Rekomendasi 5 Obyek Wisata Religi dan Edukasi di Pekanbaru!

0
439

Pekanbaru merupakan salah satu kota yang berada di provinsi Riau, kota yang memiliki julukan baru kota Madani ini memiliki beragam budaya, wisata kuliner yang bermacam – macam, dan destinasi wisata yang menarik. Nah berikut ini rekomendasi beberapa destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi!

  1. Istana Siak Sri Indrapura

Source: pesona.travel

Pertama ada Istana Siak Sri Indrapura, istana ini merupakan tempat pusat pemerintahan kesultanann Siak pada masa lalu. Istana ini juga menjadi saksi perkembangan agama islam di tanah Riau, kerajaan ini dulunya juga merupakan kerajaan islam terbesardi Riau pada abad ke 16 hingga abad 20. Istana yang satu ini dibangun pada tahim 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin dan mengadopsi gaya 3 arsitektur sekaligus yaitu Eropa, Arab, dan tentunya Melayu. Di destinasi yang memiliki julukan Istana Asherayah Al Hasyimyiyah ini kamu bisa menyaksikan berbagai koleksi kerajaan ini salah satunya patung perunggu Ratu Wilhelmina dari Belada, juga patung yang terbuat dari batu pualam berhiaskan pelanggan patung Syarif Hasyim 1. Tak hanya itu kamu juga bisa menyaksikan gendang yang berusia lebih dari 200 tahun dan terakhir dibunyikan pada tahun 1914, sudah lama bukan KawanJo?

  1. Masjid Agung An Nur Pekanbaru

Source: idntimes.com

Kedua ada wisata religi Masjid Agung An Nur Pekanbaru, masjid ini merupakan masjid termegah di Pekanbaru yang mengusung gaya dari India, Arab, Turki, dan Melayu yang membuat masjid yang satu ini terlihat lebih indah dan menarik. Tak kalah dengan Taj Mahal yang ada di India, masjid yang satu ini juga terdapat kolam di depan masjid lho KawanJo, sehingga membuat masjid yang satu ini menjadi salah satu ikon di kota PekanBaru. Masjid yang berukuran 50 x 50 meter ini terdiri dari 3 lantai dan dapat menampung sebanyak 4.500 jamaah. Masjid yang didominasi oleh warna hijau ini memiliki 5 kubah dan 4 menara, dan pada malam hari terlihat lampu warna – warni yang akan membuat masjid yang satu ini makin indah. Masjid ini tidka hanya dijadikan tempat ibadah lho, namun pada bulan Ramadhan juga dijadikan tempat ngabuburit KawanJo. Tertarik untuk datang?

  1. Perpustakaan Soeman H.S

Source: niningmasitoh.blogspot.com

Ke Pekanbaru kurang lengkap rasanya kalo kita tak berkunjung ke perpustkaan Soeman H.S. perpustakaan yang satu ini berada di Jl. Jenderal Soedirman Nomor 462, Pekanbaru dan perpustakaan yang satu ini dibuka dari hari senin hingga hari minggu lho. Kenapa sih kau harus datang ke tempat yang satu ini? karena bangunan perpustakaanyag satu ini memiliki bentuk seperti seperti alas untuk membaca Al – Quran. Disini kamu tak hanya bisa membaca buku yang ada di perpusatakaan biasan namun juga literarut budaya Melayu KawanJo. Perpusatakaan ini juga tak hanya untuk orang dewasa, karena perpustakaan yang satu ini juga ramah pada anak – anak yang berada di Chidren Library dan Kids Corner.

  1. Masjid Senapelan

Source: kontraktorkubahmasjid.com

Di Riau tak hanya istana saja lho peninggalan Kesultanan Siak namun juga masjid Senapelan. Masjid raya yang satu ini dibangun pada tahun 1762 dan menjadi salah satu masjid tertua di Riau. Masjid Raya Pekanbaru ini awalnya hanya dibangun berukuran kecil dan terbuat dari kayu, namun sekarang kamu bisa melihat betapa megahnya masjid yang satu ini. masjid yang didominasi warna kuning khas melayu ini direnovasi dan besarnya sekarang berukuran 60 x 80 meter. Uniknya di masjid ini terdapat sumur tua yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit lho, namun sekarang sumur yang satu ini telah ditutup karena berbagai alasan di dalamnya. Menarik bukan?

  1. Anjungan Seni Idrus Tintin

Source: al1ekswisata.bogspot.com

Terakhir ada Anjungan Seni Idrus Tintin, anjungan ini merupakan sebuah bangunan yang menampilkan berbagai karya seni. Awal berdirinya museum ini berasal dari seorang seniman asal Riau yang bernama Idrus Tintin, itulah mengapa nama destinasi ini Anjungan Seni Idrus Tintin. Gedung seni ini terdiri dari 3 lantai, di tempat ini juga pernah diadakan perhelatan seni Indonesia, Festival Film Indonesia pada tahun 2008. Tak hanya itu bangunan ini memiliki interior yang sangat menarik lho KawanJo, menarik kan?

Itulah beberapa destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi jika kamu berada di Pekanbaru KawanJo, jangan lupa buat klik www.pigijo.com ya untuk booking paket trip menarik!

WordPress spam blocked by CleanTalk.