Tak Hanya Kampung Adat Sade, Inilah Kampung Adat Woligai Ende yang Tak Kalah Menarik!

0
152

Kampung adat Wologai merupakan sebuah desa yang terletak di Kabupaten Ende Pulau Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya Kecamatan Detusoko yang berjarak kurang lebih 37 KM dari Kota Ende. Desa yang satu ini memiliki beberapa kebiasaan yang unik lho KawanJo, yang wajib untuk kamu ulik dan sambangi.

Source: kompasiana.com

Kampung yang berada di ketinggian 1.045 mdpl ini sudah berusia lebih dari 800 tahun lho KawanJo. Walaupun sudah ada lebih dari 8 abad namun desa ini masih memegang teguh adatnya lho, dan di desa ini juga terdapat pohon beringin yang dipercaya ditanam bersamaan dengan didirikannya kampung ini.

Di kampung adat Wologai ini memiliki arsitek bangunan unik yang berbentuk kerucut Jo, selain itu rumah yang ada di desa ini berbentuk lingkaran dan terdapat tiga angkatan. Uniknya lagi rumah – rumah yang ada di desa ini dibangun mengitari Tubu Kunga, dimana tempat itu merupakan tempat untuk meletakkan persembahan.

Source: travelingyuk.com

Berbeda dengan kampung adat sade, kampung adat ende ini memiliki tiga jenis rumah berbeda yaitu, rumah adat, rumah suku, dan rumah besar. Selain itu, di rumah – rumah yang dibangun di desa ini memiliki kolong rumah atau lewu yang diggunakan untuk ternak babi atau ayam, rumah tengah sebagai tempat tinggal, dan yang paling atas atau loteng sebagai tempat penyimpanan peralatan upacara adat.

di desa ini kamu juga bisa menikmati salah satu destinasi alam yang menarik lho KawanJo, yaitu Danau Kelimutu. Danau ini terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, uniknya lagi danau ini airnya memiliki tiga warna yang memang sudah banyak dikenal oleh para traveller KawanJo.

Nah itulah beberapa keunikan yang ada di Kampung Adat Wologai KawanJo? Tertarik untuk berkunjung? Yuk kungjungi www.pigijo.com untuk paket trip menarik!

WordPress spam blocked by CleanTalk.