Sumber Makanan Kaya Zinc 
Health

Penuhi Nutrisi Harian dengan 5 Sumber Makanan Kaya Zinc 

Siapa pula yang mau sering mengalami infeksi? Pasti tak ada yang berkenan jika pertumbuhannya terhambat. Mengkonsumsi sumber makanan kaya zinc bisa mengatasi dua hal tersebut dan banyak hal lainnya.

Siapa pula yang mau sering mengalami infeksi? Pasti tak ada yang berkenan jika pertumbuhannya terhambat. Mengkonsumsi sumber makanan kaya zinc bisa mengatasi dua hal tersebut dan banyak hal lainnya. Sebab mineral penting ini berperan dalam berbagai fungsi. Termasuk sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan dan perkembangan, serta penyembuhan luka.

Zinc berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Mineral ini berkontribusi pada berbagai fungsi vital, mulai dari memperkuat sistem kekebalan tubuh hingga membantu penyembuhan luka.

Ada banyak makanan dan minuman sumber zinc yang lezat dan mudah didapat. Mengkonsumsinya sama dengan mensuplai dampak positif dari zinc.

Mengapa Zinc Penting bagi Kesehatan?

Mengapa Zinc Penting bagi Kesehatan
Mengapa Zinc Penting bagi Kesehatan

Zinc memimpin berbagai proses penting dalam tubuh. Ia bertugas sebagai koordinator dalam lebih dari 300 enzim, memastikan kelancaran berbagai fungsi vital, seperti:

  1. Memperkuat Sistem Kekebalan TubuhZinc merupakan pemain kunci dalam menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap tangguh dalam melawan infeksi dan penyakit. Kekurangan zinc dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap berbagai penyakit.
  2. Mempercepat Penyembuhan LukaZinc sangat penting dalam proses penyembuhan luka, membantu tubuh membangun kembali jaringan yang rusak, dan mempercepat pemulihan.
  3. Menjaga Kesehatan KulitZinc berkontribusi pada kesehatan kulit. Yakni dengan membantu mengontrol peradangan dan menjaga elastisitas kulit.
  4. Mendukung Pertumbuhan dan PerkembanganZinc juga berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Terutama  mendukung perkembangan otak dan sistem kekebalan tubuh.
  5. Menjaga Kesehatan ProstatZinc dapat membantu mencegah atau mengurangi pembesaran prostat, dimana kondisi ini umum terjadi pada pria dewasa atau lansia. Zinc bekerja dengan cara mengatur pertumbuhan sel-sel di prostat dan mencegah pertumbuhan sel yang berlebihan.
  6. Menjaga Kesehatan MataZinc berkontribusi pada kesehatan mata. Yaitu dengan membantu mencegah degenerasi makula, penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.

Baca Juga: 11 Tips Wreck Diving Anti Merinding

Berapa Banyak Zinc yang Dibutuhkan Tubuh?

Berapa Banyak Zinc yang Dibutuhkan Tubuh
Berapa Banyak Zinc yang Dibutuhkan Tubuh

Kebutuhan zinc harian bervariasi tergantung pada usia dan jenis kelamin. Berdasarkan rekomendasi asupan zinc harian dari National Institutes of Health (NIH), pria berusia 19 tahun ke atas membutuhkan 11 miligram zinc. Sedangkan pada wanita dengan usia yang sama adalah 8 miligram. Kebutuhan zinc pada anak-anak adalah 5 sampai 13 miligram dan bayi membutuhkan 2 sampai 3 miligram.

Sumber Makanan Kaya Zinc

Memenuhi kebutuhan zinc harian dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya zinc. Berikut adalah beberapa sumber makanan kaya zinc yang dapat dikonsumsi:

  • Daging
Sumber Makanan Kaya Zinc Daging
Sumber Makanan Kaya Zinc Daging

Dalam 100 gram daging sapi giling mengandung 4,8 miligram zinc, setara dengan 44% kebutuhan harian orang dewasa.  Sedangkan pada 100 gram daging domba panggang, mengandung 7,0 miligram zinc, setara dengan 63% kebutuhan harian orang dewasa. Selanjutnya pada 100 gram daging ayam tanpa kulit mengandung 2,3 miligram zinc, setara dengan 21% kebutuhan harian orang dewasa.

  • Ikan dan Seafood
Sumber Makanan Kaya Zinc Ikan dan Seafood
Sumber Makanan Kaya Zinc Ikan dan Seafood

Dalam 6 biji tiram mentah mengandung 39 miligram zinc, setara dengan 35% kebutuhan harian orang dewasa. Pada 100 gram kepiting rebus mengandung 3,3 miligram zinc, setara dengan 30% kebutuhan harian orang dewasa. Sedangkan dalam 100 gram udang rebus mengandung 2,1 miligram zinc, setara dengan 19% kebutuhan harian orang dewasa.

  • Telur
Sumber Makanan Kaya Zinc Telur
Sumber Makanan Kaya Zinc Telur

Telur juga mengandung zinc. Pada 1 butir telur besar mengandung miligram zinc, setara dengan 10% kebutuhan harian orang dewasa.

  • Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Zinc juga bisa didapat dari sumber nabati. Dari 100 gram kacang tanah panggang tanpa garam, terdapat miligram zinc, setara dengan 47% kebutuhan harian orang dewasa. Selanjutnya pada 100 gram kacang mete memiliki miligram zinc, setara dengan 50% kebutuhan harian orang dewasa. Terakhir, pada  100 gram biji labu mengandung miligram zinc, setara dengan 63% kebutuhan harian orang dewasa.

  • Sayuran

Tak lupa, sayuran juga merupakan makanan yang mengandung zinc. Contohnya adalah bayam dan kedelai. Dalam 100 gram bayam rebus mengandung 0,5 miligram zinc, setara dengan 5% kebutuhan harian orang dewasa. Pada 100 gram kacang kedelai rebus mengandung 2,9 mg zinc, setara dengan 27% kebutuhan harian orang dewasa.

Baca Juga: 7 Manfaat Kayu Manis, Salah Satunya Bikin Langsing

Tips Memaksimalkan Penyerapan Zinc
Tips Memaksimalkan Penyerapan Zinc

 

  1. Konsumsi makanan kaya zinc bersama dengan makanan yang kaya vitamin C. Seperti jeruk, stroberi, atau paprika, untuk meningkatkan penyerapan zinc.
  2. Hindari konsumsi kafein dan alkohol berlebihan, karena dapat menghambat penyerapan zinc.
  3. Masaklah bahan makanan kaya zinc dengan cara yang tidak merusak kandungan zinc. Yaitu dengan  merebus atau mengukus makanan sumber zinc.

Dengan mengonsumsi sumber makanan kaya zinc secara rutin dan menerapkan tips di atas, Kawanjo dapat membantu memenuhi kebutuhan harian. Sehingga kesehatan tubuh bisa selalu terjaga. Penting untuk diingat bahwa kebutuhan zinc setiap orang berbeda-beda. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui kebutuhan zinc yang tepat.

 

0 comments on “Penuhi Nutrisi Harian dengan 5 Sumber Makanan Kaya Zinc 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.