Warna-Warni Keseruan di Bogor Street Festival

0
199

Setelah merayakan hari raya Imlek tepat tanggal 5 Februrari 2019 yang lalu, bagi masyarakat tionghoa ataupun keturunan tionghoa, hari ke-15 atau hari terakhir bulan pertama menurut kalender Cina yaitu Cap Go Meh. Cap Go Meh dapat diartikan sebagai perayaan ucapan syukur atas berkah yang didapatkan selama ini. Perayaan Cap Go Meh ini maksudnya adalah berakhirnya seluruh tahun baru Imlek pada tahun itu.

Cap Go Meh artinya apa yaa? Jadi, dalam bahasa Hokkien atau Tiociu “Cap Go” berarti lima belas dan “Meh” berarti malam, kalau digabungkan artinya adalah Malam Kelimabelas, rangkaian perayaan terakhir Tahun Baru Imlek. Kegiatan yang biasa dilakukan setiap Cap Go Meh akan beramai-ramai ke daerah jalanan bernuansa meriah dengan hiasan lampion yang berwarna merah mencolok memeriahkan jalan. Kota Bogor – Jawa Barat setiap tahun selalu merayakan Cap Go Meh pada festival langganan yang bernama “Bogor Street Festival”.

Bogor Street Festival diselenggarakan pada 19 Februari 2019 lalu, acara dimulai dari jam 15:00 sampai 24:00 WIB berlokasi sepanjang Jalan Suryakencana – Jalan Siliwangi (Batu Tulis. Tema yang diusungkan tahun ini ialah Katumbiri Lighting Festival 2019, dimana akan ada berbagai pertunjukan seni dan pawai budaya seperti Reog Singo, Wayang Landus Ciamis, Tari Kipas Sulawesi Selatan, Liong-Barong, Tarian Kembang Tanjung, Tari Samping Batik, Etnic Drum, Tarian Wangsit Siliwangi, dan masih banyak lagi tarian serta kesenian yang ditampilkan.

Wow, festival yang diadakan tiap tahun ini selalu keren banget ya! Selain turut merayakan Cap Go Meh untuk masyarakat keturunan Tionghoa, pertunjukan seni dan budaya yang ditampilkan sangatlah Indonesia dan bisa ditonton oleh masyarakat sekitar juga. Hampir semua warisan bangsa tarian dan seni budaya Indonesia ditunjukan dan turut memeriahkan Bogor Street Festival.

Namun, sebelum Bogor Street Festival terlaksanakan dengan meriah. sempat ada kabar kalo festival tersebut tidak boleh diadakan terhadap perayaan tahun baru Imlek dan Cap Go Meh 2019 ini. Surat penolakkan tersebut dari Forum Muslim Bogor (FMB) yang inti dari surat tersebut adalah meminta Pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor tidak memfasilitasi acara tersebut.

Beruntungnya, Pemkot Bogor tetap tegas akan menyelenggarakan CGM-Bogor Street Festival yang merupakan salah satu agenda tahunan penting yang digelar untuk memikat para wisatawan.

Gimana momen Cap Go Meh kalian kemarin, temen-temen? Asyik dong ya kumpul bareng keluarga dan ikut memeriahkannya juga. Jangan lupa rencanakan liburan kalian selanjutnya dengan pesan tiket pesawat, tempat penginapan, serta tempat wisata/kuliner favorit di Pigijo.com ya!

WordPress spam blocked by CleanTalk.