Tips Membawa Kamera Saat Mendaki Gunung

11
35

Hai Kawan Jo, teruntuk kamu yang akan melakukan traveling mendaki gunung dan mau membawa kamera, ada baiknya perhatikan beberapa hal karena suhu cuaca di gunung sangat berbeda di perkotaan. Kali iniĀ  kita mau bahas tips membawa kamera saat mendaki gunung jadi momen indah dan kamera kesayangan tetap aman selama pendakian.

  • Cuaca

Perhatikan cuaca beberapa minggu terakhir dan cari tahu kondisi cuaca di gunung yang akan menjadi pendakian kamu, bila musim hujan sebaiknya jangan mengambil risiko dengan membawa kamera saat mendaki.

  • Bawa Perlengkapan Yang Dibutuhkan

Buatlah daftar barang yang akan kamu bawa, lalu pertimbangkan kembali barang-barang tersebut mana yang memang dibutuhkan untuk memotret selama pendakian sehingga barang yang kamu bawa efektif dan efisien. Bawa baterai serta cadangannya, lensa sapujagad (18-135mm) atau lensa fix (35mm), sedangkan tripod bisa menjadi bahan pertimbangan untuk tidak di bawa namun disesuaikan lagi dengan rencana kamu mau menghasilkan foto seperti apa, kalau kamu mau bikin foto Astrofotografi berarti kamu harus membawa tripod.

  • Tas Kamera

Perubahan suhu udara di gunung cenderung sulit di prediksi dari panas mendadak bisa menjadi dingin atau bahkan turun hujan, bila perubahan suhu ini terjadi pastikan lensa dan kamera terlindung di tas kamera yang anti air lalu sertakan juga silica gel untuk menyerap udara basah, lapisi kamera dengan handuk kering tujuannya supaya meminimalisir lensa berembun.

  • Dry Bag

Bila cuaca engga bersahabat malah turun hujan besar padahal kamu sudah cek kondisi cuaca gunung yang akan kamu mendaki, tas kamera kamu tentunya tahan air namun tidak ada salahnya kamu membungkus semua peralatan kamera dengan kantong pelastik atau dry bag.

  • Cleaning Kit

Wajib kamu bawa perlangkapan cleaning kit, untuk menanggulangi kamera kamu ketika kondisinya berembun atau sekalian untuk membersihkan dari debu yang menempel di lensa.

Nah itu tips membawa kamera saat mendaki gunung, semoga perjalanan kamu aman dan tentunya menghasilkan foto yang luar biasa. Agar perjalanan kamu makin nyaman khususnya kondisi terkini gunung ada baiknya kamu mendaki dengan pemandu profesional, kamu bisa cek di pigijo.com terkait produk pendakian gunung yang ada di indonesia.

Sumber :

Berbagai sumber

Baca juga artikel terkait :

11 COMMENTS

WordPress spam blocked by CleanTalk.