#Pigijopeduli Pengerajin Batik Madura

1
71

Apa sih program #Pigijopeduli ?

Melihat kondisi pasar pariwisata, masih memiliki peluang untuk membantu kondisi krisis saat ini. #Pigijopeduli mengajak para pelaku bisnis pariwisata untuk membantu para produsen/pengrajin yang penghasilannya sangat bergantung dari pengunjung/wisatawan, ataupun penggerak kegiatan pariwisata untuk tetap bisa mendapatkan penghasilan ditengah Pandemic saat ini. Mereka kesulitan untuk menjual produk dikarenakan sepinya pasar lokal akibat tidak adanya wisatawan yang melakukan kunjungan. Salah satunya adalah pengerajin Batik Madura.

Pandemic sangat mempengaruhi pendapatan para pengrajin Batik Madura :

  • Kesempatan menjual di pameran tidak ada sampai 6 bulan ke depan
  • Pasar lokal menurun drastis karena berkurangnya wisatawan baik lokal mancanegara karena larangan kunjungan wisata
  • Sebagian besar pembeli-pembeli dalam jumlah besar mengurangi pesanan
  • Sebagian besar pembeli lokal menahan uang kasnya untuk membeli kebutuhan yang lebih penting di masa pandemic

Peluang dan kesempatan yang ada saat ini adalah pembelian melalui fasilitas digital – online order

  • Namun karena keterbatasan mereka, maka tidak mudah untuk ‘menggapai para pembeli di dunia maya’

Pigijo memberikan solusi dan kemudahan bagi pengrajin & pembeli hasil Karya mereka.

Apa sih bagusnya Batik Madura?

      

  • Batik tulis Madura dengan karakter yang kuat, yang memiliki motif lukisan lepas dan unik, dengan warna yang berani (merah, kuning, biru, hijau muda).
  • Batik Madura memiliki 2 jenis motif batik, yaitu motif batik pesisiran yang mempunyai motif dan warna yang cenderung berani, di sisi lain batik pedalaman cenderung bergaya klasik dengan ornamen utama warna gelap.
  • Batik Madura memiliki ciri khas sendiri pada motif-motifnya, seperti motif batik leres yang merupakan motif batik madura dengan menonjolkan garis melintang simetris, selaras dengan motif batik jawa pada umumnya yaitu batik solo, batik pekalongan, maupun batik yogyakarta. Motif batik madura cenderung menyajikan warna yang berani seperti warna biru, kuning, merah dan hijau daun.
  • Salah satu keunikannya adalah sampai saat ini mereka masih mempertahankan produksinya secara tradisional, dimana batik masih ditulis dan diolah dengan cara tradisional.
  • Warna yang dihasilkan pada kain terbuat dari bahan pewarna alami soga alam, seperti mengkudu dan tingi digunakan sebagai pewarna merah. Sedangkan Daun tarum digunakan untuk pewarna biru, serta kulit mundu yang ditambah tawas untuk memberikan efek warna hijau pada kain batik madura. (Cara membuat pewarna alam batik) Proses perendaman kain batik madura dilakukan untuk menentukan tingkat terang dan gelapnya warna yang dihasilkan, lama perendaman kain batik madura biasanya antara 1-3 bulan. Selain untuk menentukan gelap terang kain juga bertujuan untuk membuat warna kain batik madura lebih tahan lama.
  • Kabupaten Pamekasan dikenal sebagai salah satu sentra industri kerajinan Batik di Pulau Madura.
  • Di wilayah Pamekasan, Anda akan menemukan salah satu motif batik madura yang menggunakan warna yang relatif cerah dan tajam seperti motif batik Sekarjagat, Matahari, Keong Mas, Daun Memba atau daun mojo, serta Gorek Basi. Beberapa motif batik Pamekasan sudah didaftarkan hak paten seperti pada motif batik Sakereh, Keraben Sapeh, Padih-kepa, Kempeng Saladerih, dan Manik-manik.
  • Selain di Pamekasan, Sumenep juga merupakan sentra batik Madura, Anda akan menemukan motif batik madura dengan satu warna saja meskipun tetap memiliki nuansa warna yang cukup cerah. Pada tahun 1970 batik sumenep mula menggeliat kembali dengan motif unggulan yaitu motif ayam dengan warna dasar warna merah guna menunjukkan ciri khas dari batik madura itu sendiri. Sentra batik tulis madura berada di Desa Pekandangan Barat yang terletak sekitar 18 Km dari pusat kota.
  • Di wilayah Bangkalan, Anda akan dipuaskan dengan motif batik pesisiran tepatnya di daerah Tanjungbumi, eksotisme batik madura yang diciptakan menggunakan teknik khusus dengan nama batik gentongan. Lebih dari seribu motif batik tercipta di Bangkalan ini, nama motif yang tercipta sangat erat kaitannya dengan ciri khas warga madura dengan meng-konsonan-kan nama batiknya seperti banjar ramo, ramo, rongterong, rawan, perkaper, panca warna, dan serat kayu.

Bagaimana mendapatkan Selembar Kain Batik yang Indah?

  • Proses pembuatan batik memakan waktu sekitar 1 – 3 bulan. Terutama Batik gentongan yang menghabiskan waktu yang cukup lama hingga 1 tahun. Motif batiknya cukup rumit dan detil, salah satu contohnya adalah untuk mendapatkan 1 warna batik gentongan diperlukan proses perendaman kain batik minimal 6 minggu pada gentong khusus.
  • Proses pembuatan tersebut juga yang menentukan harga dari selembar batik.
  • Selain itu, setiap batik tulis yang diposes secara tradisional tidak pernah ada yang sama hasil akhirnya. Motif dari batik bisa mirip, namun warna tidak bisa sama persis.

Bagaimana Cara Pemesanannya ?

  • Pigijo Sosmed (IG) 

  • Pigijo Web 

  • Pigijo Apps 

  • Pigijo to send the order confirmation automatically and manual (whatsapp) to supplier/craftsman.
  • Pigijo to transfer the payment to supplier/craftsman if the goods available and ready for delivery.
  • For Batik it takes 5 – 7 days delivery if the goods available and depends on area of delivery.

Melalui program #pigijopeduli, kami mengharapkan dapat membantu para produsen/pengrajin untuk tetap mendapatkan penghasilan ditengah Pandemic saat ini. Selain membantu para pengrajin daerah, setiap Rp 1000 dari transaksi/order akan didonasikan untuk pemenuhan kebutuhan  sanitizer, masker, dan APD untuk para Tim Medis yang bertugas.

Salam #pigijopeduli #sebarKebaikan

Kamu Beli, Kami Bantu Salurkan.