Tips Pertama Kali Scuba Diving

6
108

Hai Kawan Jo!

Indonesia bisa dikatakan surganya wisata menyelam, karena banyak sekali lokasi eksotis untuk wisata menyelam. Nah buat kamu yang hobbi traveling khususnya penyuka pantai enggak ada salahnya mencoba wisata menyelam siapa tahu malah kecanduan. Sebelum kamu menyelam ada banyak hal yang perlu kamu ketahui, berikut ini beberapa tips yang perlu kamu perhatikan ya kawan Jo.

  • Temukan Dive Center terbaik

Untuk bisa menyelam tentunya kamu harus memiliki sertifikasi, sedangkan untuk pemula wajib menggunakan jasa pemandu sebelum memulai menyelam. Gali informasi langsung ke dive center terkait sertifikasi instruktur, jam terbang instruktur, kondisi alat menyelam, banyak sedikitnya klien pada dive center tersebut, ulasan di media sosial. Dive center yang baik biasanya akan dengan senang hati  mengenalkan produk-produk yang dimiliki meyakinkan calon klien, sehingga calon klien merasa nyaman dan aman ketika nantinya kamu menyelam.

  • Istirahat yang cukup

Walaupun di dalam air, olahraga Diving berdampak pada tubuh penyelam lelah serta kehilangan banyak air dalam tubuh. Jadi pastikan kamu tidur cukup, perbanyak konsumsi air mineral sebelum maupun sesudah menyelam dan tidak telat makan.

  • Arahan instruktur

Jangan malu bertanya bila kamu belum mengerti atau meminta untuk mengulang penjelasan instruktur. Sebelum kamu menyelam di laut biasanya kamu akan praktek di kolam renang, mulai dari cara membersihkan masker, ekualising, membaca stok sisa oksigen, bahasa isyarat, cara masuk ke air, jadi pastikan kamu benar-benar memahami semua arahan serta  prosedur menyelam.

  • Cek peralatan diving

Kamu wajib memastikan alat-alat  yang akan kamu gunakan dapat berfungsi, jangan ragu untuk menanyakan ke instruktur bila kamu merasa ada yang tidak beres dengan alat selam yang akan kamu pakai.

  • Rileks

Kamu harus rileks dan yakin kalau kamu bisa melakukan penyelaman dengan benar karena kamu telah mengikuti semua arahan instruktur, prosedur dan peralatan yang digunakan memang terbukti berfungsi. Rileks merupakan keutamaan ketika kamu sudah di dalam air, nikmati pemandangan bawah laut dan atur nafas dengan perlahan, wajib kamu ingat bila merasa panik maka fokuslah untuk bernafas agar menjadi rileks

  • Ada teman/buddy

Melakukan penyelaman hukumnya wajib ada teman/buddy yang menemani kamu, pastikan buddy kamu memang memiliki jam terbang dalam menyelam dan memiliki sertifikat. Fungsi dari buddy untuk saling menjaga memperhatikan sesama penyelam dan bisa membantu bila terjadi kendala, selain itu juga bisa membuat kamu menjadi merasa tenang ketika melakukan penyelaman.

  • Jangan ganggu biota laut

Saat kamu sudah merasa nyaman dan bisa menikmati indahnya bawah laut, please jangan ganggu apapun yang kamu lihat selama menyelam atau cuma sekedar memegang terumbu karang. 

  • Sertifikat

Nah ini penting banget, idealnya kamu sudah memiliki sertifikat sebelum melakukan penyelaman dan tidak sedikit juga penyelaman pertama belum memiliki sertifikat. tapo kalau kamu sudah ketagihan dengan menyelam sebaiknya kamu segera ambil sertifikasi tentunya di dive center terbaik pilihan kamu.

Untuk kawan Jo yang belum pernah menyelam dan ada keinginan mencoba menyelam untuk pertama kali, semoga artikel ini membantu menambah wawasan kamu atau bisa kamu cek program try to dive yang ada di pigijo.com.

Sumber :

Berbagai sumber

Baca juga artikel terkait :

6 COMMENTS

WordPress spam blocked by CleanTalk.