Yadya Kasada Gunung Bromo, Upacara Adat Larung Saji Suku Tengger

0
171

Bagi KawanJo Bromo Tengger Semeru mungkin sudah tidak asing ditelinga ya. Namun, tahukah kalian bahwa dilereng gunung Bromo ada satu suku yang termasuk suku tertua di Pulau Jawa? Suku yang berasal dari keturunan Roro Anteng dan Joko Seger ini bernama suku Tengger.

Suku Tengger memiliki berbagai kegiatan yang menarik untuk diulik, salah satunya yaitu Yadya Kasada Gunung Bromo. Upacara ini merupakan acara tahunan yang dilakukan Suku Tengger yang berakitan dengan legenda Gunung Bromo yang dipercaya masyarakat Tengger bahwa Raden Kusuma, putra bungsu dari Jaka Seger dan Lara Anteng, bersedia dilempar dan dikorbankan ke kawah Bromo.

source : terasjatim.com

Uniknya adat Yadya Kasada Gunung Bromo ini melemparkan berbagai hasil bumi ke kawah gunung bromo.  Hasil bumi yang disajikan pun berbagai macam seperti sayuran, buah buahan, ternak ayam, kambing hingga sapi.

Upacara ini biasanya dilakukan di Pura Luhur Poten, dan biasanya acara ini dimulai jam 12 malam. Uniknya lagi upacara ini tidak mengenal situasi KawanJo, entah itu gunung sedang erupsi ataupun tidak upacara ini akan tetap ada dan diselenggarakan.  Masyarakat sekita Bromo biasanya menyebut upacara ini dengan istilah Kasodoan, kasadan atau hari raya kasodoan.

source : wisatabromotour.com

Tahun ini Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia memasukkan event Eksotika Bromo untuk menyambut Yadya Kasada sebagai Top 30 Events Calender of Event Wonderful Indonesia 2019. Namun, sayangnya acara ini telah dilaksanakan pada bulan Juli lalu KawanJo, tapi jangan khawatir karena event ini baka balik lagi tahun depan. Satu tips lagi nih buat KawanJo yang mau ke Bromo bisa banget buat klik https://pigijo.com biar rencanamu bukan sekedar wacana.

WordPress spam blocked by CleanTalk.