Tak Hanya Wisata Alam, Sumatera Juga Punya Wisata Sejarah yang Wajib Kamu Kunjungi

0
121

Sumatera Utara merupakan salah satu kota yang memiliki banyak destinasi alam, tidak hanya itu di kota ini juga terdapat beberapa destinasi wisata sejarah yang menjadi saksi kejayaan suatu peradaban. Nah, berikut merupakan beberpaa destinasi wisata sejarah yang harus kamu kunjungi jika ke Sumatera Utara.

  1. Gedung Balai Kota Lama

Source: situsbudaya.id

Pertama ada Gedung Balai Kota Lama Medan, tempat yang dulunya merupakan balai kota ini, Pada masa kolonia gedung ini merupakan tempat pertemuan pejabat Belanda. Walaupun pernah tak terurus gedung ini sekarang dijadikan kafetaria tanpa mengubah arsitektur gedung tua yang satu ini, kamu bisa menikmati keelokan gedung dengan bersantai.

  1. Museum Negeri Sumetera Utara

Source: justgola.com

Museum Negeri Sumatera Utara merupakan Museum Negeri pertama kali yang dibangun pada tahun 1954 dan diresmikan 30 tahun kemudian, yaitu tanggal 19 April 1982. Museum yang berdiri diatas tanah seluas 10.468 m2 ini juga dikenal sebagai Gedung Arca dan terdiri dari 2 lantai. Pada bangunan utama, terdapat ruang pameran tetap, temporer, audio visual, ruang kepala museum, tata usaha, seksi bimbingan, perpustakaan, ruang makro film dan komputer, serta gudang.

  1. Masjid Raya Al Mashoen Medan

Source: ksmtour.com

Terletak di seberang Istana Maimoen, masjid yang awalnya menyatu dengan komplek istana ini memiliki desain arsitektur cantik dan eksotis. Bangunan ini pertama kali dibangun pada tahun 1906 dan selesai tahun 1909. Konon menurut sejarah, Sultan Al Rasyid membangun masjid ini dengan biaya sekitar 1 juta Gulden yang diambil dari kantong Sultan sendiri. Tidak heran, jika dilihat dari segi arsitektur, masjid ini jauh lebih mewah dari Istana Maimoen. Ruang utama digunakan sebagai tempat salat, Bagian ini berbentuk segi delapan tidak sama sisi. Tapi jangan lupa ya KawanJo kalo ke tempat yang satu ini harus berpakaian yang sopan dan tidak terbuka.

  1. Istana Maimoen

Source: idntimes.com

Istana maimun merupakan bangunan peninggalan kerjaan deli serdang sumut, yaitu Sultan Mahmud Alrasyid. Bangunan yang terdiri dari 30 ruangan ini didesain oleh arsitektur italia dengan luas 2.772 m2. Bangunan yang memiliki ukiran dinding yang menarik saat ini sudah berumur lebih dari 130 tahun. Karena sejarahnya yang unik serta bangunan yang menawan istana maimun banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah.

Nah itulah beberapa destinasi sejarah yang bisa kamu kunjungi di Sumatera Utara KawanJo, udah ada yang pernah datang ke salah satu destinai diatas?

WordPress spam blocked by CleanTalk.