Wisata Kuliner? Jangan Lupa Masukan Kepulauan Riau Dalam List Kamu!

0
224

Riau merupakan sebuah provinsi yang terletak di bagian tengah pulau Sumatra, Provinsi yang terletak di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatra ini menyebar di sepanjang pesisir Selat Melaka. Nah provinsi ini dikenal dengan beberapa pulau yang indah dan menarik salah satunya pulau Penyengat. Namun disana tak hanya destinasi yang menarik aja KawanJo tapi juga kekayaan kulinernya yang wajib kamu coba kelezatannya.

  1. Asam Pedas Ikan Baung

Source: web-serda.blogspot.com

Pertama ada olahan ikan nih KawanJo, tak lain dan tak bukan yaitu Asam Pedas Ikan Baung. Bahan utama untuk masakan satu ini sudah jelas ikan baung ya KawanJo, sesuai namanya makanan yang satu ini bercita rasa asam dan juga pedas. Makanan yang terdapat pengaruh orang melayu di Sumatera ini menggunakan bumbu – bumbu khas, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, dan serai yang membuat paling unik masakan satu ini menggunakan asam jawa juga lho.  Buat kamu yang tertarik untuk mencoba makanan yang satu ini, kamu bisa datang ke salah satu restoran yang menjual makanan ini yaitu di Jl. Jenderal Sudirman dengan nama warung makan Pondok Asam Pedas Baung.

  1. Gulai Ikan Patin

Source: pesona.travel

Selanjutnya ada makanan ikan lainnya yaitu Gulai Ikan Patin, makanan ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas ya KawanJo. Pasalnya makanan yang berbahan dasar ikan ini mempunyai cita rasa lezat dan bisa menggoyang lidah buat siapa pun yang mencobanya. Berbeda dengan makanan yang pertama hanya beberapa tempat yang menjual, namun makanan yang satu ini kamu bisa menemui di restoran atau bahkan warung – warung yang adan di Riau KawanJo.

  1. Nasi Lemak

Source: resepkoki.id

Kemudian ada Nasi lemak, nasi lemak ini merupakan makanan yang juga ada atau  isa ditemukan di Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Biasanya nasi lemak ini disantap untuk sarapan, dan memiliki penampilan yang hampir mirip dengan nasi ududk yang sering disantap oleh masyarakat Jakarta. Jika biasanya nasi uduk dihidangkan dengan bihun, tahu atau tempe yang dibacem, kalau nasi lemak pada umumnya dihidangkan dengan lauk-pauk seperti telur, ikan teri goreng, sambal, cabai, dan irisan mentimun. Tak hanya itu, nasi lemak biasanya juga disajikan bersama tempe, tahu, kacang panjang, kacang tanah, sate, daging, cumi-cumi, kerang, ikan, udang, limpa, dan petai. Buat kamu yang penasaran sama nasi lemak, kamu bisa menjumpai di warung – warung yang ada di ibukota Riau yaitu PekanBaru.

  1. Sate dan Sop Rusa

Source: blog.reddoorz.com

Tak kalah unik, selanjutnya ada Stae dan Sop Rusa. Sesuai namanya makanan ini berbahan daging rusa yang sudah diolah dan dibuat menjadi sate atau menjadi sop. Daging rusa yang bertekstur lembut ini biasanya dihidangkan dengan seporsi nasi hangat. Rasa sate yang lezat ditambah sop yang menyegarkan mata, akan membuat harimu lebih berwarna KawanJo. Untuk yang satu ini kamu bisa menemukan di Warung Era 51 yang berada di Jl. Kaharuddin Nasution No. 31, Pekanbaru.

  1. Sop Tunjang

Source: parenting.orami.co.id

Sop Tunjang merupakan makanan khas Riau yang berbahan dasar tulang, makanan ini sangat cocok disantap ditengah cuaca riau yang dingin KawanJo. Biasanya Sop yang satu ini menggunakan tulang kaki sapi yang masih berbalut dengan dagin. Cara memasaknya, tulang-tulang direndam ke dalam kuah kaldu berwarna kuning yang telah disiapkan dilengkapi dengan irisan wortel, kentang, tomat, dan daun bawang. Cita rasa makanan yang satu ini terkesan kuat ya KawanJo, karena memang menggunakan rempah – rempahyang beraroma kuat seperti cengkih, dan kayu manis. Uniknya lagi nih disediakan sedotan juga untuk menikmati kuah yang ada di dalam tulangnya lho, tertarik untuk mencoba?

  1. Roti Jala

elmundoeats.com

Tak hanya makanan berat, selanjutnya ada Roti Jala. Roti jala merupakan makanan khas Pekanbaru yang juga terdapat pengaruh oleh suku Melayu di provinsi Riau. Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan disajikan bersama tumpahan saus durian ini biasanya dihidangkan saat pesta-pesta besar seperti pernikahan. Buat kalian yang tak suka manis, roti jala juga dihidangkan bersama saus, kari daging ayam, kambing, atau sapi.

  1. Gulai Siput

Selanjutnya ada kuline laut nih KawanJo, yaitu Gulai Siput. Gulai siput merupakan makanan khas orang Melayu yang tinggal di Riau. Dalam bahasa Melayu makanan khas Riau ini disebut dengan gulai cipuik atau lengkitang hal tersebut dikarenakan mengandung unsur melayu, dan dibuat dengan bumbu rempah khas Melayu. Penasaram dengan rasanya?

  1. Lopek Bugi

Source: goriau.com

Terakhir ada jajanan nih KawanJo yaitu Lopek Bugi. Kebanyakan dari kita mungkin sudah tahu dan banyak yang mencoba kue khas provinsi Riau ini, nah kue yang satu ini berasal dari kabupaten Kampar KawanJO. Lopek Bugiawalnya merupakan makanan khas yang dibuat untuk kaum bangsawan, namun sekarang lopek bugi tak hanya disantap oleh ningrat, tapi juga oleh masyarakat luas. Untuk menikmati kue yang satu ini kamu bisa mengunjungi toko atau warung yang berjejer di Pekanbaru, karena disana kamu akan menemukan kue yang satu ini.

Nah itulah beberapa makanan yang wajib kamu coba dan nikmati di Provinsi yang berada di pesisir selat Malaka ini KawanJo? Jangan lupa klik www.pigijo.com untuk booking paket trip menarik pilihanmu ya!

WordPress spam blocked by CleanTalk.