Payakumbuh Botuang Festival
Local Experiences

6 Tujuan Payakumbuh Botuang Festival 2024 Diadakan, Menyulap Bambu Jadi Pertunjukan Berharga

Bambu atau botuang adalah hasil bumi yang banyak dijumpai di banyak daerah di Indonesia, terutama di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Demi mengeksplorasi manfaatnya, digelarlah Payakumbuh Botuang Festival 2024 secara rutin tiap tahun

Bambu atau botuang adalah hasil bumi yang banyak dijumpai di banyak daerah di Indonesia, terutama di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Demi mengeksplorasi manfaatnya, digelarlah Payakumbuh Botuang Festival 2024 secara rutin tiap tahun. Tak salah jika si tanaman multiguna ini dijadikan ruh dalam keseluruhan acara, guna mencapai tujuan yang mulia dan berharga.

Telah dilaksanakan sejak 2018, Payakumbuh Botuang Festival 2024 tetap mengangkat keistimewaan bambu untuk manusia. Berbagai produk kerajinan ditampilkan, termasuk seni instalasi dan karya tata busana. Diiringi merdunya nada dari alat musik bambu sambil menikmati masakan khas Payakumbuh. Apalagi kalau bukan rendang yang dimasak dengan bambu.

Tema Payakumbuh Botuang Festival 2024

Tema Payakumbuh Botuang Festival 2024
Tema Payakumbuh Botuang Festival 2024

‘Resonansi Bambu’ adalah tema yang dicanangkan dalam pelaksanaan acara yang masuk dalam Karisma Event Nusantara 2024 ini. Merujuk dari fakta bahwa bambu bisa beresonansi. Karena itu bambu sering digunakan sebagai bahan untuk alat musik karena sifat akustiknya yang baik. Struktur alami bambu, yang terdiri dari rongga-rongga dan serat yang kuat, memungkinkan bambu bergetar dan menghasilkan suara dengan resonansi yang jelas.

Alat musik seperti angklung dan seruling bambu adalah contoh instrumen yang memanfaatkan kemampuan bambu untuk beresonansi. Atas dasar itu, festival ini menampilkan berbagai seni dari botuang. Kolaborasi nan apik dengan berbagai macam cabang seni lain, diharapkan mampu menampilkan pertunjukan yang menarik. Bisa memberikan pengalaman unik bagi pengunjung yang datang.

Baca Juga: Wisata Kapal Pinisi IKN, Terobosan Baru Menikmati Pesona Alam Kalimantan

Lokasi Payakumbuh Botuang Festival 2024

Lokasi Payakumbuh Botuang Festival 2024
Lokasi Payakumbuh Botuang Festival 2024

Sebelumnya telah diprediksi, ribuan orang akan menyaksikan Payakumbuh Botuang Festival 2024. Mereka berasal dari berbagai daerah. Karena itu panitia menyiapkan lokasi dengan serius, supaya para pengunjung merasa nyaman ketika menyaksikan acara secara langsung. Sehingga bisa betah sampai akhir.

Payakumbuh Botuang Festival 2024 dilaksanakan di Lapangan Medan Nan Bapaneh, Ngalau Indah, Jalan Soekarno Hatta, Payakumbuh. Begitu masuk bakal tampak karya cipta kerajinan dari bambu yang menarik. Cocok untuk ‘diajak foto bareng’. Selain itu, lokasi ini juga menjadi venue bagi pameran UMKM. Dimana harapannya bisa menghasilkan perputaran uang yang maksimal. Mampu mendongkrak pendapatan masyarakat sekitar.

Jadwal Acara Payakumbuh Botuang Festival 2024

Jadwal Acara Payakumbuh Botuang Festival 2024
Jadwal Acara Payakumbuh Botuang Festival 2024

Payakumbuh Botuang Festival adalah acara yang unik dan menarik. Bambu yang dieksplorasi menjadi karya pertunjukan, menjadikan pengalaman menarik untuk pelakunya. Ada banyak agenda yang ditampilkan. Mulai dari pameran instalasi botuang, pementasan musik dan seni dari botuang, Manyuruak ka botuang atau pementasan puisi dan kriya yang romantis.

Ada juga street botuang fashion show dan seminar botuang. Jangan sampai ketinggalan untuk menyimak dan mencicipi proses malamang dan marandang rabuang alias memasak rendang di tunas bambu. Dimana Payakumbuh adalah kota yang terkenal dengan rendangnya. Selama pementasan, bazar UMKM ikut serta memeriahkan acara.

