Tips Perawatan Alat Scuba Diving

5
191

Hai Kawan Jo..

Kalau di artikel sebelumnya mengenal alat scuba diving untuk standarisasi seorang penyelam kali ini kita akan membahas tentang perawatan alat scuba diving, mengingat harga alat-alat menyelam tergolong mahal jadi sebaiknya diperlakukan dengan penuh tanggung jawab agar berfungsi normal dan masa pakainya  bisa panjang. Nah, tanpa panjang lebar lagi mending siapin dulu kopi sama cemilannya Jo biar makin asik nyimak tips perawatan alat scuba diving.

 
                                                                (Sumber : Google)
  • Masker, Fins, Dive Computer

Memilih masker yang sesuai dengan bentuk muka caranya dengan memasang pada muka tanpa memakai strap-nya, lalu coba hisap udara didalamnya dalam keadaan masker terpasang  kemudian kamu tahan napas, efeknya jika masker tersebut tertahan pada muka, maka bisa dikatakan masker tersebut cocok untuk kamu pilih.

Sedangkan perawatan masker setelah dipakai menyelam bilaslah dengan air tawar yang bersih kemudian keringkan (hindari terkena panas matahari langsung). Perlakukan semua peralatan ini dengan hati-hati agar tidak tertindih alat lain yang lebih besar atau berat. Setelah membilas dan mengeringkan alat-alat ini, simpan semua alat dengan baik. Kamu bisa menyimpan dalam kontainer box, Anda dapat membantu mencegah snorkel rusak akibat terbentur benda lain atau berubah bentuk. Jangan lupa untuk selalu mengecek ikon baterai dive komputer selam Anda dan ganti baterai jika diperlukan.

(Sumber : Google)
  • Bouyancy Compesator Device (BCD)

Dalam memilih BCD, hal yang paling penting diperhatikan adalah ukuran yang pas dengan tubuh dan nyaman saat dipakai. Untuk merawatnya, setelah melakukan penyelaman bagian dalam BCD harus dibersihkan dengan air tawar, caranya rendam sekaligus masukan air tawar melalui oral inflator sambil tekan inflate deflate setelah itu kembungkan BCD dan kocoklah BCD agar air tersebar secara merata dibagian dalam BCD tujuannya agar garam laut keluar. Setelah itu bagian dalam dibilas kembungkan BCD dan jemur di gantung pada  tempat yang teduh jadi hindari menjemur dibawah matahari terik ya Jo.

(Sumber : Google)
  • Wetsuit, Boots, Glove
Pemilihan tempat menyimpan juga termasuk penting dalam menjaga kelenturan wetsuit, untuk menjaga kelenturan caranya dengan tidak menyikat  sewaktu mencuci, cukup direndam lalu berikan shampo khusus secukupnya. Setelah itu keringkan dengan tidak terkena sinar matahari langsung, simpan dalam lemari menggunakan hanger yang berbahan kayu atau plastik atau cara berikutnya kamu bisa menggulung wetsuit dan menyimpan  sepatu boots serta  glove dalam kontainer box.
  • Regulator

Rendam regulator beberapa menit supaya garam laut yang masih menempel pada sudut maupun celah regulator ikut keluar. Bersihkan second stage untuk  mengeluarkan kotoran dari bagian dalam alat. Merendam regulator saat terhubung dengan silinder, pastikan penutup debu terpasang dengan baik sehingga mencegah air masuk ke bagian first stage. Ketika bagian second stage telah terendam semua, keringkan seluruh air yang tersisa dan biarkan mengering. Jika bagian second stage kamu dilengkapi dengan tuas pengatur resistensi bernafas, putar semua tuas ke arah luar untuk menurunkan tekanan pada komponen bagian dalam.

Saat unit regulator telah benar-benar kering, simpan regulator di dalam tasnya untuk mencegah kotoran, debu dan binatang kecil masuk ke dalam alat bernafas yang penting ini. Ikuti petunjuk pabrik tentang kapan regulator harus diservis secara berkala—setahun sekali adalah perawatan yang cukup baik.

So.. Semoga bermanfaat ya kawan Jo, tentunya semakin tambah tahu dan makin sering kunjungin  produk-produk diving di Pigijo.com ya Kawan Jo!

Sumber :

https://scubadiver.co.id/current-news/tips-merawat-peralatan-diving

http://www.pusatdiving.com/mengenal-alat-selam-dan-fungsinya/

https://mdcundip.com/scuba/

http://paradiseunpad.blogspot.com/p/peralatan-selam.html

Baca juga artikel terkait :

5 COMMENTS

WordPress spam blocked by CleanTalk.