Perjalanan tak terlupakan ke Bromo – Baluran – dan keindahan Blue Fire di Kawah Ijen!

0
106

DAY 1 : Sampai di Stasiun Malang pada siang hari, melanjutkan perjalanan ke Rawon Tessy untuk makan siang. Seporsi nasi rawon dan teh hangat hanya seharga Rp 22.000. Kemudian setelah makan siang, langsung menuju penginapan untuk beristirahat. Perjalanan dilanjutkan pukul 11 malam menuju Bromo Tengger Semeru dengan menggunakan Jeep. Lama waktu tempuh Malang-Bromo kurang lebih 1 Jam.

 

DAY 2 : Setelah dari Bromo, kembali menuju ke penginapan untuk istirahat. Dilanjutkan dengan wisata kuliner di Malang. Yang pertama harus dikunjungi adalah Bakso Bakar Pak Man, dengan harga Rp 20.000/porsi (10 butir). Dilanjutkan dengan bersiap dinner di Javanine Resto. Sebuah Restaurant bergaya modern dengan kesan mewah dan elegan dengan harga makanan dimulai dari Rp 30.000/porsi.

DAY 3 : Sebelum melanjutkan perjalanan, terlebih dahulu sarapan di Pecel Winongo, dengan harga satu porsi Rp 10.000. Setelah itu melanjutkan trip menuju Air terjun Coban Rondo dan Labirin Coban Rodo dengan waktu tempuh selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu dilanjutkan makan siang di Pupuk Bawang ditemani pemandangan sawah yang sangat luas dan live musik yang mengalun indah. Harga makanan disini adalah Rp 75.000/porsi. Kemudian dilanjutkan dengan wisata malam dan jajanan kuliner di Alun Alun Kota Batu, salah satunya PosKetan Legenda Batu. Harga satu porsi ketan kurang lebih sekitar Rp 8000

DAY 4 : Menuju Baluran Banyuwangi. Perjalanan kali ini disiapkan untuk berkemah, jadi siapkan alat camping dan makanan secukupnya.  Disarankan perjalanan dilakukan pagi hari sekitar pukul 01.00 dini hari. Lama waktu tempuh sekitar 7 jam perjalanan. Setelah menghabiskan waktu di Baluran dilanjutkan langsung menuju Kawah Ijen untuk bersiap camping.

DAY 5 : Perjalanan menuju Blue Fire dan Kawah Ijen akan di mulai pada pukul 02.00 dini hari. Blue Fire yang terdapat di Kawah Ijen hanya ada 2 di dunia. Pendakian berkisar 3-4 jam untuk sampai di Blue Fire. Setelah turun dari Kawah Ijen, dilanjutkan beristirahat di Camping Ground. Lalu melanjutkan perjalanan menuju Pantai Pulau Merah sebagai destinasi Camping Ground berikutnya dan bersiap untuk melihat sunset di Pantai Pualu Merah.

DAY 6 : Hari terakhir perjalanan dilanjutkan menuju Air Terjun Bidadari dan camping ground terakhir yaitu Pantai Teluk Hijau untuk melihat sunset.

DAY 7 : Perjalanan pulang menuju Stasiun Kota Malang

Tips and Trik :

  1. Lakukan perjalanan ini diantara bulan April-Agustus untuk menghindari bad weather di Indonesia seperti hujan
  2. Lakukan pencarian info terkait camping ground destinasi terkait (Kawah Ijen, Pantai Pulau Merah, Pantai Teluk Hijau)
  3. Gunakan rental mobil selama melakukan perjalanan
  4. Mempersiapkan perlengkapan secara lengkap tapi tidak berlebihan terutama untuk Camping, seperti tenda, matras, sleeping bed dan selimut. Atau untuk mempermudah kalian bisa menyewa alat tersebut di penyewaan alat camping yang tersedia
  5. Bawa makanan dan minuman secukupnya untuk mengurangi biaya tambahan selama perjalanan
  6. Persiapan fisik sebelum melakukan petualangan panjang selama Trip Jawa Timur
WordPress spam blocked by CleanTalk.