Baduy, Solusi Utama Keluar dari Hingar Bingar Kota!

Kenapa harus Baduy?

Siapa sih yang gak stres kalau Senin sampai Jumat bekerja di kantor dengan view gedung-gedung pencakar langit, transportasi yang berlalu lalang, juga kabut hitam yang sebenarnya adalah kumpulan polusi udara. Belum lagi harus bermacet-macetan setiap pulang, mendengar klakson yang bersaut-sautan tiada hentinya. Pusing!

Rasanya hal yang paling benar untuk menjaga kewarasan saat ini adalah dengan berlibur menjauhi hingar bingar perkotaan dan menemukan ketenangan, setuju gak sih? Kalau kamu setuju, yuk coba pertimbangkan untuk pergi ke tempat yang menjauhi modernitas, Baduy.

baduy,
Suasana di Baduy.

Mungkin namanya menjadi sebuah tempat yang jarang terdengar bagi sebagian besar orang. Namun siapa sangka, ternyata desa ini bisa menjadi destinasi menarik karena menawarkan pengalaman yang jauh dari kehidupan perkotaan yang sibuk. Terletak di Kabupaten Lebak, Banten, Baduy merupakan salah satu suku yang masih menjaga adat istiadat dan kelestarian alam. Mereka pun masih menjalani hidup yang sederhana seperti tidak menggunakan transportasi untuk berpergian, membangun rumah dengan bentuk yang sama, juga tidak mengizinkan penggunaan smartphone dalam kegiatan sehari-harinya.

Mungkin terdengar menakutkan bagi sebagian orang, namun experience terputus dari teknologi modern inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Setelah berlibur kesana kamu akan sadar betapa pentingnya alam bagi manusia, karena cara paling mudah dan menyenangkan untuk belajar lebih mencintai juga menghargai alam adalah dengan melebur bersamanya. Dengan lokasinya yang dekat dengan Jabodetabek, Baduy menjadi wisata budaya yang tidak menguras kantong loh kawanjo… cukup merogoh kocek sebanyak Rp270.000,- saja kamu sudah bisa berpetualang selama 2 hari 1 malam. Terus tanpa teknologi modern apa dong yang bisa kita lakuin disana?

 Trip Hari  Pertama

baduy,
Suasana Baduy.

Di hari pertama, kita akan bertemu di meeting point yang telah ditentukan yaitu Stasiun Rangkasbitung, Banten. Setelah semua berkumpul, tim Pigijo akan melakukan registrasi ulang juga perkenalan sesama peserta. Jika semua sudah dilakukan, kawanjo akan memulai perjalanan menuju Desa Ciboleger.

Tenang saja, kita juga akan berhenti untuk istirahat dan makan siang bersama di puku 12.00 WIB hingga 13.00 WIB. Jika tenaga sudah terisi kembali, kawanjo akan kembali melakukan perjalanan. Saat memasuki Baduy Luar, kamu juga bisa loh melihat kegiatan menenun yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Selain itu, kamu juga bisa membeli oleh-oleh khas  seperti madu hitam hutan nya yang sudah terkenal dimana – mana.

madu
Madu hutan khas Baduy.

Lalu sekitar jam 16.00 WIB kita akan tiba di homestay. Disini kawanjo dipersilahkan untuk istirahat sejenak, bersih-bersih juga keliling melihat suasana desa. Setelah perjalanan yang cukup lama, pasti kamu akan merasa lapar so, kita akan makan malam spesial karena makan malam yang satu ini dilakukan bersama-sama dengan penduduk Baduy Dalam. Mereka akan menceritakan bagaimana kehidupannya selama ini. Kawanjo juga bisa bertanya semua hal yang ingin kamu ketahui, seperti peraturan-peraturan yang ada disini. Setelah perut dan kekepoan kawanjo terisi, kamu dapat mengistirahatkan pikiran dan tubuh kamu dengan suasana yang sepi dan tenang.

 Trip Hari Kedua

baduy,
Kain Tenun khas Baduy.

Kegiatan hari kedua akan dimulai dengan menikmati  suasana desa di pagi hari. Kamu bisa melihat aktivitas apa saja yang dilakukan oleh penduduk saat pagi hari sambil sarapan bersama. Selanjutnya, kita akan melakukan persiapan ke Ciboleger/Cikuom untuk membeli oleh-oleh khas juga pernak-pernik sebelum pulang.

Jika sudah puas membeli oleh-oleh untuk orang terkasih, saatnya kita melakukan trekking  ke Ciboleger/Cikuom via Jembatan Akar. Selanjutnya sekitar pukul 12.00 WIB kita akan istirahat sejenak dan makan siang untuk mengisi tenaga sebelum akhirnya trip berakhir dan berpisah di Stasiun Rangkasbitung

Begitulah, itinerary trip ke Baduy bersama Pigijo. Harga yang sudah disebutkan diatas sudah termasuk:

1. Transportasi pp dari Stasiun Rangkasbitung ke Ciboleger
2. Homestay satu malam
3. Makan 2x
4. Izin masuk
5. Guide lokal
6. Tour Leader

Setelah pulang dari trip ini kamu akan mendapat banyak pelajaran moral yang tentunya berguna untuk menjalani kehidupan sehari-hari. So, tunggu apa lagi yuk ajak keluarga, kerabat, teman-teman dan pasanganmu merasakan  experience liburan yang tenang dan unik ke Baduy bersama Pigijo!

Baca juga: Ngetrip ke Pulau Pramuka Dijamin Seru, Bayarnya Nggak Sampai 400 Ribu!