Berwisata Sejarah dan Belanja di Kota Solo, Yuk!

1
243

Photo by pariwisatasolo.surakarta.go.id

Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengan yang memiliki nama resmi Surakarta, yang menyimpan begitu banyak tempat wisata menarik. Kota Solo sendiri memiliki latar belakang sejarah yang begitu kental yang masih terjaga hingga saat ini. Tidaklah lengkap pula jika pergi traveling ke Solo tidak berbelanja barang khas daerah tersebut sebagai oleh-oleh untuk orang-orang terkasih. Berikut destinasi wisata sejarah dan wisata belanja di daerah Solo yang bisa kalian kunjungi

Keraton Kasunan Surakarta

Keraton Kasunan Surakarta sendiri merupakan salah satu tempat bersejarah yang berada di Baluwati, Pasar Keliwon, Surakarta, Jawa Tengah. Keraton ini didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwana II. Sebagian dari kompleks keraton di jadikan museum yang berisikan benda-benda peninggalan kerjaan dan berbabagi macam replika keraton, kereta kencana dan gamelan. Para wisatawan yang mengunjungi kraton tidak diperbolehkan masuk dengan mengenakan celana pendek, jika hal tersebut sudah terlanjur, kalian dapat meminjam kain bawahan selama berwisata di dalam keratin. Untuk jam operasional sendiri Keraton Surakarta buka setiap hari senin – kamis pukul 09.00 – 14.00, sedangkan hari sabtu – minggu buka pukul 09.00 – 15.00.

Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran merupakan Istana yang ditinggali oleh pemimpin Kadipaten Praja Mangkunegaran. Pura ini sekarang menjadi pusat budaya dan seni di Kota Solo yang terletak di Jalan Ronngowarsito, Solo. Beragam koleksi peninggalan Kerajaan Mataram dan Majapahit ada di Pura ini. Pura berarsitektur khas Eropa dengan bertuliskan Kavalerie-Artillerie ini rutin mengadakan pagelaran gamelan pada hari Rabu. Jadi, kalian bisa banget nih datang dihari tersebut untuk dapat bisa menikmati galeran gamelan di Pura ini.

Museum Manusia Purba Sangiran

Museum ini merupakan objek wisata edukasi dan arkeologi yang sudah masuk dalam situs warisan dunia UNESCO yang wajib kalian kunjungi jika sedang berada di Solo. Pada wisatawan dapat mempelajari kehidupan pra sejarah di museum ini. Di dalam museum ini terdapat fosil manusia purba dan fosil binatang purba yang cukup beragam. Lokasi museum ini berada di Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Benteng Vastenburg Fort

Benteng Vastenburg Fort cocok dijadikan sebagai wisata sejarah di Solo, dikarenakan bangunan ini merupakan bangunan peninggalan Kolonial Belanda yang di bangun sejak tahun 1774 – 1779. Bangunan ini difungsikan sebagai pusat untuk mengontrol dan mengawasi aktivitas pemerintahan Keraton Suarakarta dan sempat dijadikan tempat untuk pesta pora penyiksaan terhadap para pribumi. Benteng ini terletak di Jl. Jenderal Soedirman, Kadung Lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah.

Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman merupakan objek wisata belanja yang kalian dapat kunjungi jika sedang berkunjung ke Solo. Tidaklah lengkap jika ke Solo tetapi tidak membeli batik khasnya, dikampung batik kauman ini kalian dapat membeli berbagai jenis batik khas solo yang cukup bagus dan bukan hanya itu, kalian juga dapat melihat proses membatik di kampung ini. Motif batik yang tersedia di kampung batik ini cukup beragam, seperti batik tulis, batik cap, dan batik kombinasi. Batik-batik yang diproduksi di kampung ini sudah tekenal hingga luar negeri.

Pasar Klewer

Pasar Klewer merupakan pasar tekstil terbesar yang ada di Solo. Pasar ini menyediakan beragam kain maupun batik jadi yang dibuat oleh pengrajin lokal dan mancanegara. Kalian tidak perlu khawatir pasar klewer tidak hanya menjual berbagai peralatan maupun pelengkapan berbatik, pasar ini juga menjual item-item fashion yang lainnya. Wisatawan yang ingin membeli batik dengan kualitas bagus namun tidak menguras kantong bisa banget dateng ke Pasar Klewer.

Pasar Antik Triwindu

Bagi wisatawan yang gemar mengoleksi barang-barang antik dan sedang berkunjung ke kota Solo, kalian bisa mengunjungi Pasar Antik Triwindu. Di pasar ini menjual berbagai koleksi barang-barang lawas nan antik dengan nilai seni yang tinggi. Pasar ini menjual ornament wayang, onderdil otomotif yang langka, lukisan, uang dan koin kuno. Di pasar ini juga menerapkan sistem barter, menukarkan barang antik milikmu dengan barang antik yang kamu inginkan sesuai kesepakatan.

Ngarsopuro Night Market

Ngarsopuro Night Market merupakan salah satu objek wisata murah yang berada di Solo. Terletak di Jalan Deponegoro atau berada di wilayah selatan Pura Mangkunegaran menjadikan tempat ini ramai dikunjungi wisatawan pada malam hari, namun perlu di ingat pasar mala mini hanya buka setiap hari Sabtu dan Minggu saja, ya! Di pasar malam ini wisatawan juga dapat menemukan aneka makanan lezat dan murah, mulai dari makanan tradisional maupun makanan modern.

Segitu dulu destinasi wisata sejarah dan belanja yang kalian dapat kunjungi di Kota Solo, See ya!