Sering Liburan ke Malang? 5 Destinasi ini Pasti Belum Pernah Kamu Kunjungi

0
35

Kota Malang memiliki sejarah yang bisa ditarik ke belakang ke jaman pra-sejarah, karajaan Hindu – Budha, masa kesultanan Islam hingga jaman penjajahan Belanda dan Jepang. Wilayahnya yang dikelilingi oleh gunung dan dialiri oleh sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa yaitu sungai Brantas, menjadi daya tarik bagi banyak orang untuk menempati wilayah ini. Namun yang menjadikan Malang sebuah kota modern seperti sekarang adalah Kolonial Belanda. Mereka menyukai iklim sejuk dan keindahan alam Malang, yang mereka ibaratkan sebagai the Switzerland of Java, dan karena itu, mereka membangun berbagai fasilitas untuk warga Belanda.

Sekarang Malang telah menjadi salah satu tujuan wisata favorit sejak dibangunnya Jatim Park 1 dan 2, kemudian disusul oleh Jatim Park 3 yang dilengkapi oleh hotel dan apartemen. Alasan lainnya adalah, karena semakin terkenalnya wisata ke Gunung Bromo, semakin banyak orang yang menjadikan Malang sebagai titik pemberangkatan. Tempat wisata Batu Malang yang sejak dulu dijadikan wilayah peristirahatan bagi penduduk sekitar Jawa Timur-pun sekarang mulai berbenah dan sudah menyiapkan banyak tempat argowisata andalan yang ramai dikunjungi. Didukung oleh tersedianya direct flight dari Jakarta dan akses tol yang baru, banyak traveller yang dimudahkan untuk datang ke sana sehingga Malang semakin menunjukan eksistensinya di dunia pariwisata Indonesia.

Banyak tempat wisata di Malang yang sudah sangat  familiar dan mungkin sudah pernah kamu kunjungi. Tapi sudah tahukah kamu dengan tempat yang Pigijo Travel Planner tuiskan di bawah ini?

Kampung warna warni Jodipan

Sebelum tahun 2016, kamu mungkin tidak dapat membayangkan bagaimana sebuah desa kumuh yang terletak di Daerah Aliran Sungai Berantas ini bisa berubah menjadi sebuah tempat wisata. Berkat kolaborasi dari masyarakat, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, TNI, para seniman lokal dan perusahaan cat yang menyumbangkan 3 ton cat untuk merubah desa ini menjadi bersih dan indah, Kampung Jodipan bertransformasi menjadi sebuah karya seni yang indah.

Jika dulu masyarakatnya sering membuang sampah sembarangan, sekarang nyaris tidak ditemukan sampah dimanapun. Warga kampung pun mendapat mata pencaharian tambahan dari membuka warung, menyediakan toilet dan berjualan cinderamata. Kamu dapat berfoto di beberapa spot menarik dan bereksperimen untuk mengambil angle yang unik di tempat ini. Beberapa lokasi yang bisa dikunjungi adalah Jambatan Embong Brantas, tempat kamu dapat mengambil backgorund kampung dari jauh; Lorong Payung, dan lukisan mural 3D.

Kampung Heritage Kajoetangan

Lokasi tempat ini berada di wilayah tua Kota Malang tempat toko ice cream Oen yang legendaris berada. Diresmikan pada tahun 2018, belum banyak orang yang mengetahui keberadaan Kampung Heritage ini.

Di dalam Kampung Heritage Kajoetangan banyak terdapat rumah-rumah tua yang masih terawat dengan baik. Ada sekitar 30 tempat yang bisa kamu kunjungi dan masing-masing memiliki keterangan sejarah di depan bangunannya. Selain kamu dapat mempelajari sejarah kota Malang, tempat ini bisa menjadi spot foto yang menarik.

Onsen Resort Batu

Tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk pergi ke pemandian air panas atau Onsen, karena di Batu Malang ada sebuah resort yang menyediakannya. Dikelilingi oleh hutan pinus dan taman bernuansa Jepang, tempat ini terasa sangat damai dan menenangkan. Resort ini memiliki 25 villa berpemandangan indah, yang terdiri dari 2 atau 3 kamar dan masing-masing dilengkapi oleh kolam air panas pribadi.

Namun jika kamu tidak berkeinginan untuk menginap, kamu dapat berendam di kolam umum yang dipisah antara laki-laki dan perempuan yang masing-masing berkapasitas untuk 20 orang saja. Di sini juga menyewakan kimono untuk kamu berfoto hanya dengan membayar Rp. 150.000 sudah lengkap dengan sandal, make-up dan riasan rambut. Jika tidak ingin melakukan keduanya, kamu dapat bersantai sambil menikmati hidangan masakan Jepang otentik sambil memandang keindahan alamnya.

Pura Ismoyo Jati Bale Kambang

Pantai Balekambang adalah pantai yang cukup terkenal di Indonesia dan menjadi salah satu pantai pertama di Malang yang dieksplorasi sebagai tujuan wisata pantai di Malang. Di pantai ini terdapat 3 buah pulau batu yang diberi nama seperti tokoh wayang, yaitu Anoman, Wisanggeni dan Ismoyo. Di Pulau Ismoyo ini terdapat sebuah pura tempat peribadatan umat Hindu yang terhubung dengan jembatan gantung, yang dinamakan Puri Ismoyo Jati.

Meskipun mengambil referensi dari pura Tanah Lot yang juga berada di atas pulau batu, pura Ismoyo memiliki karakteristik yang berbeda dari pura Hindu di Pulau Bali karena terlihat lebih mirip dengan candi Jawa Timur. Kamu dapat mengambil foto yang menarik dengan latar belakang pura ini, terutama saat matahari terbenam. Saat baik yang lain untuk mengunjunginya, adalah ketika dilaksanakan berbagai upacara keagamaan Hindu dan acara larung sajen ke laut.

Museum Panji Bokor

Panji adalah sebuah epos Jawa Klasik yang menceritakan kepahlawan. Cerita ini memiliki banyak turunan dan telah tersebar ke seluruh wilayah Asia Tenggara dengan masing-masing negara memiliki versinya sendiri. Karena cerita Panji mencakup banyak negara seperti Malaysia, Myanmar, Thailand dan Vietnam, maka museum ini pun memiliki koleksi berskala internasional.

Kamu dapat mengetahui sejarah berdirinya kota Malang dari diorama yang ditampilkan dengan penataruangan yang modern dan menarik. Selain itu di sana terdapat kolam renang yang apik dengan gapura candi sebagai latarnya, dan sebuah air terjun kecil juga menarik untuk kamu kunjungi setelah selesai melihat koleksi museum . Pada hari-hari tertentu, diadakan pertunjukan kesenian di tempat ini yang bisa kamu cek jadwalnya melalui sosial media.

 

Written by Melisa Oktavia

WordPress spam blocked by CleanTalk.