Wisata di Dieng
Local Experiences

Wisata di Dieng, Benarkah Bisa Menghapus Dosa?

Daftar Wisata di Dieng yang wajib dikunjungi! Simak informasi terbaru tentang wisata alam di Dieng, berikut ini.

Selain terkenal dengan peninggalan sejarah berupa candi-candi, Dieng juga tersohor karena alam dan pariwisatanya. Banyak orang yang datang untuk menikmati wisata di Dieng satu persatu. 

Sebagian besar melakukan perjalanan rekreasi dalam paket wisata di Dieng. Jadi tidak perlu repot menyiapkan satu persatu destinasi wisata di Dieng ini.

Daftar wisata di Dieng yang wajib dikunjungi

Nah, berikut ini adalah daftar wisata di Dieng yang wajib dikunjungi. Dijamin hati jadi makin bahagia dan raga semakin sehat. Bahkan, ada tempat wisata di Dieng Wonosobo yang dipercaya mampu menghapus dosa. Jadi, jangan percaya! Tetapi, buktikan sendiri!

  1. Dieng Plateau Theater
daftar wisata di Dieng Dieng Plateau Theater
Daftar wisata di Dieng, salah satunya Dieng Plateau Theater

Jika ingin menjelajahi destinasi wisata di Dieng Jawa Tengah, Dieng Plateau Theater harus dikunjungi. Sebab di sini pengunjung akan disuguhi sebuah film tentang Dataran Tinggi Dieng. Mulai dari sejarah, kondisi geografis, budaya, dan lainnya. 

Baca juga : Paket Wisata di Dieng

Dalam ruangan berkapasitas 100 orang, film yang berdurasi selama 23 ini menceritakan bagaimana  dataran tinggi Dieng dan masyarakatnya.  Sehingga, ketika akan menikmati pesona alam  serta mengunjungi tempat wisata di Dieng, pengunjung telah kenal terlebih dahulu. Jadi tahu pula, wisata di Dieng itu apa saja.

Terletak di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, untuk masuk ke dalam bangunan dengan atap kantilever ini membayar uang tidak sampai Rp. 10.000/orang. Jangan lupa untuk datang saat jam buka, yaitu pukul 07.00-18.00.

  1. Batu Pandang Ratapan Angin
rekomendasi wisata di Dieng Batu Pandang Ratapan Angin
rekomendasi wisata di Dieng Batu Pandang Ratapan Angin

Wisata di Dieng Jawa Tengah selanjutnya adalah tempat unik.  Berlokasi di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, tempat ini adalah sebuah bukit untuk memandang keindahan wisata Dieng, terutama telaga warna. 

Telaga warna sendiri merupakan salah satu daya tarik Dieng dengan warna air yang bisa berubah-ubah setiap harinya. Telaga ini terlihat semakin indah dengan kawasan pegunungan yang ada di sekelilingnya. Nah, lukisan Sang Pencipta ini akan terlihat menarik jika dilihat dari atas bukit batu pandang ratapan angin. 

Baca juga : Makanan Khas Dieng Enak

Memang di atas bukit tersebut ada dua batu yang berdekatan. Tanpa menghiraukan mitos bahwa batu ini sebenarnya adalah orang yang terkena kutukan, bentuk keduanya adalah agak kotak dan satunya berdiri tegak. Ketika angin berhembus kencang, timbul suara mendesis seperti bunyi orang yang menangis dan meratap. Itulah asal nama tempat ini. 

Ide menarik untuk berfoto adalah dengan duduk di batu-batu itu. Dengan latar belakang keindahan telaga warna dan pegunungan sekitar, siapkan pose terbaik untuk feed Instagram!

  1. Kawah Sikidang
wisata di Dieng Kawah Sikidang
wisata di Dieng Kawah Sikidang

Banyak wisatawan yang mengunjungi wisata di Dieng ini untuk melihat aktivitas vulkanik secara langsung. Semburan lumpur dan asap dari dasar kawah menjadi semakin menarik karena titiknya selalu berpindah. Seolah melompat-lompat seperti perilaku hewan kijang. Sebab inilah kawasan seluas 4 hektar ini diberi nama kawah Sikidang ( kidang adalah bahasa Jawa dari hewan kijang). 

Baca juga : Kawah indah di Indonesia

Tempat wisata di Dieng ini berada paling dekat dengan kawasan percandian. Tepatnya berlokasi di Desa Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara. Untuk berwisata di sini memang nyaman karena lokasinya yang luas. Namun, karena bau semburan lumpur dan asap sangat menyengat, disarankan pengunjung untuk tetap menggunakan maskernya.  

  1. Puncak Bukit Sikunir
wisata di Dieng Puncak Bukit Sikunir
wisata di Dieng Puncak Bukit Sikunir

Sekitar 5 km dari kawah Sikidang, ada tempat wisata di Dieng selanjutnya. Bukit Sikunir namanya, yang memiliki ketinggian sekitar 2.300 meter di atas permukaan laut (mdpl). 

Baca juga : Trip to Dieng

Bukit Sikunir terkenal dengan golden sunrise dari puncaknya. Ketika matahari membelah kegelapan, akan terhampar pesona 8 gunung yang nampak dari sana. Diantaranya adalah gunung Slamet, Sumbing, Prau, Sindoro, Merapi, dan Merbabu.

Bila waktu pulang tiba, ketika saatnya turun bukit, pengunjung bisa membeli makanan khas Dieng. Ada beberapa warung milik warga sekitar yang menjual makanan dan minuman hangat khas daerah, seperti bola-bola kentang dan minuman dari buah carica. Buah yang juga menjadi ciri khas dataran tinggi Dieng. 

  1. Tuk Bimolukar
wisata di Dieng Tuk Bimolukar
Wisata di Dieng Tuk Bimolukar

Pemandian ini merupakan wisata di Dieng Wonosobo yang menarik. Tepatnya terletak di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Tuk Bimo Lukar menjadi pemandian sakral pada masa kerajaan Mataram Kuno. Fungsinya adalah untuk menyucikan diri dan menghapus dosa bagi yang mandi di sana. Ternyata ini kepercayaan zaman dulu kala.

Kini, tempat wisata di Dieng ini digunakan pengunjung karena  airnya yang segar. Sebab bersumber dari pegunungan Dieng dan berada di ketinggian 2500 mdpl.

Baca juga : Suhu di Dieng minus 1 derajat

Selain itu, Tuk Bimo Lukar berfungsi sebagai mata air untuk sungai Serayu. Sungai yang mengalir dari Wonosobo hingga Cilacap. Air dari sini dipercaya oleh masyarakat sekitar bisa menyembuhkan penyakit dan menyuburkan tanah tempat hidup tumbuh-tumbuhan. 

Mengunjungi tempat wisata di Dieng satu persatu memang bisa jadi cara. Namun akan lebih efektif dan efisien bila memilih paket wisata untuk pergi ke sana. Di pigijo ada loh, paket wisata Dieng, menelusuri semua destinasi menarik yang telah dijabarkan di atas.

0 comments on “Wisata di Dieng, Benarkah Bisa Menghapus Dosa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.