Kebun Wisata Pasirmukti Citeureup Bogor
Local Experiences

Pasti Puas, Ternyata ini Aktivitas di Kebun Wisata Pasirmukti Citeureup Bogor 

Berwisata sekalian ajak keluarga untuk wisata di Kebun Pasirmukti Citereup Bogor, Apalagi jarak dari Jakarta ke lokasi cukup ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam. Menarik bukan Kawanjo!

Kawanjo pasti sepakat bila pedesaan memberi rasa tenang dan damai. Pemandangan hijau nan alami luas terbentang, menghasilkan udara segar minim kotoran. Kondisi khas ini mampu mengurai benang ruwet hasil pintalan kesibukan perkotaan. Ternyata, tak jauh dari Jakarta ada  satu objek wisata keluarga yang populer. Tepatnya di daerah Bogor, bernama kebun wisata Pasirmukti Citeureup. 

Berada di wisata di Citeureup Bogor ini, Kawanjo akan disuguhi view khas pedesaan Jawa Barat. Lengkap dengan rumah – rumah tradisional dan keramahan penduduk sekitar. Sangat jauh berbeda dengan situasi perkotaan ibu kota yang tak henti sibuknya. Walau terkesan damai, di kebun wisata Citereup, Kawanjo bisa melakukan banyak sekali kegiatan wisata yang seru dan menyenangkan. 

Sejarah Singkat Kebun Wisata Pasirmukti Citeureup Bogor

berkunjung ke Kebun Wisata Pasirmukti Citeureup Bogor

Adalah Emily Turanggan, seorang lulusan Fakultas Pertanian UGM  yang melakoni kegemarannya dalam berkebun dan bercocok tanam sejak 1979. Beliau menanam banyak jenis tumbuhan seperti beragam anggrek di lahan seluas tak sampai 4 hektar. 

Baca juga : Wisata ke Cimory Dairyland Bogor

Seiring berjalannya waktu, lahan untuk berkebun jadi semakin luas. Bu Emily membeli lahan pertanian milik petani di sekitar kebun beliau.   Hobi bercocok tanam pun terus berkembang, hingga akhirnya kebun yang luas ini menjadi objek agrowisata rekreasi keluarga yang dikelola secara profesional di bawah naungan PT. Kebun Pasirmukti. Dan mulai dibuka untuk umum pada tahun 2001.

Daya Tarik Wisata Kebun Pasirmukti Citeureup Bogor

Daya Tarik Wisata Kebun Pasirmukti Citeureup Bogor

Tidak main-main. Dengan tujuan memperkenalkan dunia pada visi pertanian kepada masyarakat umum, terutama bagi generasi muda, kebun wisata Pasirmukti ini mempunyai banyak keunggulan. Daya tarik wisata di Citeureup Bogor terbukti mampu menarik pengunjung wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara. 

Di antaranya adalah :

  1. Wisata alam 
Wisata alam Kebun Wisata Pasirmukti Citeureup Bogor

Kebun wisata ini merupakan lahan kebun terbuka yang hijau, asri, dan bersih. Bersifat ramah lingkungan dengan aneka ragam tumbuhan yang menambah stok udara bersih. Dengan luas sekitar 15 ha, kebun wisata ini diklaim mampu menampung sampai 3000 orang. 

Baca juga : Trekking curug Bogor

Di sini, Kawanjo dan pengunjung lainnya bisa melakukan kegiatan di alam terbuka. Seperti memancing, menanam padi, membajak sawah, bermain di arena kolam lumpur, memberi makan kambing, menangkap ikan, dan lainnya.  

Pastinya Kawanjo menikmati semua aktivitas yang sebagian besar tak bisa dilakukan di kota itu. Apalagi anak-anak yang menyukai hal-hal baru dan berhubungan dengan alam bebas. Akan jadi pengalaman liburan yang tak terlupakan bagi mereka. Pssst… Kawanjo juga, kan?

  1. Wisata edukasi
Wisata edukasi Kebun Wisata Pasirmukti Citeureup Bogor

Menilik visinya, tempat wisata di Citeureup Bogor ini memanfaatkan pertanian sebagai objek untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman. Sehingga sembari rekreasi, juga sekaligus bermanfaat untuk menanamkan nilai edukasi. Terutama pada anak-anak yang berkunjung. Contohnya adalah kegiatan alam yang dijelaskan sebelumnya. 

Baca juga : Edukasi cara pengolahan susu sapi di Bogor

Bila melakukan kegiatan – kegiatan di atas, tak perlu khawatir salah cara! Sebab setiap kegiatan memiliki seorang pemandu yang sudah berpengalaman. Sehingga selain bisa menjadikan suasana semakin terasa lebih menyenangkan, pemandu sebenarnya juga telah mengedukasi pengunjung.

Selain itu, Kawanjo juga diajak memperluas pengetahuan. Dengan kegiatan menanam buah dalam pot, merawat dan memperbanyak tanaman, mengenal berbagai macam ikan air tawar dan memperkenalkan unggas, tanaman obat, produksi sirup dan selai, tanaman hidroponik, dan lainnya.

Tak cukup sampai disitu. Kawanjo akan melakukan praktek membuat biopori, mempelajari ekosistem dan peduli lingkungan. Menerima penjelasan jenis-jenis sampah dan daur ulang serta pengetahuan bahaya penggunaan plastik. 

Lengkap dan padat, bukan?

  1. Wisata keluarga
Wisata keluarga Kebun Wisata Pasirmukti Citeureup Bogor

Dapat dipastikan, dengan segala kegiatan yang bisa dilakukan, Kawanjo bisa mengajak keluarga untuk wisata di Kebun Pasirmukti Citereup Bogor. Apalagi jarak dari Jakarta ke lokasi cukup ditempuh dalam waktu 1 jam.

Beserta keluarga yang bisa jadi usianya bervariasi, Kawanjo bisa menikmati alam yang indah. Dengan pohon – pohon buah dan pondokan  bergaya Minahasa. Di sana juga terdapat kolam renang, kolam pancing, dan sawah. Kebun Pasirmukti juga menyediakan area untuk kemping, olahraga outdoor, serta playground untuk anak.

Baca juga : Paket wisata keluarga jelajah Malang Batu Bromo

Bila puas beraktivitas, perut lapar perlu segera dipadamkan. Ada Bakudapa Garden Cafe. Jika ingin mencari oleh-oleh juga bisa dilakukan di toko yang berada di dalam area. 

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Kebun Wisata Pasirmukti Citeureup Bogor? Kawanjo dan keluarga pastilah ingin segera menghabiskan waktu berkualitas sampai puas di sini!

0 comments on “Pasti Puas, Ternyata ini Aktivitas di Kebun Wisata Pasirmukti Citeureup Bogor 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version