Golden Visa Indonesia
PigiNews

Seberapa Penting Perkembangan Golden Visa Indonesia untuk Penerima Sekaligus Negeri Sendiri? 

Perkembangan Golden Visa Indonesia membawa harapan baik. Terbukti secara simbolis diberikan oleh Presiden Joko Widodo kepada Shin Tae-yong (STY)

Perkembangan Golden Visa Indonesia membawa harapan baik. Terbukti secara simbolis diberikan oleh Presiden Joko Widodo kepada Shin Tae-yong (STY). Maka pada tanggal 25 Juli 2024 tersebut, jenis surat ijin tinggal di Indonesia ini resmi diluncurkan. Kebahagiaan disampaikan oleh STY yang merupakan pelatih Timnas Sepak bola Indonesia melalui ujarannya, “Terima kasih banyak kepada Bapak Jokowi. Saya akan berusaha lebih keras untuk masa depan sepak bola Indonesia. Ayo Garuda terbang tinggi!“

Lalu, seberapa penting perkembangan Golden Visa untuk kemajuan negara? Hingga seorang STY menyampaikan janji dan harapannya untuk kemajuan Indonesia.

Pengertian Golden Visa

Pengertian Golden Visa
Pengertian Golden Visa

Golden Visa merupakan pemberian izin kepada Warga Negara Asing (WNA) untuk tinggal di Indonesia. Waktunya cukup panjang, mulai dari 5 hingga 10 tahun. Selain STY, Golden Visa juga telah diberikan kepada Sam Altman, CEO Open AI dari Amerika. Setelah dua orang asing tersebut, Golden Visa akan segera diberikan pada para pendaftar yang telah masuk.

Sebenarnya Golden Visa bukanlah hal baru di dunia internasional. Contohnya di negara tetangga Thailand, Golden Visa diberikan pada investor yang menanamkan modalnya sebesar minimal 19.500 US dolar. Mereka akan mendapatkan ijin tinggal selama 10 tahun. Lain dengan Singapura. Syarat investasi minimal 7,4 juta US dolar akan memberikan ijin tinggal permanen dan status kewarganegaraan.

Baca Juga: Buat Lagu dengan Mudah, Ini Cara Menggunakan Suno AI!

Penerima Golden Visa Indonesia

Penerima Golden Visa Indonesia
Penerima Golden Visa Indonesia

Golden Visa berlaku mulai Agustus 2023 setelah terbit Permenkumham 22/2023). Menurut keterangan Presiden RI, telah ada 300 orang yang mendaftar Golden Visa Indonesia saat ini. Mereka terdiri para investor dan talenta global.

Pemberian visa emas ini diharapkan menjadi kebijakan strategis yang mampu mendongkrak perekonomian nasional. Melalui peningkatan lapangan kerja, peningkatan kualitas SDM dalam negeri, penguatan iklim investasi, hingga transfer teknologi.

Syarat Mendapatkan Golden Visa Indonesia

Syarat Mendapatkan Golden Visa Indonesia
Syarat Mendapatkan Golden Visa Indonesia

Presiden telah menginstruksikan agar proses seleksi dilakukan secara ketat. Sehingga manfaat yang disasar lewat kebijakan ini bisa diperoleh secara maksimal.

Dengan tegas Presiden menyatakan bahwa Golden Visa hanya untuk good quality travelers sehingga harus benar-benar selektif. Harus benar-benar dilihat kontribusinya dan benar-benar diseleksi. “Jangan sampai justru meloloskan orang-orang yang membahayakan keamanan negara, meloloskan orang-orang yang tidak memberi manfaat secara nasional,” Ujar Jokowi.

Untuk para investor, berikut adalah syarat mendapatkan Golden Visa:

  1. Investor PerseoranganBagi seorang WNA yang menginvestasikan dana pada Indonesia sebesar minimal 350 ribu US dolar atau 5,6 miliar rupiah, akan mendapatkan izin tinggal selama lima tahun. Sedangkan jika angka investasi mencapai minimal 700 ribu US dolar atau 11,2 miliar rupiah bisa tinggal selama 10 tahun.
  2. Perseorangan yang akan mendirikan korporasiSementara itu jika ada investor yang akan membangun perusahaan di Indonesia, bisa tinggal selama lima tahun dengan syarat minimal investasinya adalah 2,5 juta US dolar atau sekitar 40 miliar rupiah. Serta tinggal selama 10 tahun dengan nilai investasi minimal 5 juta US dolar atau sekitar 80 miliar rupiah.
  3. KorporasiBerbeda lagi dengan korporasi atau perusahaan yang menanam modal di Indonesia. Bagi direksi dan komisarisnya akan mendapatkan Golden Visa dengan masa tinggal lima tahun, jika nilai investasi perusahaan paling sedikit 25 juta US dolar. Atau sekitar 400 miliar rupiah. Sedangkan jika minimal 50 juta US dolar atau sekitar 800 miliar rupiah, akan mendapatkan izin tinggal selama 10 menit.

Baca Juga: 10 Cara Menjadi Youtuber Pemula Modal HP, Gasskeun! 

Manfaat Golden Visa Indonesia

Manfaat Golden Visa Indonesia
Manfaat Golden Visa Indonesia

Pemegang Golden Visa dapat menikmati sejumlah manfaat eksklusif. Selain masa tinggal yang lebih lama, ada beberapa keuntungan juga. Yakni kemudahan masuk dan keluar dari Indonesia, dan efisiensi karena tidak perlu lagi mengurus izin tinggal terbatas di kantor imigrasi.

Pemilik Golden Visa juga akan mendapatkan manfaat eksklusif yang tidak tersedia bagi pemegang visa biasa, termasuk prosedur dan persyaratan permohonan visa serta urusan imigrasi yang lebih mudah dan cepat. Juga mobilitas dengan multiple entries, hak kepemilikan aset di dalam negara, serta menjadi jalur cepat untuk pengajuan kewarganegaraan.

Di sisi lain, Golden Visa pun memberikan berbagai manfaat bagi Indonesia. Diharapkan negara ini dapat menarik lebih banyak investasi asing langsung. Peningkatan investasi ini dapat menciptakan lapangan kerja baru, memperkuat sektor-sektor strategis, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, Golden Visa juga membantu dalam meningkatkan pariwisata, karena para pemegang visa cenderung tinggal lebih lama dan membelanjakan lebih banyak uang di dalam negeri. Kemudahan dalam mobilitas dan prosedur imigrasi yang ditawarkan oleh Golden Visa juga dapat meningkatkan daya tarik Indonesia sebagai tujuan bisnis dan tempat tinggal, mendorong lingkungan yang lebih dinamis dan beragam.

Dengan diluncurkan secara resmi, diharapkan perkembangan Golden Visa Indonesia bisa bermanfaat. Baik untuk penerimanya maupun negeri ini sendiri. Seperti dalam perekonomian, pariwisata, dan segi kehidupan lainnya. Termasuk olahraga, seperti Golden Visa STY!

0 comments on “Seberapa Penting Perkembangan Golden Visa Indonesia untuk Penerima Sekaligus Negeri Sendiri? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.