatan ada salah satu pasar apung yang wajib kamu kunjungi KawanJo, nama pasar apung tersebut yaitu Muara Kuin. Pasar yang juga refleksi  dari budaya orang Banjar ini sudah ada sejak 400 tahun yang lalu ketika perdagangan masih menggunakan sistem barter KawanJo, unik bukan? Gak hanya itu pasar ini juga merupakan gambaran pola hidup masyarakat yang tinggal

Source: tempo.com

Buat kamu yang pingin kesini kamu bisa datang ke muara Sungai Kuin yang terletak di kecamatan Banjarmasin Utara, Kalimantan Selatan. Tidak hanya menggunakan perahu traditional dalam bertransaksi namun juga ada klotok atau perahu bermesin dalam pasar yang satu ini KawanJo.

Barang dagangan yang diperjual belikan pun beragam KawanJo seperti sayur mayur, buah-buahan, dan hasil kebun sepanjang sungai Barito lainnya. tak hanya sayur aja KawanJo di pasar yang satu ini juga tersedia berbagai lauk pauk seperti ikan, tak luput juga kebutuhan rumah tangga, dan kue tradisional.

Source: twisata.com

Pasar ini mulai beroperasional sekitar habis subuh hingga jam 09.00 WITA, dalam proses transaksi beberapa pedagang masih menggunakan sistem barter lho yang dalam bahasa banjar disebut bapanduk, unik bukan? Tak hanya jarang ditemukan sistem yang satu ini juga sudah ditinggalkan oleh penggunakan kan KawanJo.

Uniknya lagi di pasar terapung ini ada istilah yang disebut sebagai dukuh atau pembeli dari tangan pertama, dan juga ada Penyambangan yaitu pembeli yang menjual kembali dagangannya kepada pembeli terakhir. Saat pasar bubar akan ditandai dengan para pedagang yang mengayuh perahu masing-masing meninggalkan lokasi pasar, pergi menyusuri anak sungai untuk menawarkan dagangannya yang belum terjual kepada penduduk.

Source: suara.com

Untuk menjangkau tempat ini pun tak sulit KawanJo, kamu bisa menaiki angkutan darat dari kota Banjarmasin menuju Desa Alalak atau juga lewat jalur air dengan menggunakan klotok atau perahu mesin sekitar 45 menit. Di tempat ini kamu juga bisa menikmati beberapa sajian kuliner yang di jual dipadu pemandangan khas kota Banjarmasin. Nah gimana KawanJo menarik bukan? Nah jangan lupa klik www.pigijo.com untuk paket trip menarik pilihanmu ya!

WordPress spam blocked by CleanTalk.