Wisata Syariah NBS Telaga Biru, tempat rekreasi di wajo
Local Experiences

Wisata Syariah NBS Telaga Biru Wajo, Satu Lokasi Beragam Pesona Dunia Terwakili

Wisata Syariah NBS Telaga Biru adalah tempat rekreasi di Wajo Sulawesi Selatan yang lagi hits. Yuk cari tahu destinasi wisata Sulsel satu ini.

Keberadaannya sukses memberikan hiburan pada banyak orang. Kawanjo harus segera coba supaya bisa membuktikannya. Apalagi ternyata masih ada plus – plus nya. Selain untuk rekreasi, Kawanjo bakal plus dapat edukasi, plus belajar budaya, dan plus tau sejarah. Itulah paket wisata syariah NBS Telaga Biru Wajo pada Kawanjo dan pengunjung lainnya.

rekomendasi wisata syariah NBS Telaga Biru

Ketika pandemi lambat laun menyingkir, wisata telaga biru ini terus mendapatkan banyak pengunjung. Terbukti ketika libur lebaran silam, ada lebih dari 10 ribu pengunjung memadati wisata yang terintegrasi dengan pondok pesantren gratis bernama Nurmilad Boarding School ini.

Baca juga : Wisata Taman Bunga di Tomohon miliki Banyak sekali jenis bunga

NBS yang merupakan akronim dari nama pesantren tersebut, dicantumkan sebagai nama tempat wisata di Wajo Sulawesi Selatan ini. Jadilah NBS telaga biru Wajo, begitu orang lebih banyak mengenal. Kata syariah juga tercantum dengan makna. Yaitu berhubungan dengan pesantren dan adanya kolam renang berkonsep sesuai syariah atau aturan dalam agama Islam.

Hal Menarik di Wisata Syariah Telaga Biru Wajo

Hal Menarik di Wisata Telaga Biru Wajo

Sekali lagi, dengan mengunjungi tempat wisata ini Kawanjo akan mendapatkan berbagai sensasi yang unik. Karena ada beberapa daya tarik yang bisa jadi tidak ada di destinasi rekreasi lain. Berikut adalah hal menarik yang ditemui di wisata telaga biru Wajo:

  1. Menyokong Perekonomian

Sejak berdiri pada tahun 2017, tempat wisata ini awalnya bertujuan sebagai sumber dana untuk pengelolaan pesantren gratis Nurmilad. Namun lambat laun, seiring dengan perkembangannya menjadi destinasi wisata terkenal, telaga biru ini juga memberi kontribusi perekonomian pada masyarakat sekitar pesantren. Jadi tidak hanya untuk santri dan karyawan NBS saja.

  1. Pengelola

Tempat wisata ini dikelola oleh Yayasan Karya Cipta NBS. Bapak Prof. Dr. Wahyuddin Latunreng MM, MBA, adalah pendiri & ketua yayasan tersebut. Mantan rektor Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia ini menyampaikan bahwa beliau kembali ke tanah kelahiran di Lempong ini untuk mengembangkan pesantren Nurmilad dan tempat wisata yang mendukung. Yaitu telaga biru lah yang dimaksud.

  1. Lokasi 

Wisata yang mengusung konsep syariah ini berada di kompleks Pesantren Nurmilad, Desa Lempong, Wajo, Sulawesi Selatan. Berada di sekitar persawahan, wisata syariah NBS Telaga Biru berdiri di atas lahan seluas 6 hektar. Dan sejak tanggal 5 September 2017 tempat wisata ini berdiri, hingga tepat setahun kemudian barulah diresmikan.

Tempat permandian di Wajo

Wisata Syariah NBS Telaga Biru
  1. Kolam renang syariah

Ini dia yang menjadi indikasi penerapan model wisata sesuai aturan Islam. Ya, kolam renang dengan air jernih dibuat berbeda dari biasanya. Ada pembagian sesuai jenis kelamin pengunjung. Yaitu kolam renang khusus laki – laki dan khusus perempuan. Ada pula kolam untuk anak – anak dengan kedalaman yang rendah. 

Baca juga : Intip Keindahan Pulau Sombori, Raja Ampatnya Sulawesi Tengah

Karena dalam Islam, aturannya menjaga benar – benar interaksi antara laki – laki dan perempuan yang bukan mahram (istilah untuk menyebut orang yang berlawanan jenis, yang memiliki hubungan kekerabatan tertentu sehingga tidak boleh dinikahi). Penegasan ini menjadikan Telaga Biru Wajo menarik minat banyak pengunjung. Selain karena memang tempat wisata ini diketahui khalayak ramai sebagai ladang pendapatan untuk memajukan pondok pesantren Nurmilad Wajo. Sebuah institusi yang bervisi mencetak ilmuwan yang unggul dan religius.

Daya tarik wisata di Wajo Sulsel

Replika Menara Eiffel Prancis di wisata telaga biru Wajo
  1. Replika Dunia dan Fasilitas Lainnya 

Berikutnya yang menjadi daya tarik wisata di Wajo ini adalah adanya replika beberapa negeri di luar Indonesia. Seperti piramida Mesir, menara Eiffel, patung Singa (Merlion) Singapura, kincir angin Belanda, dan replika Ka’bah. Yang terakhir adalah ikon terbaru yang juga dilengkapi dengan replika Hijir Ismail, Hajar Aswad, Maqam Ibrahim, dan Shofa Marwah.

Baca juga : Destinasi Wisata Eksotis di Sulawesi Tenggara yang Wajib Dikunjungi

Rencananya akan dikembangkan lebih baik lagi yaitu NBS Island, NBS Flower Park, NBS Fruit Park, NBS Small Lake, dan NBS Bamboo Bridge. 

Tak berhenti sampai di situ. Fasilitas yang ada di dalam NBS Syariah Tourism Telaga Biru ini juga tak main-main. Ada musala Thareq Akbar Khalifa, Galeri Sutera (Silk Gallery Hj Andi Tenri Awaru Latunreng, Kantin (Kios Rahmat), Gazebo Bambu, Deer Park (Peternakan Rusa), serta spot foto.  

Tempat rekreasi di Wajo

harga tiket wisata Telaga Biru Wajo
  1. Tiket masuk gratis 

Salah satu sebab banyaknya pengunjung datang ke tempat rekreasi di Wajo ini adalah murahnya biaya masuk. Hanya dengan Rp. 30.000 untuk orang dewasa dan Rp. 15.000 untuk anak – anak. Dengan biaya terjangkau tersebut, pengunjung masih diberi air mineral dan roti.

Baca juga : Destinasi wisata super prioritas yang berada di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara

Kerennya, ada pula penerapan tiket gratis bagi:

  • Bayi dengan umur di bawah 2 tahun
  • Lansia dengan umur di atas 65 tahun
  • Anak yatim piatu (2-12 tahun)
  • Hafal Al Qur’an 30 juz, dengan menunjukkan surat keterangan
  • Sopir rombongan dengan penumpang lebih dari 6 orang
Replika Dunia di Wisata Syariah NBS Telaga Biru Wajo

Wisata Syariah NBS Telaga Biru sangat pas sebagai destinasi wisata. Ngadem sejenak dari kebisingan dengan nuansa sarat akan religi. Yuk sukseskan tujuan wisata ini dengan mendatanginya. Tak hanya akan membuat jumlah pengunjung meningkat. Namun juga turut serta dalam berputarnya roda pondok pesantren Nurmilad.  

0 comments on “Wisata Syariah NBS Telaga Biru Wajo, Satu Lokasi Beragam Pesona Dunia Terwakili

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version