Adapun jadwal acara Payakumbuh Botuang Festival 2024 adalah:

  1. Hari PertamaPada hari Kamis tanggal 11 Juli 2024 agenda diawali dengan Workshop Botuang. Kemudian Kawanjo bisa menyaksikan dan mencicipi makanan khas Payakumbuh Sumatera Barat dalam prosesi Marandang & Malamang. Jangan lupa untuk menikmati pertunjukan Permainan Rakyat dan cuci mata di Expo.

    Pada pukul 20.00 barulah secara resmi acara ini dibuka dengan adanya Opening Ceremony. Yang menampilkan Rindang Urek cs Tari Massal, Rand Ritmik, Lubuak Batang dari Kabupaten 50 Kota, dan Kabumi UPI dari Bandung.

  2. Hari KeduaDilanjutkan keesokan harinya, pada  Jum’at tanggal 12 Juli 2024 pukul 09.00 sampai 16.00 WIB. Masih ada Workshop Botuang dan Expo. Dilanjutkan dengan Penanaman Bibit Botuang, Penampilan Dalam Goa,

    Di malam harinya, mulai pukul 20.00 sampai selesai, saatnya menyimak Pituah Bundo, Crescendo Etnik, Komunitas Seni Intro, Batuang Sarumpun dari Sawahlunto, Gravitasi Perkusi dari Lampung, dan Saluang Dendang.

  3. Hari KetigaTanggal 13 Juli 2024 adalah hari terakhir jadwal Payakumbuh Botuang Festival 2024. Mulai pukul 14.00 sampai selesai Kawanjo masih bisa berbelanja di Expo UMKM. Malamnya mulai pukul 20.00 sampai selesai saksikan dengan sepenuh hati penampilan, Panglimo, Pro Kontra, Malenggok Botuang, Kintani, Natalino Mella Sasando dari Nusa Tenggara Timur, Gita Mahardika dari Bali, dan ditutup dengan Closing Event. 

Baca Juga : Belum Usai, Ini Kalender Event Bulan Juli 2024 Sarat Makna Mendalam!

Tujuan Payakumbuh Botuang Festival

Tujuan Payakumbuh Botuang Festival
Tujuan Payakumbuh Botuang Festival

Secara lebih terperinci, inilah tujuan diadakannya Payakumbuh Botuang Festival 2024. Yakni:

  1. Peningkatan Ekonomi MasyarakatFestival Botuang Payakumbuh adalah serangkaian strategi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat melalui berbagai kegiatan ekonomi. Salah satu cara utamanya adalah dengan mempromosikan pariwisata lokal, mengembangkan destinasi wisata untuk menarik wisatawan.
  2. Meningkatkan Kunjungan WisatawanUpaya tersebut juga ditujukan untuk menarik lebih banyak wisatawan, baik domestik maupun internasional. Tujuannya adalah meningkatkan pendapatan dari sektor pariwisata, menciptakan lapangan kerja, dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.
  3. Mengembangkan Ekonomi Kreatif MasyarakatDengan dukungan dari pemerintah, swasta, dan komunitas, sektor ekonomi kreatif dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Perkembangan sektor ini menjadi salah satu pilar penting dalam perekonomian.
  4. Menghargai Warisan Budaya TradisionalBagian dari upaya pemerintah ini adalah mempertahankan dan menghidupkan kembali berbagai aspek budaya lokal yang memiliki nilai sejarah, seni, dan warisan leluhur. Tujuannya adalah tidak hanya menjaga warisan budaya tetap hidup tetapi juga memperkuat identitas lokal serta memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat.
  5. Menyediakan Sarana Hiburan Bagi MasyarakatPenyediaan fasilitas dan layanan hiburan yang memadai memungkinkan masyarakat menikmati waktu luang, rekreasi, dan aktivitas hiburan. Sarana hiburan yang baik tidak hanya meningkatkan kualitas hidup tetapi juga berkontribusi pada kesejahteraan mental dan fisik masyarakat.
  6. Mengangkat Citra Daerah ke Tingkat NasionalUpaya ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik, reputasi, dan persepsi positif terhadap Payakumbuh, baik di mata masyarakat lokal, nasional, maupun internasional. Dengan demikian, diharapkan dapat menarik wisatawan, investor, dan talenta, serta meningkatkan kebanggaan dan keterlibatan masyarakat lokal.

Payakumbuh Botuang Festival 2024 adalah acara yang worth it banget. Mengangkat bambu sebagai tumbuhan multiguna bagi manusia. Dikemas dalam konsep yang menarik, salah satu Karisma Event Nusantara ini mampu memberi pengalaman berharga dalam berwisata.

0 comments on “6 Tujuan Payakumbuh Botuang Festival 2024 Diadakan, Menyulap Bambu Jadi Pertunjukan Berharga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.